Perbandingan Kepuasan Konsumen Terhadap 3 Minuman Kekinian di Medan (KOI,CHATIME,KOPKEN)

Authors

  • David David STIE Eka Prasetaya
  • Hartono Hartono STIE Eka Prasetaya
  • Caroline Caroline STIE Eka Prasetaya
  • Fernando Fernando STIE Eka Prasetaya
  • Helen Winata STIE Eka Prasetaya

DOI:

https://doi.org/10.47861/sammajiva.v2i1.887

Keywords:

Availability of basic food products, customer satisfaction, supermarkets, Maju Bersama

Abstract

Urban lifestyles have integrated modern drinks, and this phenomenon has had an impact on cities such as Medan in North Sumatra. The aim of this research is to compare the level of customer satisfaction with three types of contemporary drinks that are popular in Medan. This research uses quantitative research methods and uses samples randomly selected from customers who visit contemporary drink shops in various areas of Medan. The survey method is used as the main method. This research methodology is designed to collect quantitative data about consumer preferences, variables that influence satisfaction, and their perceptions of product quality, service, and price. Data analysis was carried out using appropriate statistical tools to compare the level of consumer satisfaction between the three types of modern drinks selected.

References

Nuryudayatun, S. (2013). Membangun Kepuasan Pelanggan dengan Melakukan Customer Understanding. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2).

Zakaria, D. G., & Suwitho, S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4).

Syah, A. (2021). Manajemen Pemasaran Kepuasan Pelanggan. Penerbit Widina.

Khairil, K. (2021). Penilaian Kepuasan Pelanggan Dengan Aplikasi Survei Pada Pdam Kota Bengkulu. Teknosia, 15(1), 16-21.

Wirawan, A. A., Sjahruddin, H., & Razak, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffee di Kabupaten Bone.

Mulyana, M., & Maulana, M. (2013). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Implikasinya Terhadap Citra Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(2).

Nanincova, N. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan noach cafe and bistro. Agora, 7(2).

Silvia, F. (2018). Pelayanan prima dan kepuasan pelanggan di kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN) Makassar II (Doctoral dissertation, FIS).

Wijaya, R. A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Di Kafe One Eighteenth, Siwalankerto–Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 11.

Laksono, A. (2015). Pengertian kepuasan pelanggan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya menurut para ahli. Diakses pada tanggal, 16.

MANURUNG, L., & SYARIFAH, T. (2021). PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN, CITRA TOKO DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA UD. TERANG JAYA KISARAN. Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES), 2(2), 26-36.

Wahyuni, S. (2022). Makalah Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Mutu Dan Nilai.

Sugita, R., & Agustin, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(11).

Wicaksono, Y., & Santoso, S. B. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi pelanggan di PT. Indo Samudera Perkasa Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Umam, R. K., & Hariastuti, N. P. (2018, September). Analisa Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Dan Importance Performance Analysis (IPA). In Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan (pp. 339-344).

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

David David, Hartono Hartono, Caroline Caroline, Fernando Fernando, & Helen Winata. (2024). Perbandingan Kepuasan Konsumen Terhadap 3 Minuman Kekinian di Medan (KOI,CHATIME,KOPKEN). Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 318–328. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v2i1.887

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.