Pengaruh Permainan Margala Terhadap Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Glory HKI Siualoumpu

Authors

  • Ruth Santa Hetria Simanjuntak Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Rotua Samosir Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Adiani Hulu Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.47861/khirani.v1i3.500

Keywords:

Margala Game, Improving Gross Motor Skills for Children Aged 5-6 Years

Abstract

Based on the results of initial observations conducted by researchers at PAUD Glory HKI Siualuompu regarding margala games, the PAUD does not use margala games but still uses lego media, swing games, slides, catwalks, puzzles. The author sees that there are still shortcomings in the development of margala games in that children's gross motor development has not developed optimally. The aim of this research is to determine the effect of margala games on improving gross motor skills in children aged 5-6 years at PAUD Glory HKI Siualoumpu. The method used in this research is a descriptive quantitative research method. The population was all children aged 5-6 years at PAUD Glory HKI Siualuompu, totaling 45 people and a sample of 23 people was determined using a non-probability sampling technique, namely purposive sampling. Data was collected using a positive closed questionnaire of 20 items. The results of data analysis show that there is a positive and significant influence of the margala game on improving the gross motor skills of children aged 5-6 years at PAUD Glory HKI Siualoumpu: 1) Test the analysis requirements: a) positive relationship test obtained by the value rxy = 0.598 > rtable( = 0.05, n = 23) = 0.413, thus it is known that there is a positive relationship between variable 2=21)= 2.080, thus there is a significant relationship between variable 9.66"+0.71X. Thus Ha is accepted and H0 is rejected.

 

 

References

Ahmad Rudiyanto. 2018. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.(Metro Lampung: Laduny).

Ahmad Rudiyanto. 2016. Perkembangan Motorik Kasar Dan Motorik Halus Anak Usia Dini. (Labuhan Ratu:Darusalam Press).

Airi Humairah,”Meuen Galah. 2017. Permainan Tradisional Aceh Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kesehatan dan Kecerdasan Anak Usia Dini” Jurnal.ar-raniry.ac.id.

Derry Iswidharmanjaya & Beranda Agency. 2014. Bila Si Kecil Bermain Gadget, (Yogyakarta: Bisakimia).

Euis Kurniati, M.Pd. 2016. Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan sosial anak.

Eri Kaswati, Chandra Asri Windarsih. 2022. Judul: “Penerapan Permainan Tradisional Gobak Sodor Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Kelompok B”.

Fitri Febri Handayani, Erni Munastiwi. 2022. ”Implementasi Permainan Tradisional Di Era Digital Dan Intregasinya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini”. Jurnal.uir.ac.id. Vol. 5, No.2.

Hasil Wawancara dengan Meilinda Sihite.2023. Selaku Pendidik di PAUD Glory HKI Siualompu..

Hasruddin Nur, Muhammad Ferdhy Asdana. 2020. ”Pergeseran Permainan Tradisional di Kota Makasar” Phinisi Integration Review, Vol. 3, No. 1, ( Februari 2020 ):Hlm 20.

Iis Nurhayati. 2012. “Peran Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi di PAUD Geger Sunten, Desa Suntenjaya)”.

Keen Achroni. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional, (33)

Lis Nurhayati. 2012. Peran Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini, Jurnal Empowerment.

Mhd.Isman Dkk. 2022. Kearifan Lokal Dalam Permainan Rakyat Masyarakat Batak Toba Margala Yang Berguna Untuk Pembentukan Karakter Peserta Didik Berbasis Budaya Lokal.

Murtafi’atun. 2018. Kumpulan Permainan Tradisional Nusantara.

M. Fadillah, Bermain dan Permainan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana, 2017), 6.

Mulyani. Super asyik permainan tradisional anak Indonesia.

Moniqa Siagawati dkk. Menungkap Nilai-nilai Yang Terkandung dalam Permainan Tradisional Gerobak Sodor.

Novi Mulyani,M.Pd.l. 2016. Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia.

Nur Wulan Machmud, dkk. 2018. Analisis Gerak Lokomotor Dalam Permainan Tradisional Dalam Sholatul Hayati, Tangkas Fisik-Motorik dengan Permainan Tradisional (Yogyakata:Pustaka Pelajar).

Redja Mudyahardjo. 2014. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar – dasar Pendidikan Pada 3&6.

Robingatin Hj, Zakiyah ulfah. 2020. Pengmbangan Bahasa Anak Usia Dini. AR-RUZZ Media.

Rini Hildayani,dkk. 2017. Psikologi perkembangan anak.

Suyadi.M.Pd.I. 2017. Teori pembelajaran anak usia dini dalam kajian neurosains.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung Alfabeta).

Sholatul Hayati. 2018. Tangkas Fisik-Motorik dengan permainan Tradisional (Yogyakarta:Pustaka Pelajar).

Tuti Andriani. 2012. Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini, Jurnal Sosial Budaya.

UU Pendidikan No.20 tahun 2003

Uswatun Hasanah. 2016. ―Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini.

Venyiswantiningtyas, Intan prastihastariwijaya. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan”, Jurnal Vinus.

Downloads

Published

2023-09-11

How to Cite

Ruth Santa Hetria Simanjuntak, Rotua Samosir, & Adiani Hulu. (2023). Pengaruh Permainan Margala Terhadap Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Glory HKI Siualoumpu. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3), 111–122. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i3.500

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.