Hubungan Antara Intensitas Pelaksanaan Konseling Dengan Toleransi Penyesuaian Diri Remaja

Authors

  • Jeny Harianto Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda

DOI:

https://doi.org/10.47861/dv.v3i1.7

Keywords:

intensitas, konseling, toleransi, remaja.

Abstract

Hubungan  antara Intensitas Pelaksanaan  Konseling  dengan Toleransi Penyesuaian Diri Remaja, Penelitian,  Dharma  Acariya,  Sekolah  Tinggi  Agama  Buddha    Nalanda.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan intensitas konseling  pada  siswa,  meningkatkan  kemampuan  guru  pembimbing  sebagai koselor  profesional,  dan untuk meningkatkan  keterampilan  guru  dalam  konseling,  Hipotesis  yang  diajukan  terbukti ada    hubungan  antara  intensitas pelaksanaan konseling dengan toleransi penyesuaian diri remaja sebesar r =  0,090   ,tetapi lemah yang artinya   guru pembimbing berperan, tetapi tidak memberi efek pada toleransi penyesuaian diri remaja. Untuk taraf significan 5% t tabel lebih besar dari t hitung   1,67 > 0,85   yang berarti hubungan antara intensitas pelaksanaan konseling dengan toleransi penyesuaian diri remaja taraf significan 5% tidak significkan.  Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner yang berpolakan pada skala likert. Hasil analisis data menunjukan peran guru pembimbing baik di tiga sekolah buddhis daerah Jakarta Barat dan Utara. Guru pembimbing menyediakan waktu untuk siswa konseling, sehingga siswa merasa terbantu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berguna kepada sekolah Buddhis dalam meningkatkan peran guru pembimbing di sekolah.

References

Asmani, Jamal Mamur, 2010, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Anggota IKAPI. Gladding, Samuel, 2012, Konseling, Jakarta: PT Indeks.

Hurlock, Elizabeth B. 1991, Psikologi Perkembangan, terjemahan Soedjarwo, McGraw Hill, Inc. Jakarta: Erlangga.

Kountur, Ronny, 2007, metode penelitian, Jakarta: PPM.

Papalla, Diane; Sally, dan Ruth, 2009, Perkembangan Manusia, Jakarta: Salemba Humanika.

Sears, David O. Jonathan; dan L. Anne, 1985, Psikologi Sosial, terjemahan Michael Adryanto, Precentice-Hall, Inc, Jakarta: Erlangga.

Siregar, syofian, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukardi, Dewa Ketut, 2007 (edisi revisi), Pengantar Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Walgito, Bimo, 2010, Bimbingan dan Konseling: Jogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2019-07-22

How to Cite

Jeny Harianto. (2019). Hubungan Antara Intensitas Pelaksanaan Konseling Dengan Toleransi Penyesuaian Diri Remaja. Dhammavicaya : Jurnal Pengkajian Dhamma, 3(1), 18–21. https://doi.org/10.47861/dv.v3i1.7

Most read articles by the same author(s)