Implementasi Program Corporate Social Responsibility Beasiswa Bagi Karyawan PT Insani Prima Konsultindo
DOI:
https://doi.org/10.47861/jdan.v2i1.787Keywords:
Corporate Social Responsibility, Beasiswa, PT Insani Prima KonsultindoAbstract
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan tanggung jawab perusahaan terhadap permasalahan dan keinginan masyarakat, sehingga dapat menghasilkan dampak positif bagi lingkungan masyarakat di berbagai bidang, seperti sosial, ekonomi dan politik (Agudelo, Jóhannsdóttir, & Davídsdóttir, 2019). Pelaksanaan kegiatan CSR memiliki tujuan dalam membina hubungan baik dengan seluruh pihak yang terlibat oleh perusahaan sekaligus mewujudkan citra baik perusahaan melalui hubungan timbal balik dan memperoleh kepercayaan dari masyarakat. Program Corporate Social Responsibility berupa beasiswa akan berkontribusi positif terhadap reputasi perusahaan. Reputasi perusahaan yang baik mampu mengelola risiko bisnis yang tinggi, sehingga mampu mencegah krisis yang kemungkinan terjadi. Tujuan dari program beasiswa pada PT Insani Prima Konsultindo yaitu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam bekerja. SDM merupakan faktor yang penting bagi keberlangsungan perusahaan. Manfaat yang diperoleh perusahaan yaitu regenerasi tenaga kerja profesional, dikarenakan persyaratan untuk uji sertifikasi merupakan lulusan S1.
References
Agudelo, M., Jóhannsdóttir, L., & Davídsdóttir, B. (2019). A literature review of the history and evolution of corporate social responsibility. International Journal of Corporate Social Responsibility, 4(1), 1-23. https://doi.org/10.1186/s40991-018-0039-y
Carrol, A. B. (1999). Corporate social responsibility: Evolution of definitional construct. Business and Society, 38(3), 268-295. https://doi.org/10.1177/000765039903800303
Davis, K. (1960). Can business afford to ignore social responsibilities? California Management Review, 2(3), 70-76. https://doi.org/10.2307/41166246
Dewi, N.K.Y.W., and Darma, G.S. (2019). Strategi Investasi & Manajemen Resiko Rumah Sakit Swasta di Bali, Jurnal Manajemen & Bisnis, 16(2): 110-127.
Du Pisani, Jacobus, A. (2006). Sustainable development: Historical roots of the concept. Environmental Sciences, 3(2), 83-96. : http://dx.doi.org/10.1080/15693430600688831
Gigih, Apriatma, Cheisviyanny, Charoline & Taqwa, Salma., (2019). Analisis Pemanfaatan Dana Corporate Social Responsibility bagi Penerima Beasiswa Bank Nagari. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(1)Seri C, 334-348.
Hardini, Auliya, N. K., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., dkk. (2020). Metode penelitian kualitatif, dan kuantitatif. CV Pusaka Ilmu.
Husted, Bryan W., & Allen, David B. (2007). Strategic corporate social responsibility and value creation among large firms: Lessons from the spanish experience. Long Range Planning, 40(6). https://doi.org/10.1016/j.lrp.2007.07.001
Isdiyarti, D., Suryoko, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Produksi PT. Globalindo Intimates Klaten. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 102-108.
Mangkunegara, A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. (Susan Sandiasih, Ed.) (cetakan ke.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Marzook, M., & Al Ahmady, B. (2022). Linking organisational performance and corporate social responsibility. European Journal of Business and Management Research. 7(3), 335-343. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2022.7.3.1466
Ramadon, R., Jaenudin, R., Fatimah, S., (2017). Pengaruh Beasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sriwijaya. Jurnal Profit, 4(2), 203 -213.
Sastrohadiwiryo, S. H. B. (2019). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Pendekatan Administrasi dan Operasional. (D. M. Listianingsih, Ed.). Jakarta timur: Bumi Aksara.
Sibyan, H. (2020). Implementasi metode smart pada sistem pendukung keputusan penerima beasiswa sekolah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(1), 78-83.
Wahyuni, N.W.S., and Darma, G.S. (2019). Mobile Advertising, Product Social Value dan Purchase Intention pada Instagram, Jurnal Manajemen Bisnis, 16(4): 87-101.