Pelatihan Membaca Dengan Menggunakan Media Papan Pintar Di Desa Pangkalan

Authors

  • Husniah Husniah STKIP Syekh Manshur
  • Dede Nurannisa STKIP Syekh Manshur
  • Dede Imtihanudin STKIP Syekh Manshur
  • Ratna Dewi STKIP Syekh Manshur
  • Adel Farid Hasyim STKIP Syekh Manshur

DOI:

https://doi.org/10.47861/jdan.v1i2.470

Keywords:

Training, Reading, Media

Abstract

The purpose of this training is to introduce learning media to Pangkalan Village students. Creating fun reading learning media for children. We have skills in designing Smart Board learning media as reading learning media for elementary school children. The subject of this training is for grade 1 elementary school children in Pangkalan village. Implementation of training is an initial survey to record training participants, arrange permits to carry out training. The method used is direct practice. The direct practice method is used by the trainees so that students are able to read using the smart board media.

References

Kamaladini,K,Abd Gani,A,& Sari,N.(2021,September).Pengembangan Media Papan Edukasi Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,In Seminar Nasional Paedagoria (Vol.1,pp.93-100).

Nur Aula S, Sari Y, Nuhyal U. 2021. “Pengembangan Buku Membaca Pemulaan Berbasis Metode Global Sebagai Buku Pendamping Guru Kelas I Sekolah Dasar” Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Volume 2 (1).

CindyPutri M, Rahmad, Sulistyowati. (2023) “Pendampingan Kegiatan Membaca Siswa Kelas III SDN Pilang 1 Melalui Kegiatan Pengabdian Mahasiswa IAIN Palangka Raya” Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian. Volume 03 (1).

Widyadiningrum, M. (2020). Pengaruh Metode Global Berbantuan Media Kopi Laba (Kotak Pintar Membaca) Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Di Sd Negeri Sumberarum.

Suryaningsih, Suryaningsih, Ramdhan Witarsa, and Musnar Indra Daulay. (2023). “Pengaruh

Pendampingan Luring terhadap Keterampilan Membaca Awal Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar”.Journal of Education Research. Volume 04 (1).

Suryaningsih, S., Witarsa, R., & Daulay, M. I. (2023). Pengaruh Pendampingan Luring terhadap Keterampilan Membaca Awal Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Education Research. Volume 04 (1).

Darmayanti, N, Sudirman, N,& Janawati, A. (2022) “Pendampingan Siswa SD Negeri 1 Cempaga Yang Mengalami Kesulitan Membaca”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan”. Volume 06 (4).

Rakihmahwati, Rivda Y, Syahrul I. (2018) “Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini di Kecamatan V kota kampung dalam Kabupaten Padang Pariaman”. Jurnal Pendidikan”. Volume 02 (2).

Eva S, Rahmad, Sulistyowati. (2023). “ Pelatihan Membaca Al-Qur’an Melalaui Metode Tilawati Bagi Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal pengabdian kepada masyarakat”. Volume 07 (01)

Casban, Umi M, Aria punamasari D, Didi S. (2021) “Evaluasi Pelatihan Membaca Gambar Teknik

Lanjutan Untuk Tim Sales pada PT. Istw Jakarta”. Jurnal Ekonomi Sosial dan Budaya. Volume 04

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Husniah Husniah, Dede Nurannisa, Dede Imtihanudin, Ratna Dewi, & Adel Farid Hasyim. (2023). Pelatihan Membaca Dengan Menggunakan Media Papan Pintar Di Desa Pangkalan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(2), 38–43. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i2.470

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.