Model Pengembangan Strategi Manajemen Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di SDN 9 Baru-Baru Tanga

Authors

  • Salmah Salmah STAI DDI Pangkep
  • Wahyuni Wahyuni STAI DDI Pangkep
  • Ashabul Kahfi STAI DDI Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i1.116

Keywords:

Development, Quality, Management, Education.

Abstract

This study aims to determine the results of developing strategic management in improving the quality of education at SDN 9 Baru-Baru Tanga, which is broken down into several sub-problems: How to develop management strategies to improve the quality of education at SDN 9 Baru-Baru Tanga and How are the results of developing management strategies in improving quality of education at SDN 9 Baru-Baru Tanga?

The research method uses qualitative methods, through pedagogic, historical, phenomenological and psychological approaches. Data collection was used through observation, interviews and documentation studies which were carried out entirely by the researcher as the main instrument for obtaining answers and field observations, by bringing cellphones and interview guides as complementary instruments. The data obtained was then carried out by a data reduction process and then the data was presented and tested using data triangulation techniques namely source, method, technique and time triangulation. Furthermore, conclusions are drawn based on the results of the research conducted.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Ginting, Ivo Avulia Br. “Strategi manajemen Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 5 Medan”, Skripsi. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2018.

Gomes, Faustino Cordoso. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset, 2003.

Huda, Anam Miftakhul, dan Diana Elvianita Martanti. Pengantar Manajemen Strategi. Denpasar: Jayapangus Press, 2018.

Hunger, J. David dan Thomas L. Wheelen. Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi, 2003.

Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Fajar Mulya, 2012.

Kumalasari, Diah. “Upaya Meningkatkan Mutu Sekolah Melalui Manajemen Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan di SMK Al-Hikmah Dusun Gubukrubuh Getas Playen Gunungkidul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013.

Maulida, Yulia Nurul. “Strategi manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTS Negeri 1 Grobongan”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2001.

Mulyasana, Dedi. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Musa Hubeis dan Mukhamad Najib. Strategi manajemen dalam Pengembangan Daya Saing Organisasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014.

Mutohar, Prim Masrokan. Manajemen Mutu Sekolah: Startegi Peningkatan Mutu dan Daya Saingh Lembaga Pendidika Islam, h. 34.

Nawawi, Hadari. Strategi manajemen Organisasi NonProfit Bidang Pemerintahan dengan Ilustrasi di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2005.

Nazarudin. Manajemen Strategi. Palembang: Noer Fikri Offset, 2019.

Sagala, Syaiful. Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2008.

Sagala, Syaiful. Strategi manajemen dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2007.

Sallis, Edward. Total Quality Management in Education. Jogjakarta: Ircisod, 2012.

Sarwajeni, V. Wiranta. Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2014.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sedarmayanti. Manajemen Strategi. Bandung: PT Refika Aditama, 2014.

Shulhan, Muwahid dan Soim. Manajemen Pendidikan Islam: Srategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu pendidikan Islam. Yogyakarta: Sukses Ofiar, 2013.

Sugiarta, Awandi Nopyan. “Pengembangan Model Pengelolaan Program Pembelajaran Kolaboratif Untuk Kemandirian Anak Jalanan Di Rumah Singgah”. Disertasi Doktor. Bandung: Program Pasca Sarjana UPI, 2007.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.

Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sukamdinata, Nana Syaodih, Dkk. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah; Konsep, Prinsip, dan Instrument. Bandung: PT Refika Aditama, 2006.

Wahyudi, Agustinus Sri. Manajemen Strategi: Pengantar Proses Berfikir Strategi. Jogjakarta: Binarupa Aksara, 1996.

Iskandar, Jamaluddin. “Penerapan Strategi manajemen Dalam Peningkatan Mutu Madrasah, Jurnal Idaarah.” Vol. I no. 2 (Desember 2017). https://core.ac.uk/download/pdf/327687603.pdf (Diakses pada tanggal 28 Januari 2021).

Kurniawati, Etik dan Madina Sragen. “Strategi manajemen Lembaga Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,” Jurnal At-Taqaddum, vol. 9 no. 1 (Juli 2017), h.126. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/attaqaddum/article/view/1784 (Diakses pada tanggal 01 Februari 2021).

Nellitawati. “Kontribusi Pembinaan Moral Kerja Guru Sekolah Dasar”. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. 24 No. 2, (September 2013). http://repository.unp.ac.id/433/1/ (Diakses pada tanggal 28 Januari, 2021).

Ngamilah. “Model-Model Pengambangan.” Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 12 No.2 (Desember 2018). https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/59363/mod_resource/content/2/Model- model pengembangan ok.pdf (Diakses pada tanggal 3 Februari 2021).

Suti, Marus. “Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonomi Pendidikan.” Jurnal Medtek, vol. 3 no. 2 (Oktober 2011). https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/35942976/ (Diakses pada tanggal 28 Januari 2021).

Tardian, Agus. “Strategi manajemen Mutu Sekolah: Studi Kasus di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto.” Jurnal Pendidikan, vol. 7 no. 2 (November 2012). https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.2989 (Diakses pada tanggal 28 Januari 2021).

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Salmah Salmah, Wahyuni Wahyuni, & Ashabul Kahfi. (2023). Model Pengembangan Strategi Manajemen Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di SDN 9 Baru-Baru Tanga. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 26–38. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i1.116

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.