Pengaruh Desain Produk, Harga Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Mie Samyang Masyarakat Bidar Alam Solok Selatan

Authors

  • Pram Agusta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP”
  • Maria Magdalena Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “KBP”

DOI:

https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i2.190

Keywords:

Product Design, Price, Halal Labeling and Purchase Decision.

Abstract

This study aims to examine the effect of product design on purchasing decisions for samyang noodles in the Bidar Alam Solok Selatan community. to test the effect of price on purchasing decisions for samyang noodles, the people of Bidar Alam Solok Selatan. And to test the effect of halal labeling on purchasing decisions for samyang noodles, the people of Bidar Alam Solok Selatan. This type of research is quantitative, where this research uses numerical data and the research process emphasizes objective measurement of results using statistical analysis. The population in this study are people who buy samyang noodles. The sampling technique used is purposive sampling. The number of samples is 70 people obtained by using the hair formula. The types of data used in this study are quantitative and qualitative data. The data sources are primary and secondary data sources. The data analysis technique uses multiple linear regression with the help of the SPSS version 21.00 program. The hypothesis was tested using the t test at α = 0.05. The results of this study indicate that product design, price and halal labeling have a positive and significant effect on purchasing decisions for samyang noodles for the people of Bidar Alam Solok Selatan.

References

Adinugraha, H. H., Isthika, W., & Sartika, M. (2017). Persepsi Label Halal Bagi Remaja Sebagai Indikator Dalam Keputusan Pembelian Produk: As a Qualitative Research. Perisai : Islamic Banking and Finance Journal, 1(3), 180–195. https://doi.org/10.21070/perisai.v1i3.1365

Agustin, S., Hidayat, C. W., & Rusno. (2020). Pengaruh Lokasi , Harga dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Wardah di Toko Aster Malang Candra Wahyu Hidayat. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 1–6.

Ardista, R., & Wulandari, A. (2020). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 1–13.

Bulan, T. P. L. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(1), 431–439.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Skripsi,, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Qiara Media.

Handayani, J., Deriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya pada Kepuasan Konsumen. Journal of Business and Banking, 10(1), 91–103. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.2261

Hanum, A. (2020). Pengaruh Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Bahagia Medan. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 3(2), 17–21. https://doi.org/10.33395/juripol.v3i2.10775

Hayet. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Kasus di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia). Islamiceconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 21–38.

Irfan, A. M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas yang diberikan Kenari Waterpark Bontang terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 82–97.

Ismaulina, & Maisyarah. (2020). Pengaruh labelisasi-halal, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian mie instant indomie. Service Industries Journal, 12(1), 267–273.

Janah, M. . (2018). Pengaruh Kesadaran Halal dan Sertifikasi Halal terhadap Minat Beli Produk Mi Samyang (Studi pada Masyarakat Muslim di Kecamatan Kebumen). Jurnal Manajemen, 4(5), 1–12.

Jayanti, R. D. (2015). Pengaruh Harga dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus pada Harapan Maulina Hijab Jombang). EKSIS, 10(1), 13–27.

Kasanti, N., Wijaya, A., & Suandry. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Safety Merek Proguard pada PT AIM Safety Indonesia. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 04(1), 43–51.

Larasati, A., Hamdani, I., & Lisnawati, S. (2019). Pengaruh Label Halal Terhadap Produk Kecantikan. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 1(1), 48. https://doi.org/10.31000/almaal.v1i1.1815

Lestari, M., Wicaksono, I. A., & Utami, D. P. (2016). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek , Promosi Penjualan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Getuk Marem Di Kota Magelang. Surya Agritama, 5(1), 13–21.

Magdalena, P. A., Suharyono, & Mukhammad. (2015). Pengaruh Brand Ambassador terhadap International Brand Image serta Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada pengguna smartphone Samsung). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 23(1), 1–7.

Montjai, O., Tewal, B., & Lengkong, V. P. . (2014). Motivasi, Sikap, dan Minat Beli Konsumen Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha PT. Hasjrat Abadi Sentral Yamaha Manado. Jurnal EMBA, 2(4), 35–45.

Nasution, H. F. (2018). Pengaruh Kemudahan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Secara Online (Studi Kasus Mahasiswa Belanja Online Pada FEBI IAIN Padangsidimpuan). At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 4(1), 26–39. https://doi.org/10.24952/tijaroh.v4i1.1082

Niar, C. (2019). Pengaruh Desain Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mezora. Jrunal Manajemen Dan Bisnis, 3(3), 1689–1699.

Nugraha, R., Mawardi, M. kholid, & Bafadhal, A. S. (2017). ( Survei Pada Mahasiswa Muslim Konsumen Mie Samyang Berlogo Halal Korean Muslim Federation Di Kota Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(5), 113–120.

Pantilu, D., Koleangan, R. A. ., & Roring, F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warunk Bendito Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA, 6(4), 3723–3732.

Pradani, E. Y., & Iriani, S. (2018). Pengaruh Religiusitas dan Country Of Origin terhadap Keputusan Pembelian Mie Samyang (Studi pada Konsumen Mie Samyang di Surabaya Pusat). Jurnal Manajemen-Fakultas Ekonomi, 2(3), 138–152.

Sholihaat, D. I., & Oktini, D. R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Merek Samyang di Kota Bandung (Survey Konsumen Mie Instan Merek Samyang di Kota Bandung). Prosiding Manajemen, 5(1), 2460–6545.

Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli dan Testimoni terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Situs Jual Beli Online Shop Shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur Periode Februari-April 2018). Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 8(1), 21–34.

Suari, M. T. Y., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada Ud. Hartani Jaya. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 26–33. https://doi.org/10.47335/ema.v5i1.45

Tegowati, T. (2019). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Accounting and Management Journal, 3(1), 23–36. https://doi.org/10.33086/amj.v3i1.1188

Downloads

Published

2023-05-26

How to Cite

Pram Agusta, & Maria Magdalena. (2023). Pengaruh Desain Produk, Harga Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Mie Samyang Masyarakat Bidar Alam Solok Selatan. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 105–129. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i2.190

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.