Penguatan Literasi Media dalam Meningkatkan Kualitas Produk Bersertifikasi Halal Kepada Pelaku UMKM Kelurahan Pancoran

Authors

  • Arsenius Wisnu Aji Patria Perkasa Universitas Budi Luhur
  • Ihsan Suri Universitas Pancasila
  • Syubhan Akib Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

DOI:

https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v2i1.804

Keywords:

Sertifikasi Halal, Kampanye UMKM, Produk Halal, Pancoran

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini mengangkat isu kampanye sertifikasi halal di Kelurahan Pancoran dengan tujuan mendalami pemahaman pelaku UMKM terkait proses produksi halal dan prosedur pendaftaran sertifikat. Metode penelitian melibatkan survei dan wawancara dengan pelaku UMKM di Pancoran untuk menilai tingkat pengetahuan mereka mengenai persyaratan sertifikasi halal dan mekanisme pendaftarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pelaku UMKM belum sepenuhnya memahami proses produksi halal dan prosedur pendaftaran sertifikat halal. Namun, kesadaran akan pentingnya sertifikasi halal sebagai nilai tambah produk di pasar global semakin meningkat. Oleh karena itu, kampanye edukasi perlu diperkuat untuk memberikan informasi yang lebih terstruktur dan mendalam kepada pelaku UMKM di Kelurahan Pancoran agar mereka dapat memahami dan mengimplementasikan proses sertifikasi halal dengan lebih baik

References

Abdurahman, Maman, Mien Hidayat, Yenni Yuniati, Prodi Magister, Ilmu Komunikasi, and Universitas Islam Bandung. “Pengaruh Terpaan Informasi Kuliner Pada Instagram @CirebonBribin Terhadap Sikap Followers Mengenai Kuliner Khas Cirebon” (n.d.). https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/communicative.

Afroniyati, Lies. “Analisis Ekonomi Politik Sertifikasi Halal Oleh Majelis Ulama Indonesia.” JKAP (Jurnal Kajian Administrasi Publik 18, no. 1 (2014): 37–53. Accessed December 9, 2023. https://journal.ugm.ac.id/jkap/article/view/6870/5373.

Agus, Panji Adam. “KEDUDUKAN SERTIFIKASI HALAL DALAM SISTEM HUKUM NASIONAL SEBAGAI UPAYA PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM HUKUM ISLAM.” Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah 1, no. 1 (January 31, 2017): 150–165.

Ihsan Suri, and Arsenius Wisnu Aji Patria Perkasa. “Media Sosial Dan Citra Diri: Peran Akun Kedua Dalam Melindungi Identitas Dan Privasi Anak Serta Remaja.” Innovative: Journal of Social Science Research 3, no. 5 (2023): 8782–8796. Accessed December 7, 2023. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5766.

Lumban, Aldi Geri. “Pancoran Masuk 10 Besar Nominator Kelurahan Pangan Aman Tingkat Nasional.” Berita Jakarta. Last modified March 2, 2023. Accessed August 7, 2023. https://m.beritajakarta.id/read/117965/pancoran-masuk-10-besar-nominator-kelurahan-pangan-aman-tingkat-nasional.

Muhsin, Ahmad, Laila Nafisah, and Yuni Siswanti. Buku Participatory Rural Appraisal. 1st ed. Yogyakarta: depublish, 2018.

Sari, Desi Indah. “PERLINDUNGAN HUKUM ATAS LABEL HALAL PRODUK PANGAN MENURUT UNDANG-UNDANG.” Repertorium; Jurnal Ilmiah Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya 7, no. 1 (2018). Accessed December 9, 2023. http://journal.fh.unsri.ac.id/index.php/repertorium/article/view/264/144.

Syubhan Akib, and Arsenius Wisnu Aji Patria Perkasa. “Peran Komunikasi Dalam Dunia Pendidikan” 4 (2022): 5589–5596. Accessed January 17, 2024. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6368.

Wahyu Laksono Nanang Suryadi, Andrian. PENGARUH CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA PELANGGAN GEPREK BENSU DI KOTA MALANG. Holistic Journal of Management Research. Vol. I, 2020.

Downloads

Published

2024-01-25 — Updated on 2024-01-30

Versions

How to Cite

Perkasa, A. W. A. P., Suri, I., & Akib, S. (2024). Penguatan Literasi Media dalam Meningkatkan Kualitas Produk Bersertifikasi Halal Kepada Pelaku UMKM Kelurahan Pancoran. Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 2(1), 192–202. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v2i1.804 (Original work published January 25, 2024)

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.