Kearifan Lokal Dari Situs Candi Nusantara

Authors

  • Heru Suherman Lim Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda

DOI:

https://doi.org/10.47861/dv.v3i1.8

Keywords:

Kearifan local, candi, nusantara.

Abstract

Candi-candi di Indonesia pada umumnya berbentuk massa yang tertutup, ritualnya dilakukan di luar bangunan. Dengan demikian ruang luar mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung fungsi pada candi-candi di Nusantara. Jika dihubungkan dengan pembangunan suatu candi, arah dapat ditentukan oleh mata angin, namun juga oleh pergerakan bintang tertentu.  Perletakan candi  ini  dapat  diduga  merujuk  pada  konstelasi bintang  tertentu,  karena  di  arah  tenggara  tidak didapatkan gunung atau benda alam yang lain di bumi sebagai rujukan orientasi. Hal ini dapat dikaitkan pembentukan mandala  sebagai  dasar  perletakkannya.  Seperti  halnya  di  Yunani,  manusia  India  atau  Timur  termasuk  Nusantara memandang segala yang dilihat dan dialami sebagai sesuatu kosmos yang agung. Pembagian proporsi yang harmonis dikerjakan  bukan  karena  pemikiran  geometris  semata  melainkan  dipengaruhi  pula  oleh  pemikiran  kosmologi  maka munculah isitilah Mandala.

References

Ayatrohaedi, 1986, Kepribadian Budaya Bangsa, Dunia Pustaka Jaya Djafar, H. 2010. Kompleks Percandian Batujaya, Bandung: Kiblat Buku Utama.

Puslit Arkenas. 2004. Database Foto Percandian Batujaya, Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, 2004

Fakultas Sastra Universitas Indonesia. 1986, Peninggalan Purbakala di Batujaya, Karawang (Naskah). Jakarta: Jurusan Arkeologi Fakultas Sastra Universitas Indoensia. Koentjaraningrat, 1997, Koentjaraningrat dan antropologi di Indonesia, Obor, Jakarta Maulana, Ratnaesih 1995,"Rekonstruksi Keagamaan di Jawa Barat Masa Hindu Buda", dalam KIRANA: Persembahan Untuk Prof. Dr. Haryati Soebadio. Jakarta: PT Intermasa.

Munandar, Agus Aris. 1992. "Bangunan Suci pada Masa Kerajaan Sunda: Data Arkeologi dan Sumber Tertulis" dalam PIA (1), halaman 267-292. Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional

Soekmono, 1986, Pengantar sejarah kebudayaan Indonesia, Kanisius, Jakarta Soeroso. 1995, Pola Persebaran Situs Bangunan Masa Hindu Buda di Pesisir Utara Wilayah Batujaya dan Cibuaya, Jawa Barat: Tinjauan Ekologi. Tesis Magister Humaniora Program Studi Arkeologi. Jakarta: PPS UI.

Utomo, Bambang Budi. 2004. Arsitektur Bangunan Suci Masa Hindu-Budha di Jawa Barat. Jakarta: Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Proyek Penelitian dan Pengembangan Arkeologi.

Downloads

Published

2019-07-22

How to Cite

Heru Suherman Lim. (2019). Kearifan Lokal Dari Situs Candi Nusantara. Dhammavicaya : Jurnal Pengkajian Dhamma, 3(1), 22–27. https://doi.org/10.47861/dv.v3i1.8