Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Audio Visual pada Anak Usia 5-6 Tahun di Ra An-Nida
DOI:
https://doi.org/10.47861/khirani.v2i3.1188Keywords:
Initial Reading Ability, Audio Visual Media, Early readingAbstract
The purpose of this study is to determine (1) whether the audio-visual materials in RA AN-NIDA can help children aged 5-6 years with early reading. (2) the capacity of children aged 5 to 6 years to develop their reading skills after using audiovisual media. (3) The use of audiovisual materials in the first reading material with the topic of introducing fruits with alphabetic letters in RA-ANNIDA can improve early reading skills of children aged 5-6 years. This study uses the Classroom Action research design. 17 children in RA AN-NIDA aged 5-6 years were study participants. Considering the findings of the study, which according to the pre-test results, only two children showed growth. With a classical proportion of 11%, the average score achieved was 1.70, indicating that the other 15 children were not yet developed. (2) Only ten children made progress in the first cycle, while seven additional children, with an average score of 2.64 and a classical proportion of 58%, had not. Then, with an average score of 3 and a classical development percentage of 100%, there were 17 children who had developed in the second cycle, compared to 0 who had not developed. According to the information above, audiovisual media can help children who are five or six years old with their initial reading ability
References
Abdul Hamid, Munawir Yusuf . Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Secara Inklusif, Surakarta: FKIP Universitas 11 Maret.2009
Abdul Salim, Munawir Yusuf. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Secara Inklusif. (Surakarta: FKIP Universitas 11 Maret. 2009) h. 32
Ahmad Nur. Penerapan Media Audio-visual Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Di TK Kartika II-26 Bandar Lampung. 2018. diakses dari http:// repository.radenintan.ac.id, pada tanggal 15 Maret 2017 pukul 01.50
Andrew Fernando Pakpahan, dkk, Pengembangan Media Pembelajaran (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020, 81.
Arikunto, Suharsimi.(2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, (Jakarta : Ciputat Press, 2002), h. 96. Azhar Arsyad, (2000), Media,,,,h. 20
Aris Priyanto, “Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain”, dalam Jurnal Ilmiah Guru “COPE” Pengawas SMA Dinas Pendidikan Yogyakarta, No. 02 November, 2014, h. 42.
Arsip Suryadi, Menggagas Penelitian Tindakan Kelas,(Jakarta : Remaja Rosdakarya, 2018), h. 13.Cipta, 2013), h. 136.Daryanto, Media Pembelajaran, (Yogyakarta : Gava Media, 2010), h. 52.Farida Rahim, Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar, (Bumi Aksara,. Jakarta.
Azhar Arsyad, Media pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo, 2000),,h. 12
Galuh Yuliasih. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Audio-visual Anak Usia 5-6 Tahun Di TK PKK Bener Kecamatan Tegalrejo. (2017) diakses dari http:// eprints.Uny.ac.id/51953/1/Galuh%20Yuliasih%20C_12111244023.
Jhoni Dimyati, Metodologi Penelitian Pendidikan danAplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), (Jakarta: Kencana, 2013), h. 93.
Khadijah, Permasalahan Anak Usia Dini,(Medan: Perdana Publishing, 2017), h.
Komang Ayu Sugiartini, ”Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Kolase Berbantuan Media Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak”, dalam e-Journal PG-PAUD UniversitaS Pendidikan Ganesha, Vol. 2 No. 1, 2014, h. 2.
Miftahudin, “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Membaca Alquran di TPA Mushola AL Hidayah Desa Gayu Sakti Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah,” Repository STAIN Jurai Siwo Metro ,2016, 14,
Muhammad Ramli, Media dan Teknologi Pembelajaran (Banjarmasin: Antasari Press, 2012), 85.
Mulyono. Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2000.h. 15
Mulyono.Abdurrahman. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.2000
Oemar Hamalik, Psikologi Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensido, 2002).H.
Peraturan Mentari Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Peraturan Mentri Pendidikan Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia
Permendiknas NO 58 Tahun 2009, Tentang standar pendidikan anak usia dini. Nurbiana, Dhieni dkk. (2008). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Elangga.
Rita, Wati, Penerapan metode pembelajaran membaca permulaan, Jakarta: Dunia Ilmu (1996:43).
Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer : Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Bandung : Alfabeta), h. 220.
Salim dkk,penelitian tindakan kelas (teori dan aplikasi bagi mahasiswa guru mata pelajaran umum dan pendidikan agama islam di sekolah),(Medan : Perdana Publishing, 2017), h. 24-26.
Salim,Dkk, Penulisan Tindakan Kelas,( Medan : Perdana Publishing, 2017), h. 19. Suharsimi Arikunto, dkk, Penelitian Tindakan Kelas,(Jakarta : Bumi Aksara,200
Soegeng Santoso, Dasar-dasar Pendidikan TK, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2011) h.
Soegeng Santoso, Dasar-dasar Pendidikan TK..., h. 1.5.
Sugiono.Metode Penulisan Kuantitatif,kualitatif dan R&D,(Bandung: Alfabeta, 2011),h. 231,49.
Sukardi, Metode Penulisan Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi Dan Pengembangannya, (Jakarta : Bumi Aksara), h. 41.
Suyadi . Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta :Pedagogia. 2010.
Suyadi, Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia, (Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani, 2010), h. 194.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengejar, (Jakarta : Rineka
Titik Asroriyah. Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok B Di TK ABA Kalikotak Sendangsari Minggir Sleman. 2014. diakses dari http:// eprints. Uny.ac.id pada tanggal 15 Maret 2018 pukul 16.50
Undang undang sistem pendidikan nasional,2005. SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 Yogyakarta: Darma Bakti