Pembuatan Website E-commerce dan Pelatihan Digital Marketing untuk Rebranding UMKM Barokah Jaya

Authors

  • Ahmad Faidlon Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Shierly Eka Viana Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • M. Daffanio Wardhana Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • M. Syaidul Irfan Gunawan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • M. Jauharul Fattah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v3i2.1590

Keywords:

Barokah Jaya Micro, Digital Marketing, Website

Abstract

In line with the rapid advancement of Science and Technology (IPTEK), businesses are also required to keep pace with these developments, one of which is in the realm of rebranding and product marketing through internet-based media such as websites, Facebook, Instagram, Shopee, TikTok, and other social media platforms. The Community Service Program (PPM) of the KKN UNISNU Jepara Team, Batch XVIII, 2025, has been implemented in Ujungwatu Village, Donorojo District, Jepara Regency, with the aim of assisting product rebranding through the creation of attractive packaging and website development, as well as digital marketing training to increase sales revenue. The research method used in this program is field observation to identify problems faced by partners. Additionally, digital marketing training was conducted through lecture methods, where the instructor explained directly how to create an e-commerce account on Shopee. The results of this program show that creating attractive packaging can increase consumer appeal and confidence in the product. Furthermore, website development and digital marketing training through Shopee e-commerce can reach a wider market, thereby increasing sales revenue.

Abstrak

Program pengabdian masyarakat tim KKN UNISNU Jepara angkatan XVIII tahun 2025 dilaksanakan di Desa Ujungwatu, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Pada saat melakukan observasi, peneliti mengunjungi beberapa produsen usaha rumahan dan peneliti tertarik pada produsen Barokah Jaya untuk dijadikan sarana program pengabdian berbasis kemitraan. Usaha ini bergerak pada bidang pengolahan makanan berupa ikan bandeng. Berdasarkan analisis situasi pada saat Tim KKN melakukan observasi, Tim menemukan beberapa masalah yang di alami oleh mitra diantaranya yaitu kemasan produk dan proses pemasaran. Berdasarkan permasalahan yang di alami oleh rumah produksi Barokah Jaya, terdapat beberapa solusi yang bisa di lakukan yakni : Pertama, memberikan pemahaman mengenai pentingnya personal branding dalam suatu produk melalui kemasannya. Kedua, mengadakan pelatihan digital marketing, pendampingan tentang pengelolaan situs jual beli online dan pembuatan website commerce agar produk dapat dikenal oleh kalangan luas, sehingga dalam produksi ini mampu bersaing dengan usaha industri rumahan lainnya.

 

References

Astar, S. E. (2021). Pemanfaatan media informasi website promosi (e-commerce) sebagai upaya peningkatan pendapatan UMKM. Jurnal Teknologi dan Bisnis, 3(2), 229–238. https://doi.org/10.37087/jtb.v3i2.93

Chairi, Z., Aflah, A., & Aprilyana, I. (2022). Peningkatan produktivitas UMKM melalui pemanfaatan digital marketing di Kelurahan Tegal Sari I Kecamatan Medan Area. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(2), 344–349. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i2.6730

Evasari, A. D., Utomo, Y. B., & Ambarwati, D. (2019). Pelatihan dan pemanfaatan e-commerce sebagai media pemasaran produk UMKM di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75. https://doi.org/10.32503/cendekia.v1i2.603

Gunawan, J., Salsabila, A. T., Nisa, K., & Azizah, N. (2022). Sosialisasi pemanfaatan digital marketing bagi pelaku UMKM di Kelurahan Tegalsari. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 146–150. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i2.3543

Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan digital marketing bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 3(2), 77–85. https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85

Kumala, D., Hasan, S. S. El, Mardius, T. A., Sari, P. P. S., Toyib, M. I., & Supriatal. (2022). Pelatihan digital marketing pada unit produksi di SMK Bina Mandiri Digital. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Pemerintahan, 1(2), 53–63.

Marlina, W. A., Rizky, B., Majo, A., Faisal, R. F., Srivani, M., & Ahmad, F. A. (2018). E-commerce kepada pedagang kaki lima dan UMKM Kota Payakumbuh untuk meningkatkan daya saing di era global. Socialization and Training: Implementing Ecommerce to Street Vendors and Payakumbuh City UMKM to Enhance SME Competitiveness, 1(3), 109–122.

Mukhlis, R., Wonorejo, J., & No, U. (2022). Digital marketing sebagai upaya peningkatan daya saing UMKM. Jurnal ..., 2(2), 13–21.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Prasetyo, D. Y., Yunita, F., Bindas, A., Abdullah, A., & Samsudin, S. (2022). Pelatihan dan pembuatan website e-commerce pada UMKM Mudokufood Tembilahan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 626–637. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.4393

Prihatiningtyas, S., Umardiyah, F., Wulandari, A., Husna, A. L., Wardani, D. K., Ningsih, W. S., Mufajar, I. A., & Wildan, M. A. (2024). Pemberdayaan masyarakat melalui digital marketing dalam meningkatkan penjualan produk UMKM di Desa Pesantren. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 42–50. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v5i1.4495

Puspitasari, T. D., Anita, N., & Iqbaal, M. (2016). Strategi peningkatan pemasaran dan penjualan melalui pembuatan website e-commerce. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 152–155. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/223/192

Rizaldi, T., & Hermawan, H. (2017). Pemanfaatan e-commerce sebagai strategi peningkatan pemasaran UMKM. Prosiding Pengabdian, 97–100. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/prosiding/article/view/704

Sirodjudin, M., & Sudarmiatin. (2023). Implementasi digital marketing oleh UMKM di Indonesia: A scoping review. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 2(2), 20–35.

Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., & Sugiarto, B. (2020). Pemanfaatan digital marketing sebagai media pemasaran global untuk meningkatkan penjualan produksi pada home industry. Community Empowerment, 5(2), 28–35. https://doi.org/10.31603/ce.v5i2.3514

Waqfin, M. S. I., Wulandari, S. R., Tifliya, F. M., Indrayani, S., Wahyudi, W., & Roziqin, M. K. (2021). Penerapan digital marketing sebagai upaya peningkatan penjualan pada UMKM di Desa Kepuhdoko Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 155–159. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v2i3.2112

Downloads

Published

2025-03-04

How to Cite

Ahmad Faidlon, Shierly Eka Viana, M. Daffanio Wardhana, M. Syaidul Irfan Gunawan, & M. Jauharul Fattah. (2025). Pembuatan Website E-commerce dan Pelatihan Digital Marketing untuk Rebranding UMKM Barokah Jaya. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 3(2), 01–13. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v3i2.1590

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.