Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Siska Widayanti Universitas PGRI Semarang
  • Bayu Kurniawan Universitas PGRI Semarang
  • Fadjar Darmaputra Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i1.120

Keywords:

peserta didik, prokrastinasi, self regulated learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Entrepreneur Education, Self Efficacy, terhadap minat berwirausaha mahasiswa melalui Motivasi Berwirausaha. Jenis metode yang digunakan kuantitatif merupakan tehnik mengumpulkan, mengolah, menyederhanakan dan menganalisis data agar dapat memberikan gambaran tentang suatu peristiwa melalui penyebaran kuesioner yang dilakukan dan dinyatakan dalam bentuk angka, sehingga dapat diukur dan dihitung. Jumlah sampel dan populasi yang digunakan adalah 299 mahasiswa FEB UPGRIS. Pengolahaan data pada Penelitian ini menggunakan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Entrepreneur Education berpengaruh terhadap minat berwirausaha dengan nilai P-Value sebesar (0,002). Self Efficacy berpengaruh terhadap minat berwirausaha dengan nilai P-Value sebesar (0,000). Motivasi Berwirausaha  berpengaruh terhadap minat berwirausaha dengan nilai P-Value sebesar (0,002). Entrepreneur Education berpengaruh terhadap Motivasi Berwirausaha  dengan nilai P-Value sebesar (0,000). Self Efficacy berpengaruh terhadap Motivasi Berwirausaha  nilai P-Value sebesar (0,000). Motivasi Berwirausaha  memediasi Entrepreneur Education terhadap minat berwirausaha dengan nilai P-Value sebesar (0,023). Motivasi Berwirausaha  mampu memediasi Self Efficacy terhadap minat berwirausaha dengan nilai P-Value sebesar (0,002).

References

Anggreine G.Roring 1, A. 2. ( 2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Niat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Tahun Ajaran 2015 Dan 2016 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado) . Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Hukum) Vol. 5 NO. 2 Januari-Juni, 263 - 272 .

Budiono, J. T. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, EFIKASI DIRI, KEPRIBADIAN DAN PERAN FAKTOR KELUARGA TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA . Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Volume III No. 3/2021 Hal: 751-761.

Ghozali,. (2021). Partial least square konsep, teknik dan aplikasi menggunakan program smartpls 3.29.

Handoyo, A. B. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri Dan Locus Of Control Terhadap Intensi Berwirausaha . Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Volume II No. 1/2020 , 51-61.

Hartini. (2022). Peran self-efficacy dalam meningkatkan minat berwirausaha women entrepreneur yang dimediasi oleh pengetahuan kewirausahaan. Jurnal ekonomi modernisasi, 18, 132–148

Juaini, M. R. (2015). ANALISIS PENGARUH LOCUS OF CONTROL, SELF EFFICACY DAN NEED FOR ACHIEVEMENT TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI . Jurnal EducatiO Vol. 10 No. 1, Juni 2015, 131-146.

Kustini, A. D. (2020). Kontribusi Pendidikan Kewirausahaan Dan Internal Locus Of Control Terhadap Intensi Kewirausahaan (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur). JSMB Vol. 7 (2) 2020, 152-160.

Lestari, n. P. C. (2022). Peran entrepreneurship education terhadap minat berwirausaha melalui entrepreneurial self-efficacy sebagai mediasi. Jurnal ekonomi , manajemen , bisnis dan sosial, 2(4), 617–624.

Munawar, a. (2019). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan Self Efficacy terhadap minat berwirausaha siswa. Prosiding seminar nasional pendidikan kaluni volume 2, 2, 398–406.

Nengseh, r. R. (2020). Efikasi diri sebagai mediasi pengaruh pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Jurnal ilmiah pendidikan ekonomi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 9, 156–167. Https://doi.org/10.33603/ejpe.v9i2.5157

Nugraha, V. K. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, ATTITUDE TOWARDS ENTREPRENEURSHIP TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI SELF EFFICACY . Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan Vol. 9 No. 1 , 79-100.

Purnami, I. G. (2016). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, SELF EFFICACY DAN LOCUS OF CONTROL PADA NIAT BERWIRAUSAHA . E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 2, 2016: , 1160-1188.

Putri, w. A. (2022). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan Motivasi Berwirausaha terhadap. Jurnal ilmiah manajemen, bisnis dan kewirausahaan, 2(3), 34–45.

Tri Adhi Santoso1, A. V. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK DI KOTA SEMARANG . Journal of Economics and Banking Volume 3 No. 1 April 2021 , 19-26.

Vebrina, d. (2021). Faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi institut pendidikan tapanuli selatan. 9(3), 400–405.

Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendididkan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha . Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol 2, No. 2 September 2019 268-283,

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Siska Widayanti, Bayu Kurniawan, & Fadjar Darmaputra. (2023). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa Melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(1), 53–69. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i1.120

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.