Analisis Delay Management Akibat Cuaca Terkait Teknis Operasional pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo
DOI:
https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i4.367Keywords:
delay, delay management, complain delay management, keterlambtanAbstract
Keterlambatan penerbangan yang terjadi pada maskapai Citilink Bandar Udara Komodo Labuan Bajo umumnya terjadi dikarenakan faktor faktor cuaca, teknis dan operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana delay Management dan complaint delay Management pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis data primer dan skunder. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi pada. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa delay Management dan complaint delay managemenet yang diberikan oleh maskapai Citilink yaitu Pertama, Menyampaikan informasi kepada penumpang dengan benar dan jelas. Kedua, petugas melakukan koordinasi dengan Maskapai. selan-jutnya ketiga, Badan Usaha Angkatan Udara, penyelenggara bandar udara, dan pihak terkait keterlambatan Memeberi kompensasi dan ganti rugi. Selain itu complaint delay Management yang diberikan antara lain pertama, bersikap empati. Kedua memberi perhatian kepada penumpang. Ketiga, peduli kepada penumpang. Ke-empat, memberikan kemudahan bagi penumpang yang akan menyusun ulang rencana perjalanan. Kelima, membantu penumpang termasuk pemesanan pulang atau melakukan pemindahan ke penerbangan atau Maskapai lainnya.
References
Ardiansyah. H. B. 2021. Analisis Penanganan Delay Oleh Petugas Ramp Handling Pada Maskapai Garuda Indonesia Dan Citilink Di Pt. Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Jendral Ahmad Yani Semarang. Skripsi. Sekolah Tinggi Tekhnologi Kedirgantaraan.
Cahyadi. A. 2021. Analisis Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management) Sebelum Keberangkatan (Pre-Flight) Pt. Kokapura Avia Sejahtera Bandar Udara International Yogyakarta. Skripsi. Sekolah Tinggi Tekhnologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan Penerbangan (Delay Management) pada Badan Usaha Angku-tan Udara Niaga Berjadwal di Indonesia. 08 Mei 2015. (JDIH BPK RI). BN. 716, jdih.dephub
Pratama P. R. 2021. Analisis Strategi Penanganan Delay Pada Maskapai Lion Air Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Skripsi. Sekolah Tinggi Tekhnologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Sinaga. H. 2018. Analisis Penyebab Keterlambatan Penerbangan Pesawat Maskapai Citilink Indonesia Di Bandar Udara Internasional Adisutjipto. Skripsi. Sekolah Tinggi Tekhnologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dab E&D. Edisi. Cetak Ke 1. Alfabet. Bandung
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 tentang penerbangan . 12 Januari 2009. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 4956. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Haural Aini Nadila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.