Analisis Penangan Petugas Check-In Terhadap Penumpang Khusus Dibandar Udara Adi Soemarmo Surakarta

Authors

  • Maria Theresia Kaban Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Suprapti Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i4.369

Keywords:

petugas check-in , penumpang khusus ,penangan .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana penangan dan tindakan petugas check-in terhadap penumpang khusus dibandar adi soemarmo surakarta,pada penelitian ini peneliti hanya memfokuskan pada bagaimana petugas check-in menangani dan memberi tindakan terhadap penumpang khusus yang membedakan penumpang khusus pada penumpang pada umum nya dan memerlukan penangan dan tindakan yang khusus.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, obsevasi, wawancara,dokumen dan dokumentasi .peneliti langsung melakukan obeservasi akan tetapi tidak menemukan penumpang khusus kecuali penumpang khusus obesitas,peneliti pun memaparkan hasil dari data yang diambil selama melakukan wawancara serta dokumen. Untuk wawanacara peneliti mewawancarai kepada petugas chec-in 2 orang petugas chek-in natra dan 1 orang petugas check-in angkasa karya nusa untuk teknik analis data yang digunakan yaitu pengumpulan data ,reduksi data, penyajian data pembahasan dan kesimpulan. Peran petugas chek-in sangat besar untuk menunjang keamanan selama penerbangan, mereka harus memastikan semua penumpang baik penumpang khusus mau pun penumpang pada umum nya.memiliki penangan yang masing-masing bagi dari segi fisik,kesehatan penumpang mau pun untuk sop penerbangan nya ,penangan khusus yang diberikan kepada ibu hamil yang wajib dicek kesehatan kandungan nya agar tidak terjadi hal tidak diinginkan selama masa penerbangan,untuk penumpang um (uncompanied minor) yang harus selalu dalam pengawasan petugas dari bandra udara dari keberangkatan mau pun kedatangan,bagi penumpang wheel chair yang dibantu dari kedatangan mau pun sampai dengan keberangktan sampai naik kepesawat,dan bagi penumpang strecther case yang akan dibantu oleh pihak petugas check-in yang akan mengurus baik dari alat tandu yang dipersiapkan dan penumpang obesitas dan blind passenger yang akan naik kepeswat dengan bantuan pihak staf staf petugas chek-in dan pihak pasasi yang ikut serta dalam membantu.

References

Peraturan Menteri Perhubungan. Nomor : PM 49 Tahun 2012. Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. 27September 2012. Lembar Negara Republik Indonesia Nomor 87. Jakarta

Sitinjak, Yongky. (2017). Peranan PT.Gapura Angkasa Dalam Meningkatkan Pelayanan Penumpang Garuda Indonesia di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Skripsi Universitas Sumatera Utara

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung: Alfabeta.

WIDYAWATI, ERLINA. KUALITAS PELAYANAN PETUGAS PASASI DI BANDARA JUANDA (Studi Deskriptif Tentang Penanganan Penumpang Khusus (Special Passenger) oleh Petugas Pasasi di PT Global Jasa Angkasa (GJA) Bandar Udara Internasional Juanda-Surabaya). Diss. UNIVERSITAS AIRLANGGA, 2015.

Mardiah, Mardiah. 2020. Fasilitas Check-in Counter dan Kinerja Petugas Check-in Counter Benerbangan Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan.

Pratiwi, Novita. 2020. Pengaruh kualitas pelayanan petugas check-in counter terhadap kepuasan penumpang maskapai batik air di bandar udara abdulrachman saleh malang. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan.

Priharto, Sugiono. 2020. Indikator Kepuasan Pelanggan :Pengertian,Jenis, dan Fungsinya Bagi Bisnis.Diakses pada 06 Maret 2023, dari https://accurate.id/marketing-manajemen/indikator-kepuasan-pelanggan/.

Annex 14, 17 dan 18 ICAO (International Civil Aviation Organization) Dokumen 8973 dan 9284.

Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 Mengenai Gugus Tugas Percepatan PenanganVirus Desase 2019 diubah dengan

Ardhia,Volume 46 No. 1, Bulan Juni Tahun 2020, hlm 26-38

Rizal, Muhammad, Ria Afrianti, dan Iman Abdurahman, 2021, Dampak Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (NEW NORMAL) BagiPelaku Bisnis

Jumlah penumpang Transportasi Udara yang datang dan berangkat Melalui Bandara Adi Soearmo Diaksespada 23 Maret 2023 dari https://surakartakota.bps.go.id/pressrelease/2022/11/01/230/perkembangan-pariwisata-dan-transportasi-udara-september-2022.html

Sumber www.jelajahsuwanto.com/2015/06/unccompanied-minor-anak-yang-berani_24.html uk penumpang UM

https://rahmadewischool1012.blogspot.com/2020/03/standar-prosedu penanganan-penumpang.html

Budi, Ardhi Setya. "Analisis Penanganan Penumpang Kebutuhan Khusus (Ibu Hamil, Lansia, Dan Unaccompained Minor) Pada Maskapai Citilink Bandara Internasional Adi Soemarmo." Jurnal Kewarganegaraan 6.2 (2022): 2482-2486.

amadan, Dicky Putra. ANALISIS PELAYANAN PENUMPANG PENGGUNA WHEELCHAIR PADA MASKAPAI CITILINK DI PT GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA HALIM PERDANA KUSUMA JAKARTA. Diss. SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA, 2020

DWI NUR RAHMAWATI, S. H. A. F. I. R. A. ANALISIS PENERAPAN PROSEDUR PELAYANAN PENUMPANG DENGAN PERHATIAN KHUSUS (SPECIAL PASSENGER) DI PT GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA. Diss. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD), 2021.

Downloads

Published

2023-07-20

How to Cite

Maria Theresia Kaban, & Suprapti. (2023). Analisis Penangan Petugas Check-In Terhadap Penumpang Khusus Dibandar Udara Adi Soemarmo Surakarta. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(4), 84–94. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i4.369

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.