Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Buddhis (Penelitian Tindakan di SMB Dhamma Sasana Wonogiri)

Authors

  • Sujiono Sujiono Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya

DOI:

https://doi.org/10.47861/dv.v3i1.10

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, menulis puisi Buddhis.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah   meningkatkan keaktifan siswa saat pembelajaran menulis puisi Buddhis dan meningkatkan kemampuan menulis puisi Buddhis dengan penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tempat penelitian di SMB Dhamma Sasana, Wonogiri. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini yaitu: (1)   dapat meningkatkan keaktifan siswa saat pembelajaran menulis puisi Buddhis. Hal ini ditandai saat pembelajaran siswa aktif membangun pengetahuan sendiri, aktif mengajukan pertanyaan, aktif menyimak model puisi Buddhis, aktif kerjasama kelompok, aktif menemukan ide, aktif menulis puisi Buddhis, dan aktif saat refleksi. (2) mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi Buddhis. Saat prasiklus siswa yang mencapai nilai KKM 12 siswa (48%) dengan nilai rata-rata 66. Siklus I siswa yang telah mencapai nilai KKM adalah 17 siswa (65,38%), nilai rata-rata adalah 71. Siklus II siswa yang telah mencapai nilai KKM sebanyak 20 siswa (76,92%), dengan nilai rata-rata 77.

References

Pengelolaan referensi artikel menggunakan Mendeley, dengan Style APA 6th edition

Alek dan H. Achmad. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana E. Kosasih. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

H.B. Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi 2. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis Sebagai suatu Kemampuan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Herman J. Waluyo. 2010. Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press.

Herman J. Waluyo, Nugraheni Eko Wardani, Sri Sunanik, dan Achmad Yudhi. 2012. Perkembangan Puisi Indonesia Modern

Periode 1960-2010. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta. Hendry Guntur Tarigan. 1984. Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, dan Sekar Ayu Aryani. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2013. Setrategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan PT Remaja Rosdakarya.

Jhonson, B. Elaine. 2012. Contextual Teaching and Learning: what it is and why it’s here to stay. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasikan dan bermakna (Alih bahasa Ibnu Setiawan). Bandung: Penerbit Kaifa.

Krisnanda Wijaya Mukti,. 2003. Wacana Buddha-Dharma. Jakarta: Yayasan Dharma Pembangunan dan Sangha Agung Indonesia.

Kundharu Saddhono dan St. Y. Slamet. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi), Cetakan I, CV. Bandung: Karya Putra Darwati.

Lexy, J., Moleong. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Oemar Malik. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Rachmad Djoko Pradopo. 2014. Pengakajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sabarti Akhadiah, Maidar G. Asrjad, dan Sakura H. Ridwan. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sarwiji Suwandi. 2011a. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Slamet. St. Y., 2009. Dasar-dasar Kemampuan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press).

Satriani, Intan., Emi Emilia, dan Muhammad Handi Gunawan. 2012. Contextual Teaching And Learning Approach To

Teaching Writing. Applied Linguistics. Vol. 2 No. 1, July 2012, pp. 10-22.

Yatim Riyanto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Guru Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2019-07-22

How to Cite

Sujiono Sujiono. (2019). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Buddhis (Penelitian Tindakan di SMB Dhamma Sasana Wonogiri). Dhammavicaya : Jurnal Pengkajian Dhamma, 3(1), 28–42. https://doi.org/10.47861/dv.v3i1.10

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.