Influence of interest and motivation to learn about student learning outcomes at STAB Dharma Widya in Tangerang City
DOI:
https://doi.org/10.47861/dv.v5i1.42Keywords:
Minat, Motivasi, Hasil belajarAbstract
Hasil belajar mahasiswa merupakan unsur yang sangat penting dalam pencapaian tujuan Pendidikan. Survei pendahaluan menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa di STAB Dharma Widya saat ini tidak sesuai dengan yang diharapkan dengan kenyataaan, oleh karena itu hasil belajar mahasiswa menarik untuk diteliti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar mahasiswa itu dapat ditingkatkan dengan cara meneliti pengaruh antara hasil belajar mahasiswa dengan variabel lain yaitu minat dan motivasi belajar secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini dilakukan dengan secara kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Sekolah Tinggi Agama Budha Dharma Widya sejumlah 89 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui kuisioner, dan dianalisis dengan statistik regresi- korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara minat dengan hasil belajar mahasiswa dengan
koefisien korelasi ry1=0,901, terdapat hubungan positif antara motivasi dengan hasil belajar mahasiswa dengan koefisien korelasi ry2=0,988, terdapat pengaruh yang positif minat dan motivasi secara bersama-sama dengan hasil belajar mahasiswa, dengan koefisien korelasi ry12=0,991.
Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa dapat ditingkatkan melalui peningkatan minat dan motivasi belajar
baik secara sendiri - sendiri maupun secara bersama-sama.
References
Anggutara Nikaya, The Book of The Gradual Saying. Diterjemahkan oleh F.L.Woodward dan E.M.
Hare, London: PTS, 1972-1978.
Ahmadi, Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
A.M. Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007. A.M. Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Anni, Catharina Tri, Psikologi Pendidikan, Semarang: UNNES Pres Amir, 2002.
Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Ari Riswanto, Sri Aryani, Learning motivation and student achievement: description analysis and relationships both. COUNS-EDU The International Journal of Counseling and Education, 2015. Vol.2, No.1, March 2017, pp. 42-47
Benjamin Bloom, Evaluation, instruction and policy making. Illinois: University of Chicago, 1975. Bimo, Walgito, Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi, 2010.
Clifford T. Morgan, Richard A. King, Introduction to Psychology, New Delhi: McGraw Hill Education,
Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: PT. Refika Aditama, 2009. Dalyono, Psikologi Sosial, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Dewi Suhartini, Minat Siswa Terhadap Topik-Topik terhadap Mata Pelajaran Sejarah. Jakarta: Depdiknas, 2001.
Digha Nikaya, Dialogues of The Buddha. Diterjemahkan oleh T. W. & C. A. F. Rhys Davids. London:
PTS, 1977.
Djaali, Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.
Djamarah, Bahri dan Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006. Djamarah, Syaiful Bahri, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002. Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Enco Mulyasa, Menjadi guru professional menciptakan Pembelajaran kreatif dan menyenangkan.
Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005.
H. Nashar, Psikologi Belajar, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2004. Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Hamzah B. Uno, Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006. Henry Gleitman, Psychology: Instructor’s Manual, New York: Publisher, 1986.
Ian Graham, Sharon Straus and Jacqueline Tetroe, Knowledge translation in Health care, New
York: KT Topic, 2013.
Keke T. Aritonang, Psikologi Sosial, Jakarta: Sinar Grafika, 2008.
Khodijah, Nyayu, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Majjhima Nikaya, The Middle Length Sayings. Diterjemahkan oleh I. B. Horner, London: PTS, 1975-1977.
Michael Byram, Adelheid Hu, Routledge encyclopedia of language teaching and Learning, Britain: Routledge, 2013.
Muhammad Surya, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani, 2007. Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2003.
Oemar Hamalik, Psikologo belajar dan mengajar, Solo: TB. Rahma Solo 2008.
P. J. KPOLOVIE, Andy Igho JOE, Tracy OKOTO. (2014). Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE).Volume 1, Issue 11, November 2014, PP 73-100
Putri Athirah Azis, Hubungan Minat, Motivasi Belajar dan Sikap dengan Hasil Belajar Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 13 Makasar, 2016. Journal of EST, Volume 2, Nomor 3 Desember 2016 hal 144-
R.M. Ryan, J.Kuhl, E.L. Deci, Nature and autonomy: Organizational view of Social and neurobiological aspects of self-regulation in behavior and Development, Developtment and Psychopathology, 2000.
Renninger, A., Hidi, S., & Krapp, A., The role of interest in learning and
Development, Psychology Press, 2014.
Shu Ling Wong and Su Luan Wong. (2017). Relationship between interest and mathematics performance in a technologyenhanced learning context in Malaysia, 2017. Journal International Research and Practice in Technology Enhanced Learning (2019) 14:21, https://doi.org/10.1186/s41039-019-0114-3
Suardi, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Deep publish, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009. Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2014.
Sukendar, Bambang Endroyo, Sudarman. Interest Students to be Productive Teachers Reviewed from Learning Achievement of Building Practices, Learning Achievement of Learning Practices and Learning Motivation, 2018. Journal of Vocational Career Education. JVCE 3 (1) (2018) : 10 –
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jvce
Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakatra: Rineka Cipta, 2010. Tseng, H., & Walsh, E. J., Blended vs. Traditional course delivery: Comparing Students’
motivation, learning outcomes, and preferences.,Alabama: Self Hall, 2016.
Vinaya Pitaka, The Book of The Discipline. Diterjemahkan oleh I. B. Horner. London: PTS, 1966-1975. Wentzel K, Ramani G, Handbook of social influences in school context: social-Emotional,
motivation, and cognitive outcomes, New York: Taylor and Francis Ltd, 2016.
Winkel, WS. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia, 1997.
Yu-Je Lee, Chia-Hui Chao & Ching-Yaw Chen, (2011). The influences of interest in learning and learning hours on learning outcomes of vocational college students in Taiwan: using a teacher’s instructional attitude as the moderator. Global Journal of Engineering Education Volume 13.