Tinjauan Cabang Filsafat (Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi) dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Patengteng 1

Authors

  • Adisti Istivari Wahyudi Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.625

Keywords:

Buku Teks, Ontologi, Epistimologi, Aksiologi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali landasan filsafati : ontologi epistemologi dan aksiologi dalam hasil penelitian tentang muatan materi dalam buku teks bahasa Indonesia kelas 4 SDN Patengteng 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis konten. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis data penelitian ini dengan cara pengadaan data, pengurangan data, inferensi, dan analisis data. Hasil tinjauan menunjukkan pertama aspek ontologi terpenuhi secara rinci hakikat buku teks adalah buku yang berisi petunjuk dalam sebuah pelajaran tertentu untuk mencapai tujuan instruksional buku teks bahasa Indonesia mencakup 2 materi yakni materi bahasa dan materi sastra. Materi sastra memiliki fungsi untuk menghibur diri dan bermanfaat setiap materi dalam buku teks mengandung beberapa kompetensi inti dan kompetensi dasar yang harus dicapai : sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Kedua, aspek epistimologi pemerolehan data telah menunjukkan kebermaknaan hasil penelitian. Namun, terdapat beberapa teknik yang tidak dikemukakan yaitu subjek penelitian, wawancara, dan kartu data. Ketiga, aspek aksiologi berkaitan dengan nilai pendidikan yang memiliki manfaat dari segi pembelajaran sastra dan segi sosial. Dari segi pembelajaran hal ini dapat mengarahkan peserta didik memperoleh suatu nilai. Sedangkan dari segi sosial, mampu meningkatkan kepekaan terhadap nilai-nilai kehidupan bermasyarakat dan mampu membentuk karakter peserta didik seperti religius, bertanggung jawab, percaya diri, kritis, berbudaya, berwawasan luas, halus budi pekerti, dan santun.

References

Achadah, A., & Fadil, M. (2020). Filsafat Ilmu: Pertautan Aktivitas Ilmiah, Metode Ilmiah dan Pengetahuan Sistematis. Jurnal Pendidikan Islam, 4 (1), 130-141.

Ginting, Donny dkk. 2023. Filsafat Ilmu sebagai Landasan Pengembangan Pendidikan Bahasa. Journal on Education. Volume 05, No. 02.

Halik, A. (2020). Ilmu pendidikan islam: perspektif ontologi, epistemologi, aksiologi. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2).

Jannah, Mumayzizah dan Harun Rasyid. 2023. Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 7, Nomor 1.

Karisna, N. N. (2022). Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi dalam Perspektif Filsafat Ilmu Dakwah di Era Komunikasi Digital. JISAP Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 2(1), 66-81.

Luthfiyah dan Abdul Khobir. 2023. Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi Filsafat Pendidikan. Jurnal Basicedu. Volume 7, Nomor 5.

Muhibbin, Ahmad. 2021. Filsafat Pendidikan. (Muhammadiyah University Press). Hal. 6-8.

Nurgiansah, H. 2021. Filsafat Pendidikan. (CV. PENA PERSADA). Hal. 53.

Parida, P., Syukri, A., Badarussyamsi, B., & Rizki, A. F. (2021). Kontruksi Epistimologi Ilmu Pengetahuan. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 273-286.

Rahmadani, E., Armanto, D., Syafitri, E., & Umami, R. (2021). Ontologi, Epistemologi, Aksiologi dalam Pendidikan Karakter. Journal of Science and Social Research, 4(3), 307-311.

Rahmasari, Nur dan Darmiyati Zuchdi. 2021. Tinjauan Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Materi Sastra dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jurnal Filsafat Indonesia. Vol 4, No 1.

Rofiq, M. N. (2018). Peranan filsafat ilmu bagi perkembangan ilmu pengetahuan. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 161-175.

Rokhmah, Dewi. 2021. Ilmu Dalam Tinjauan Filsafat : Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi. Jurnal Studi Keislaman. Volume 7, Nomor 2.

Situmeang, I. R. V. O. (2021). Hakikat Filsafat Ilmu dan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Ilmu Pengetahuan. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 5(1), 1-17.

Susanto, A. 2021. Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. (Bumi Aksara). Hal. 7-11.

Tarigan, Mardinal dkk. 2022. Landasan Ontologi, Epistemologi, Aksiologi Keilmuan. Jurnal Studi Sosial dan Agama (JSSA). Volume 2, Nomor 2.

Unwakoly, Semuel. 2022. Berpikir Kritis dalam Filsafat Ilmu: Kajian dalam Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Jurnal Filsafat Indonesia. Vol 5 No 2.

Utama, Gusti. 2021. Filsafat Ilmu Dan Logika Manajemen Dan Pariwisata. (Deepublish). Hal. 80.

Yunus, M. (2020). Isu Aksiologi dalam Filsafat Ilmu Komunikasi. Khabar (Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam), 2(1), 43-56.

Zamroni, M. (2022). Filsafat Komunikasi: Pengantar Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. IRCiSoD.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Adisti Istivari Wahyudi. (2024). Tinjauan Cabang Filsafat (Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi) dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Patengteng 1. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(1), 34–45. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.625

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.