Hubungan Antara Intensitas Pelaksanaan Konseling Dengan Toleransi Penyesuaian Diri Remaja
DOI:
https://doi.org/10.47861/dv.v3i1.7Keywords:
intensitas, konseling, toleransi, remaja.Abstract
Hubungan antara Intensitas Pelaksanaan Konseling dengan Toleransi Penyesuaian Diri Remaja, Penelitian, Dharma Acariya, Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan intensitas konseling pada siswa, meningkatkan kemampuan guru pembimbing sebagai koselor profesional, dan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam konseling, Hipotesis yang diajukan terbukti ada hubungan antara intensitas pelaksanaan konseling dengan toleransi penyesuaian diri remaja sebesar r = 0,090 ,tetapi lemah yang artinya guru pembimbing berperan, tetapi tidak memberi efek pada toleransi penyesuaian diri remaja. Untuk taraf significan 5% t tabel lebih besar dari t hitung 1,67 > 0,85 yang berarti hubungan antara intensitas pelaksanaan konseling dengan toleransi penyesuaian diri remaja taraf significan 5% tidak significkan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner yang berpolakan pada skala likert. Hasil analisis data menunjukan peran guru pembimbing baik di tiga sekolah buddhis daerah Jakarta Barat dan Utara. Guru pembimbing menyediakan waktu untuk siswa konseling, sehingga siswa merasa terbantu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berguna kepada sekolah Buddhis dalam meningkatkan peran guru pembimbing di sekolah.
References
Asmani, Jamal Mamur, 2010, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Anggota IKAPI. Gladding, Samuel, 2012, Konseling, Jakarta: PT Indeks.
Hurlock, Elizabeth B. 1991, Psikologi Perkembangan, terjemahan Soedjarwo, McGraw Hill, Inc. Jakarta: Erlangga.
Kountur, Ronny, 2007, metode penelitian, Jakarta: PPM.
Papalla, Diane; Sally, dan Ruth, 2009, Perkembangan Manusia, Jakarta: Salemba Humanika.
Sears, David O. Jonathan; dan L. Anne, 1985, Psikologi Sosial, terjemahan Michael Adryanto, Precentice-Hall, Inc, Jakarta: Erlangga.
Siregar, syofian, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sukardi, Dewa Ketut, 2007 (edisi revisi), Pengantar Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
Walgito, Bimo, 2010, Bimbingan dan Konseling: Jogyakarta: Andi Offset.