Kuliah Kerja Nyata Sebagai Implementasi Pendidikan Berbasis Masyarakat di Perguruan Tinggi

Authors

  • Apreriri Cahyani Universitas Negeri Jakarta
  • Tuti Nurhaningsih Universitas Negeri Jakarta
  • Netti Karnati Universitas Negeri Jakarta
  • Desi Rahmawati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i2.726

Keywords:

Education, Community, Practical Field Work (KKN), Partnership

Abstract

One form of implementing community-based education in higher education is through Practical Field Work (KKN), an educational activity that places students in the community to experience community life. The community is used as a partner of higher education as a direct learning resource; students can understand and identify the problems they face and provide immediate solutions. This research aims to provide an overview of the implementation of Practical Field Work at case study universities at the Faculty of Communication Sciences, Universitas Pancasila.

References

Hidayat, N. (2023). Transformasi Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda menjadi Institut Agama Buddha Nalanda: Tinjauan Studi Kelayakan dalam Konteks Sosial Budaya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4174-4189.

Nurul Hidayat, W. N. (2023). Media Sosial sebagai Social Engineering untuk Membentuk Mindset Masyarakat dalam Penyelamatan Lingkungan Hidup. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 954-965.

Umar Halim, A. A. (2023). PENGEMBANGAN WISATA RELIGI MAKAM RADEN MAS ARIA WANGSAKARA MELALUI PENGUATAN LITERASI DIGITAL. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 1707-1715.

Umar Halim, D. F. (2024). Digital Inequality: E-learning Outcomes among Youth in Indonesia. Journal Transnational Universal Studies, 8-17.

Al Umar, A. U. A., Savitri, A. S. N., & Pradani, Y. S. (2021). PERANAN KULIAH KERJA NYATA SEBAGAI WUJUD PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS IAIN SALATIGA KKN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01).

Apriadi, D., Hidayat, N., & Nizhamuddin, A. B. (2022). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Paguntaka, 1(1), 25-30.

Dean Nielsen, (2001) “Memetakan Konsep Pendidikan Berbasis Masyarakat di Indonesia”, dalam Fasli Jalal dan Dedi Supriadi, Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2001)

Bhakti, Simorangkir, Tjalla, S. (2022). KENDALA IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR. 8(2), 783–790.

Laia, B. (2022). Sosialisasi Dampak Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Di Desa (Studi: Desa Sirofi). HAGA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 74-84.

Masduki, M. M. M. (2019). Pendidikan Berbasis Masyarakat Dalam Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 11(2), 251-263.

Fuad, N. (2012). Pendidikan Berbasis Masyarakat di Pondok Pesantren. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1).

Raga, A. E., Ngguna, F. K., Siwu, I. M., Padji, M. F., Piranyawa, R. F., Palabu, M. U., ... & Enda, R. R. H. (2022). Kuliah Kerja Nyata Tematik Peningkatan Kualitas Masyarakat Bidang Pendidikan, Pertanian Dan Kemasyarakatan Di Desa Praibakul, Kecamatan Haharu, Sumba Timur. Swarna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 150-158.

Syakdiah, H. (2019). Paradigma Pendidikan Berbasis Masyarakat (Community Based Education). Taushiah: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Kemasyarakatan, 9(2), 86-95.

Syardiansah (2017). Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putra Batam. Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017). https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915

Azam, Handayani, Musrofa, Purba, Mariani (2023). Laporan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa KKN Tematik MKBM. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasila.

Devi, Primalisanti Sofia, Eftiana Resti (2022). Laporan Kuliah Kerja Nyata Individu . Pemanfaatan Digital Marketing Umkm Ria Mart. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasila.

Pratiwi, Aprilianti, Sandra K. Dewi (2023). Laporan Kuliah Kerja Nyata Individu Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Whatsapp Business Sebagai Upaya Digitalisasi Marketing Umkm Dapoer Nayla 45. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasila.

Tim LPPM (2020). Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja nyata Universitas Pancasila. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasila.

https://news.bsi.ac.id/2021/09/21/apa-itu-tri-dharma-perguruan-tinggi/,

https://lestari.kompas.com/read/2023/09/04/180000686/perguruan-tinggi-berperan-penting-untuk-capai-sdgs-ini-5-caranya?page=all,

https://lestari.kompas.com/read/2023/09/04/180000686/perguruan-tinggi-berperan-penting untuk-capai-sdgs-ini-5-caranya?page=allby.ac.iddigilib.uinsby.ac.

Downloads

Published

2024-04-08

How to Cite

Apreriri Cahyani, Tuti Nurhaningsih, Netti Karnati, & Desi Rahmawati. (2024). Kuliah Kerja Nyata Sebagai Implementasi Pendidikan Berbasis Masyarakat di Perguruan Tinggi. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(2), 19–29. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i2.726