Harga, Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee (Studi Pada Mahasiswa STKIP Dan STIE Widyaswara Indonesia Solok Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i2.193Keywords:
Price, Trust, Ease of Use Application, Promotion and Purchase Decision.Abstract
This study aims to examine the effect of price, trust, ease of use of applications and promotions on online purchasing decisions at Shopee for STKIP and STIE Widyaswara Indonesia Solok Selatan students. This type of research is quantitative. The population in this study were students of STKIP and STIE Widyaswara Indonesia Solok Selatan. Where the number of STKIP students and STIE Widyaswara Indonesia Solok Selatan is 1.519 students. The sampling technique used was accidentalsampling, while the number of samples was 94 students obtained using the slovin formula. The type of data used in this research is quantitative data. While the data sources are primary and secondary data sources. Data analysis techniques use validity test, reliability test, descriptive analysis, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, multiple linear regression and t test using SPSS version 21.00. The hypothesis was tested using the t test at α = 0.05. The results of this study indicate that price, trust, ease of use of the application and positive and significant impact on online purchasing decisions at Shopee for STKIP and STIE Widyaswara Indonesia Solok Selatan students.
References
Amstrong, K. dan. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. (12th ed., Vol. 1). Erlangga.
Andriani, W., Abdurrahman, & Sari, P. R. K. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Dharma (Studi Kasus pada Konsumen CV. Bahana Tirta Alam Maritim di Kab. Sumbawa Besar). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 1–7.
Anggraeni, P. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Www.Traveloka.Com. 3(2), 1880–1887.
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Cahya, H. (2018). Pengaruh Testimonial dan Endorsement terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab Melalui Media Sosial Instagram pada Toko Queena Hijab Samarinda. EJournal Administrasi Bisnis, 6(4), 1384–1398.
Dewi, W. S., Hasiolan, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Journal of Management, 2(2).
Ependi, H., & Pahlevi, R. W. (2021). Keputusan Pembelian Mahasiswa Pada Produk Online Shop Shopee Dan Faktor Penentunya. Journal Competency of Business, 5(1), 118–134. https://doi.org/10.47200/jcob.v5i1.879
Hasdani, H., Nasir, M., & Burhanuddin, B. (2021). Persepsi Kemudahan Penggunaan Aplikasi Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Users Di Kabupaten Bungo. Jurnal Manajemen Sains, 1(3), 187–196.
iprice.com. (2021). Daftar 50 Website & E-Commercw di Indonesia.
Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja dan E-Promosi Terhadap Keputusan Belanja Online di Surabaya. Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya, 4(1), 14–22.
Iswahyudi, M. (2017). Determinan Sikap Pemerintah Desa dalam Menggunakan Sistem E-village Budgeting. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2017.003.02.3
Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 21(1).
Jayanti, R. D. (2015). Pengaruh Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Harapan Maulina Hijab Jombang). Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 10(1). https://doi.org/10.26533/eksis.v10i1.51
Kotler, Philip., Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran (jilid kedu). Erlangga.
Kurniawan, R. (2018). Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemelian Kartu Paket Data Internet Telkomsel. Journal Dinamika STIE Lampung.
Lestari, I. T. & Widyastuti, W. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Belanja Online (Studi Pada Pengguna Tokopedia). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 478–484.
Lestari, N. A. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Mataharimall.COM. 6, 1–8.
LUBIS, A. A. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada Pt. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis.
Mongi, L., Mananeke, L., & Repi, A. (2013). Kualitas Produk, Strategi Promosi Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.3490
Murni, Y., & Yulika, F. (2017). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan membeli air minum dalam kemasan merek sms pada masyarakat VII koto sungai sarik kabupaten padang pariaman. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Menara Ilmu, 11(78), 232–247.
Nasution, H. F. (2018). Pengaruh Kemudahan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Secara Online (Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online Pada FEBI IAIN Padangsidimpuan). At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1), 26. https://doi.org/10.24952/tijaroh.v4i1.1082
Nela Evelina, Handoyo DW, Sari Listyorini. (2013). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip.
Nurlinda, R. (2018). Model purchase intention sebagai intervening variable dari kepercayaan , kemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian di online shop. Forum Ilmiah, 15, 36–47.
Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah. (2020). Pengaruh Harga , Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10.
Pudjihardjo, M. C., & Wijaya, H. (2015). Analisa Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Pemasaran Di Media Sosial (Studi Pada Pengguna Media Sosial Di Shapeharve). In Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa (Vol. 3, Issue 2, pp. 1–16).
Putri, Y. E., H. Anoesyirwan Moiens, & Yulasmi. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu perdana prabayar xl di kota padang. 8(1), 68–76.
Ristania, N. (2021). Analisa Pengaruh Harga, Promosi Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada “Online Shop” S-Nexian Melalui Facebook. 5(2), 131–161.
Riyono, & Budhiharja, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. Jurnal STIE Semarang. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online. Ekonomika Dan Manajemen, ISSN: 2252-6226, 5(2), 128–147.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99
Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli dan Testimoni terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Situs Jual Beli Online Shop Shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur Periode Februari-April 2018). Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 8(1), 21–34.
sudaryono. (2017). Pengantar Manajemen: Teori dan Kasus. CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Sugiyono. (2017a). metode penelitian bisnis (3rd ed.). Bandung : CV.Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2017b). Metode Penelitian Kebujakan.
Sunarto. (2006). Pengantar Manajemen Pemasaran (Ust. Press (ed.); Cet 1).
Susanti, F., & Mulyani, C. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Iklan, Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Shopee Pada Konsumen Kelurahan Lubuk Buaya. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 1155–1171. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.14
Todar, M. P., Tumbel, A., Jorie, R. J., Sam, U., & Manado, R. (2020). Pengaruh Persepsi Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan ( Amdk ) Galon Merek Aqua The Effect Of Brand Perception And Product Quality Toward Purchase Decision Gallon Bottle Drinking Water Aqua Brand. 8(3).
Widowati, H. (2019). Indonesia Jadi Negara dengan Pertumbuhan ECommerceTercepatdiDunia.
Yoeliastuti, Y., Darlin, E., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 212. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i2.425
Yusa, V. De, & Hastono, A. L. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Dalam Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Rivero Di Bandar Lampung. Derivatif: Jurnal Manajemen.