Kajian Model Komunikasi Humas Pemerintah Daerah
(Studi Kasus Model Komunikasi Daerah Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen pada Acara HUT Sragen Ke-278)
DOI:
https://doi.org/10.47861/tuturan.v3i1.1624Keywords:
Grunig, Hunt Model, Local Government, Public Relations Communication, Sragen AnniversaryAbstract
This research analyzes the communication model of Sragen Regency Government Public Relations in celebrating the 278th Sragen Anniversary based on Grunig and Hunt's theory. The research objective was to identify the application of four communication models: Press Agentry, Public Information, Two-Way Asymmetrical, and Two-Way Symmetrical. Using a descriptive qualitative approach, data was collected through observation, interviews, and documentation. The results showed that the three models-Press Agentry, Public Information, and Two-Way Symmetrical-have been effectively implemented in disseminating information and building relationships with the community. However, the Two-Way Asymmetrical model is still not optimal in building research-based and persuasive communication. The implications of this research emphasize the need to improve the government's communication strategy to better understand the audience and adjust a more effective communication strategy.
References
Ardhoyo, T. (2013). Peran dan strategi humas (public relations) dalam mempromosikan produk perusahaan. Jurnal Ilmiah WIDYA, 15.
Dr. Yusuf Hadijaya, S. M. (2013). Menyusun strategi berbuah kinerja pendidikan efektif. Perdana Publishing.
Dra. Mimin Yatminiwati, M. (2019). Manajemen strategi. Widya Gama Press.
Fatika, M. R. (2024-2025). Strategi marketing public relations Agrowisata Grand Sondokoro dalam membangun brand awareness melalui Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Gautama, W. A. (2017). Faktor-faktor penyebab anak putus sekolah dari MI Mathla’ul Anwar Kota Jawa Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran. Repository UIN Raden Intan Lampung.
Heath, R. L. (2001). Handbook of public relations. Sage Publications.
Ilham H, M. (2020). Optimalisasi fungsi Masjid Raya Pinrang dalam pengembangan dakwah Islamiah. Repository IAIN Parepare.
Kadir, M. (2023). Bekasi: UNISMA.
Mahfuzhah, 2. (2018). Media publikasi humas dalam pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 144.
Maulidia, R. (2020). Peran humas pemerintah sebagai sarana komunikasi publik (studi pada bagian humas dan protokol pemerintah Kota Bogor). 11.
Meutia Rahmadhania, F. (2023). Strategi marketing public relations Grand Sondokoro dalam membangun brand awareness melalui Instagram. Skripsi, 17-18.
Meutia Rahmadhania, R. W. (2024). Strategi marketing public relations Agrowisata Grand Sondokoro dalam membangun brand awareness melalui Instagram. KOMUNITAS: Jurnal Ilmu Komunikasi, 34-40.
Mulyasa, dalam I. P. E. Amerta, dkk. (2006). Peran komite sekolah dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan. Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi. PT Remaja Rosdakarya.
Nafiah, I. (2017). Analisis SWOT dan strategi keunggulan bersaing pada BMT Artha Buana Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Kediri: E-theses IAIN Kediri.
Refliyanto. (2017). Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru MTS Al-Hikmah Bandar Lampung.
Saleh, Z. (2021). Pengembangan potensi diri anak melalui program kegiatan Islami Majelis Anak Shaleh Kota Parepare. Repository IAIN Parepare.
Sandra Sriwendiah, W. N. (2022). Pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian lipcream Pixy (survei pada konsumen Toko Kosmetik Cahaya Baru Purwakarta). Jurnal Bisnis.
Shapira, R. (2022). Implementasi peran humas pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam memfasilitasi duta daerah ajang Liga Dangdut Indonesia di Indosiar. Universitas Islam Negeri.
SMA Batik 1. (2021, Maret 28). Raih sukses dan launching kelas international. Retrieved from SMABASA: https://smubatik1-slo.sch.id/2021/03/28/raih-sukses-dan-launching-kelas-internasional/
Sofwatillah. (2024). Tehnik analisis data kuantitatif dan kualitatif dalam penelitian ilmiah. Jurnal Genta Mulia.
Sunarto, R. M. (2023). Manajemen humas untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah menengah kejuruan (SMK). Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri.
Suryawan, I. (2010). Perencanaan dan implementasi e-PR sebagai sarana publikasi di RS Bethesda Yogyakarta. Universitas Atma Jaya.
Susana, A. (2016). Manajemen strategi humas dalam promosi penerimaan siswa baru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Simo Tahun Pelajaran 2015/2016.
Syahriah Sari, S. S. (2021). Analisis brand awareness dan pengaruhnya terhadap buying decision mobil Toyota Calya di Makassar. Journal of Business Administration, 39.
Uqoiziah. (2023). Persepsi jama'ah terhadap penggunaan pola komunikasi oleh Ustadz di Majelis Taklim Tasywiqul Fata Desa Petaling Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka. Institutional Repository IAIN Bangka Belitung.
Wicaksono, A. W. (2022). Pengaruh brand image, kualitas pelayanan, dan fasilitas terhadap kepuasan pasien di IGD RSUD Dr. Harjono S. Ponorogo.
Widayawati. (2016). Strategi marketing public relations Swiss Bell Hotel Borneo Samarinda dalam meningkatkan jumlah pengunjung. E-Jurnal Ilmu Komunikasi, 22–36.
Wina Puspita Sari, A. S. (2019). Fungsi dan peran humas di lembaga pendidikan. Communicology, 52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.