Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Tingkat Penguasaan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun di TK Efrata Medan T.A 2024/2025

Authors

  • Kristin Agustina Simatupang Universitas Negeri Medan
  • Dorlince Simatupang Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.47861/khirani.v2i4.1388

Keywords:

Pop up Book Media, Children's Vocabulary Mastery Level, Efrata Kindergarten

Abstract

The problem in this study is the level of vocabulary mastery of children is lacking in terms of pronouncing animal names, plants, and recognizing colors. 1) It was found that 6-8 children out of a total of 16 children in class A Kindergarten had difficulty speaking or communicating because children had difficulty developing vocabulary or composing words into sentences that were easy for others to understand, especially teachers. 2) It was found that around 6-8 children could only pronounce 100-300 words in a day. 3) It was found that around 7-8 children had insufficient vocabulary such as vocabulary for names of objects, colors, animals, plants and also recognizing numbers. This study aims to determine the influence of Pop up Book media on the level of vocabulary mastery of children aged 4-5 years in Efrata Kindergarten. The population of this study was all children aged 4-5 years in Class A Efrata Kindergarten totaling 15 children. " Thus it can be concluded that Ha is accepted so that it can be stated that "There is a significant influence of Pop Up Book media on the level of vocabulary mastery of children aged 4-5 years in Efrata Kindergarten.

 

 

References

Anggraini, Reny Hanim. 2019. “implementasi Klasifikasi Media Dalam Pembelajaran” Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 1 (1): 221.

Dadjowijoyo, S. 2019 Psikolingistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Pustaka Obor Manusia, Jakarta.

Dewanti. Dkk. 2020. Penggunaan Media Pop up Book Untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Negeri Gusdur. Vol. 1. No 1.

Dewi. 2014. Berbagai Masalah Pengembangan Bahasa. Jakarta: Depdiknas RI

Dhieni, Nurbiana. 2019. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Djiwandono. 2019. Tes Bahasa. Jakarta: Indeks

Dzuanda. 2011. Design Pop-up Child Book Puppet Figures Series? Gatotkca? Jurnal Library ITS Undergraduate.

Fitri. Kerlimah. 2021. Pengembangan Media Pop up Book Untuk Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Peningkatan Kosakata Kelas B, Jurnal Pedidikan Anak Usia Dini Universitas Kreisten Satya Wacana Salatiga. Vol. 5. No. 2.

Fitriyani Eka. 2020. Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4- 5 Tahun. Fonema, 4(2), 102 – 115.

Handayani. S. & Lukita. Y. 2021. Analisis Kemampuan Kosakata Anak Usia Empat hingga enam tahun di TK Pelangi Medan. Volume 1, Nomor 1, International Journal of Applied and Advanced Multidisciplinary Research (IJAAMR).

Hanifa, T. U, 2020. Pengaruh Media Pop up Book Terhadap Perkembangan Kosakata Anak Usia Dini. Online Jurnal Sistem. Universitas Negeri Malang.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Indihadi, D., Yusuf, H., & Karla, M. 2022. Bagaimana Penggunaan Kosakata Anak Dalam Metode Karyawisata di TK Kartika IX-10 Cangkuriel, Jurnal Kewarganegaraan. 6(2), 3549-3552.

Komachi & Khodareza. 2021. Karakteristik Perkembangan Anak Usia 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15-28.

Kurniawan. A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Loliyana.2022. pnggunaan Media Pop up Book Terhadap Keterampilan Membaca Dan Menulis Anak Dikelas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. Universitas Lampung. Vol. 9. No.1.

Marbun. S & Masnaria. N. 2023. Pengaruh Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Kosakata Anak Kelompok B TK Pelangi Medan. Jurnal Ilmu Pendidikan . Vol.1 No.2.

Marisyah. 20222. Penggunaan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kosakata Pada Siswa Kelompok A TK Desa Sewulan Kecamatan Dagangan Kabupaten Madium Demester 1 Tahun 2018/2019. Jurnal Profesi dan Keahlian Guru. Volume III. No. 2.

Ningtiyas. Setyosari.Praherdiono. 2019. Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Mata Pelajaran IPA pada Siklus Air dan Peristiwa Alam Sebagai Penganut Kognitif Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan. Universitas Negeri Malang.

Nofia Amdriyani, Destrinelli, Uswatul Hasni. 2022. Pengaruh Media Pop UP Book Terhadap Kemapuan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Jurnal PAUD UNJA. Universitas Jambi. Vol.1. No.2.

Pramesti. 2021. Pengembangan Media Pop Up Book Tema Peristiwa Untuk kelas III SD. Jurnal Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar. Edisi 16 Tahun ke IV.

Safira. Dkk. 2024. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Safri. M.S. A. Marlna. M.2021. Pengembangan Media Pembelajaran Pop up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Universitas Syuah Kuala.

Simaremare. A & Irma A. S. 2023. Pengembangan media pop up book berbasis lingkungan untuk meningkatkan keterampilan membaca dini pada anak usia 5-6 tahun di TK Kesuma Jaya Medan. Jurnal Penelitian Lanjutan Indonesia (IJAR). Jilid 2 No.1

Siregar. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sylvi. I. N. Hariani. N. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Keterampilan Menulis Pada Anak Kelompok B TK Azhara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Bina Bangsa Getsempena.

Tarigan, Henry Guntur. 2019. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Tatik Ariyanti. 2020. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Chilid Development. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Volume 8, No. 1.

Yus. A & Cuancy. P. 2023. Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan Kosakata pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jilid 7, Edisi 2.

Yus. A. M. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Kristin Agustina Simatupang, & Dorlince Simatupang. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Tingkat Penguasaan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun di TK Efrata Medan T.A 2024/2025. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(4), 287–294. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i4.1388

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.