Analisis Penanganan Muatan Pesawat oleh Unit Load Master dalam Mendukung Kelancaran Penerbangan Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta

Authors

  • Yoga Sindang Iwari Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan
  • Aditya Dewantari Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

DOI:

https://doi.org/10.47861/sammajiva.v2i3.1309

Keywords:

Load, Handling, Smoothness

Abstract

Garuda Indonesia airline experienced passenger growth in the third quarter of 2023 of 10,498,823 passengers or 36.45 percent from the previous period in 2022. This increase also resulted in an increase in cargo transportation which reached 144,000 tons. The method used in this study, the researcher used a qualitative research method. The data collection process carried out by the researcher through an interview process conducted with the load master unit consisting of 3 officers, documentation and observation were carried out by the researcher by coming directly to the research location. The steps for data analysis carried out by the researcher through data reduction, data presentation, and finally drawing conclusions. The results of this study indicate that the process of handling cargo and baggage from loading to reporting has met the SOP. Problems that are often experienced when handling baggage and cargo during loading are delays in activities during preparation at ground time, the causes of which include factors such as Facilities, Human Resources, Human Error, Passenger, and Load.

References

Adila, S. K. (2020). Kargo udara (studi deskriptif tentang upaya penanganan ekspor perishable goods fresh fish melalui udara pada freight forwarder PT. Suryagita Nusaraya Surabaya). Tugas akhir D3 thesis, Universitas Airlangga, Surabaya.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Anggraeni, F. (2022). Implementasi standar operasional prosedur (SOP) PT. Gapura Angkasa mengenai penanganan special cargo di Bandar Udara Internasional Jendral Ahmad Yani Semarang (SRG). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Ardiansyah, R., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.

Asmaraningsih, S. (2015). Pengaruh penanganan bagasi terhadap kepuasan penumpang eksekutif maskapai Garuda Indonesia rute CGK-SIN oleh PT. Gapura Angkasa di Bandar Udara Soekarno Hatta tahun 2013. STTKD, Yogyakarta.

Diyan, E. (2021). Prosedur penanganan special shipment cargo pada PT. Gapura Angkasa di Bandar Udara Internasional Sentani Jayapura tahun 2017. Tugas akhir thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Yogyakarta.

Irfan. (2002). Transformasi kinerja usaha berjalan on the track, Garuda Indonesia Group berhasil catatkan pertumbuhan penumpang sebesar 61,11 persen. Retrieved July 11, 2024, from https://www.garuda-indonesia.com and corpcomm@garuda-indonesia.com

Jamil, A. (2016). Kargo udara (studi deskriptif tentang prosedur pengiriman binatang hidup menggunakan kargo udara di PT. Jasa Angkasa Semesta Cabang Denpasar). Tugas akhir D3 thesis, Universitas Airlangga, Surabaya.

Leanita, L. (2020). Implementasi regulasi transportasi udara dalam pelayanan keberangkatan dan kepulangan jemaah haji Indonesia. Skripsi, Program Studi Manajemen Dakwah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Marsaulina, T. A. (2018). Manajemen risiko pada penanganan cargo (cargo handling) di Bandar Udara Internasional Kualanamu. Skripsi, Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara, Medan.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (2017). Pengamanan kargo dan post serta rantai pasok (supply chain) kargo dan post yang diangkut dengan pesawat udara, Nomor PM 53 Tahun 2017. Jakarta: Budi Karya Sumadi.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Rosda Karya.

Oktyaninoor, S. (2021). Analisis penanganan bagasi terhadap kepuasan penumpang maskapai Garuda Indonesia PT. Gapura Angkasa di Yogyakarta International Airport. Skripsi thesis, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 39 Tahun 2019 tentang tatanan kebandarudaraan nasional. (2019, May 23). Badan Negara Republik Indonesia No. 594, Kementerian Perhubungan.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 53. (2017). Pengamanan kargo dan pos serta rantai pasok (supply chain) kargo dan pos yang diangkut dengan pesawat udara. Bab 1 Pasal 1.

Prayudhista, E., & Putri, A. A. (2022). Analisis work instruction cargo handling oleh PT Angkasa Pura Logistik pada masa pandemi COVID-19 di PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 851–857.

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang (UU) Nomor 1 Tahun 2009 tentang penerbangan. (2009, January 12). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 No. 495. Jakarta.

Wahyu, I., & Meilani, I. (2022). Analisis permintaan kargo udara pada masa pandemi di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 934–944.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.

Yuliana, D. (2014). Pengukuran tingkat kepuasan pengguna jasa angkutan udara terhadap kinerja penanganan bagasi pada maskapai penerbangan PT.X di Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung. Jurnal Penelitian Perhubungan Udara Warta Ardhia, 40(4), 235–250.

Published

2024-09-17

How to Cite

Yoga Sindang Iwari, & Aditya Dewantari. (2024). Analisis Penanganan Muatan Pesawat oleh Unit Load Master dalam Mendukung Kelancaran Penerbangan Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 2(3), 321–346. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v2i3.1309