Pengaruh Relationship terhadap Gaya Kepemimpinan dalam Sebuah Perusahaan PT DISTRIBUSI SUKSES MANDIRI
DOI:
https://doi.org/10.47861/tuturan.v3i1.1395Keywords:
Interpersonal Relationships, Leadership Style, Company, Influence, Organizational Performance.Abstract
This research aims to analyze the influence of interpersonal relationships (relationships) on leadership style in a company at PT DISTRIBUSI SUKSES MANDIRI. An effective leadership style is considered crucial in creating a productive and harmonious work environment, while good relationships between individuals within a company can influence the quality of leadership. This research uses a quantitative approach by interviewing the operational director at the company. Data was collected through interviews that measured interpersonal relationships, leadership style, and team performance. The results of the analysis show that good relationships between employees and superiors significantly influence the leadership style applied, with more inclusive and participative leadership appearing in companies with stronger interpersonal relationships. These findings indicate the importance of effective relationship management in improving leadership quality and organizational performance. This research provides practical implications for companies to strengthen interpersonal relationships in the workplace as a strategy for building more adaptive and collaborative leadership.
References
Anzhari, I., Sumampouw, H., & Kaparang, S. (2016). Pengaruh perilaku pemimpin terhadap kinerja karyawan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 4(1).
Dirham, D. (2019). Gaya kepemimpinan yang efektif. Dinamis: Journal of Islamic Management and Business, 2(1).
Gunawan, L., Alifia, F., & Adji, W. H. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. XYZ Bandung. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 132–135.
Hartono, F. W., & Rotinsulu, J. J. (2015). Pengaruh gaya kepemimpinan, komunikasi dan pembagian kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Prima Inti Citra Rasa Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(2).
Hutasoit, M. Y., & Rosmita, R. (2023). Pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa pengiriman barang pada CV Cipta Karya Sarana. SYNERGY: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(2), 45–51.
Italiani, F. A. (2013). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kinerja pegawai Departemen SDM PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 6(1), 11–18.
Kamal, F., & Abdillah, E. Z. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 12(2), 103–122.
Laksana, A., & Fajarwati. (2021). Strategi komunikasi organisasi serikat pekerja nasional PT. Parkland World Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan. The role of the SPN trade union leader in resolving a conflict between workers and the leader of PT. Parkland World Indonesia, 1.
Lumbanraja, P. (2009). Pengaruh karakteristik individu, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi (Studi pada pemerintah daerah di propinsi Sumatera Utara). Jurnal Aplikasi Manajemen, 7(2), 450–468.
Luthfi, R. I. (2014). Pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan (Studi pada PT Elsiscom Prima Karya, Kantor Perwakilan Surabaya) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Muizu, W. O. Z., Kaltum, U., & Sule, E. T. (2019). Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Perwira-Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 2(1), 70–78.
Rahmawati, M., Zaenudin, P. A., & Emilisa, N. (2022). Pengaruh gaya kepemimpinan relationship focused CEO leadership dan inclusive leadership dengan symmetrical internal communication terhadap scouting karyawan milenial di wilayah perkantoran Jakarta. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 227–238.
Riyadi, S. (2011). Pengaruh kompensasi finansial, gaya kepemimpinan, dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada perusahaan manufaktur di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1), 40–45.
Rizky, A. F., Rosyidi, S., & Sari, D. A. (2023). Pengaruh relationship marketing, kualitas pelayanan, dan penetapan harga terhadap tingkat kepuasan konsumen (Studi kasus pada tingkat kepuasan konsumen jasa pelayanan Grab Bike di Rembang Kota). Jurnal Mirai Management, 8(2), 498–511.
Saputra, W., & Wibowo, I. (2017). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai melalui disiplin dan motivasi kerja pegawai PPSU Kelurahan Duren Sawit Jakarta Timur. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 5(2), 1–19.
Sartika, D. (2014). Pengaruh kepuasan kerja dan gaya kepemimpinan transformasional terhadap keinginan keluar karyawan dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediasi (Studi kasus di CV. Putra Tama Jaya). Management Analysis Journal, 3(2).
Talumantak, A. (2016). Analisis pengaruh human relationship dan beban kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1).
Trenggono, W., Nanang, A., & Chandyka, U. B. (2018). Analisis pengaruh gaya kepemimpinan, disiplin kerja dan pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Telkom Indonesia Cabang Batam. Jurnal Industri Kreatif (JIK), 2(1), 97–104.
Widodo, H. S. (2020). Pengaruh perilaku pemimpin, karakteristik pribadi, lingkungan kerja dan pengharapan terhadap kepuasan kerja karyawan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang Sumatera Selatan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 6(3), 458–466.
Winarto, W., & Purba, J. H. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap organizational citizenship behavior dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening: Studi kasus pada karyawan rumah sakit swasta di Kota Medan. Jurnal Ilmiah METHONOMI, 4(2), 111–123.
Yuniarti, E., & Satya, F. M. (2008). Pengaruh komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dan kinerja manajerial (Studi empiris pada kantor cabang perbankan di Propinsi Lampung). Jurnal Ilmiah ESAI, 2(1), 40–56.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.