Pengaruh Terpaan Pesan Host Live Streaming terhadap Keputusan Pembelian Produk
Studi Kuantitatif tentang Pengaruh Terpaan Pesan Host Live Streaming Rahsa Nusantara terhadap Keputusan Pembelian Produk Anggota Komunitas Rumah Tumbuh Bersama
DOI:
https://doi.org/10.47861/tuturan.v3i1.1448Keywords:
Exposure, Message, Content, Structure, FormatAbstract
This research is titled “The Influence of Host Live Streaming Message Exposure on Product Purchase Decisions (A Quantitative Study on the Influence of Host Live Streaming Messages from Rahsa Nusantara on the Purchase Decisions of Members of the Rumah Tumbuh Bersama Community). This study aims to determine the significance of the influence of persuasive messages from the Rahsa Nusantara live streaming host on purchase decisions. The method used in this research for data analysis is multiple linear regression. The number of respondents in this study is 28 individuals selected through probability sampling techniques. Data collection was conducted by distributing questionnaires to members of the Rumah Tumbuh Bersama Community. The results of the study indicate that message exposure, which include message content, message structure, and message format, have a positive influence on purchase decisions. However, the dimensions of the sub-variables of message structure and message format do not significantly affect purchase intention. The largest sub-variable influencing purchase decisions is the message content sub-variable.
References
Akbar, A. B. (2024). Pemanfaatan media sosial TikTok sebagai sumber informasi bagi Gen Z di program studi Ilmu Komunikasi Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara. JISDIK: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(2), 132.
Amaluddin, R. (2022). Analisis tayangan K-mukbang dalam menambah minat beli atas produk makanan Korea. Fakultas Sastra Universitas Nasional.
Andreanto, R. (2022). Pengaruh terpaan tayangan iklan Shopee gratis ongkir COD murah lebay di platform YouTube terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee. Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang.
Aprilia, V. D. (2023). Kultivasi budaya K-pop (Studi analisis kultivasi terhadap gaya hidup Kpopers pada komunitas Army Kediri). IAIN Kediri.
Azzahra, S. D. (2023). Hubungan terpaan informasi Instagram @ibunda.id dengan sikap memelihara kesehatan mental followers. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.
Christine, C. C. (2021). Pengaruh pesan persuasif beauty vlogger terhadap keputusan pembelian. Prologia, 5(1), 108. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8164
Fahrimal, Y. (2022). Pengaruh terpaan video beauty vlogger pada kanal YouTube Tasya Farasya terhadap perilaku merias wajah mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Teuku Umar. Jurnal Publish, 70-175. https://doi.org/10.35814/publish.v1i2.4098
Ichwan, N. A. (2021). Pesan persuasif beauty influencer pada akun YouTube Tasya Farasya dalam keputusan pembelian produk kecantikan. Kareba Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(10), 18.
Jatiayu, R. R. (2023). Pengaruh terpaan platform media informasi terkait COVID-19 terhadap tingkat kecemasan mahasiswa Kota Bandung. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.
Liviani, M. (2023). Pengaruh terpaan drama Korea pada attitude dan behavioral intention terhadap Korea Selatan. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.
Marbun, M. B. (2022). Pengaruh promosi, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian terhadap pembelian ulang (Literature review manajemen pemasaran). JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 716-727. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1134
Nurfauzi, Y. (2023). Literature review: Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, kualitas produk, dan harga kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 183-188.
Ramadhani, R. (2023). Pengaruh terpaan mobile advertising Kitabisa.com terhadap intensi berdonasi melalui sikap mahasiswa pengguna TikTok di Kota Bandung. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.
Raujung, P. L. (2023). Pengaruh e-WOM terhadap minat berkunjung konten pornografi dan keputusan pembelian Onlyfans.com. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 127. https://doi.org/10.35326/medialog.v6i1.984
Surianto, E. J. (2021). Pengaruh komunikasi persuasif melalui fitur Shopee Live terhadap keputusan pembelian (Studi pada Lilybelleclothing). PROLOGIA, 382. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10218
Widyasari, F. M. (2023). Pengaruh terpaan informasi kesehatan mental terhadap sikap followers di media sosial Instagram. Jurnal Communio: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 269. https://doi.org/10.35508/jikom.v12i2.9160
Winasis, C. L. (2022). Determinasi keputusan pembelian: Harga, promosi dan kualitas produk (Literature review manajemen pemasaran). JIMT: Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 392-403. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i4.977
Yulianti, T. E. (2023, Januari 22). Detik Jabar: Bisnis. Retrieved from https://www.detik.com/jabar/bisnis/d-6529331/racikan-rempah-asal-bandung-rahsa-nusantara-mulai-bidik-pasar-internasional
Yulinar, A. (2020). Pesan persuasif iklan IM3 Ooredoo. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://doi.org/10.15408/jsj.v3i1.18921
Yusuf, R. (2020). Pengaruh konten pemasaran Shopee terhadap keputusan pembelian pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 506. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i2.289
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.