Studi Kasus Permasalahan Sosial Pemalu Pada Anak Yang Tidak di Asuh Oleh Orang Tua

Authors

  • Dellyna Syafmirlayanti Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.652

Abstract

This article aims to determine the form of shyness problems in the subject, analyze the influencing factors and the impact of shyness on the subject. This research uses a qualitative method with a case study approach, while data collection tools use observation, interviews and documentation. The subject in this research was 1 child aged 6 years. The results of the research show that Z experiences problems with shyness, including not joining in activities that involve lots of people, liking activities that he does alone, not wanting to appear in front of the class, and a tendency to speak at a low volume.

References

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Depdiknas, 2004. Masalah Anak Pemalu. Jakarta: Depdiknas

Fauziah, I., Ernita, E., Octavia, D. R., & Dwiyanti, M. (2020). Analisis Gangguan Psikososial Dan Emosional Aud Di Ra Nurul Iman Medan Belawan Selama Pembelajaran Berbasis Daring. Kumara Cendekia, 8(3), 316. https://doi.org/10.20961/kc.v8i3.44282

Gunarsah. (2001). Kruteria Anak Pemalu. Jakarta.Rineka Cipta.

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1– 76. https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN KEMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.pdf

Mayasari. 2011. Upaya Menangani Anak Usia Dini Yang Pemalu. Jurnal. Universitas Pendidikan Indonesia.

Oktariana, R. (2021). Pendidikan menurut UU No . 20 tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan , dirinya , masya. 2(3), 67–82.

Rambe, J. N. A., & Nasriah, N. (2021). Perilaku Anti Sosial Anak Usia 5-6 Tahun dan Cara Guru Menangani di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Perdagangan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 142–151. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i2.7506

Trijayanti, S. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Mengatasi Sifat Pemalu Pada Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 53–57

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Dellyna Syafmirlayanti. (2023). Studi Kasus Permasalahan Sosial Pemalu Pada Anak Yang Tidak di Asuh Oleh Orang Tua. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 178–185. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.652