Pengaruh Kredibilitas Social Media Influencer Generasi Z Terhadap Minat Beli Kebaya Pada Followers Tiktok @raniaayamin
DOI:
https://doi.org/10.47861/tuturan.v2i2.925Keywords:
Kredibilitas, Social Media Influencer, Minat Beli, Teori Kredibilitas SumberAbstract
Hadirnya internet telah membawa kemudahan luar biasa bagi masyarakat modern dalam menjalani aktivitas. Salah satu yang terdampak dari keberadaan internet adalah penggunaan media sosial. Adopsi media sosial yang masif menarik para pemasar untuk memanfaatkannya sebagai alat pemasaran melalui Influencer atau Social Media Influencer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kredibilitas kredibilitas Rania Yamin sebagai social media influencer terhadap minat beli beli kebaya pada pengikut aktif akun Tiktok @raniaayamin dengan Teori Kredibilitas Sumber yang dikemukakan oleh Carl Hovland, Janis, dan Kelly pada tahun 1953. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 97 sampel penelitian secara online dalam bentuk Google Form. Kemudian data dianalisi menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan IBM SPSS Statistic 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kredibilitas Rania Yamin sebagai social media influencer, meliputi expertise, trustworthiness, dan attractiveness, berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli kebaya oleh para followers.
References
Erwanti, M. O. (2023, August 6). Jokowi Ungkap Alasan Gelar Acara Istana Berkebaya. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d-6861949/jokowi-ungkap-alasan-gelar-acara-istana-berkebaya#:~:text=Presiden%20Joko%20Widodo%20(Jokowi)%20
mengungkap.
Hovland, C. I., Janis, I. L., & Kelley, H. H. (1953). Communication and Persuasion: Psychological Studies of Opinion Change. American Sociological Review, 19(3), 355. https://doi.org/10.2307/2087772
Jelita, A. F., & Rimiyati, H. (2021). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER PADA EFEKTIVITAS IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK MINAT BELI KONSUMEN (STUDI PADA PENGIKUT INSTAGRAM AYUDIA BING SLAMET). Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(1), 22. https://doi.org/10.12928/fokus.v11i1.3734
Lou, C., & Yuan, S. (2019). Influencer Marketing: How Message Value and Credibility Affect Consumer Trust of Branded Content on Social Media. Journal of Interactive Advertising, 19(1), 58–73. https://doi.org/10.1080/15252019.2018.1533501
M.A, V. (2018). Manajemen Kampanye Edisi Revisi. Simbiosa Rekatama Media.
Rathnayake, R. A. S. D., & Lakshika, V. G. P. (2022). Impact Of Social Media Influencers’ Credibility on The Purchase Intention: Reference to The Beauty Industry. Asian Journal of Marketing Management, 11(1).
Wilopo, Y. P. (2021). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DOUBLETREE BY HILTON SURABAYA. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 9(2). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/11513
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.