Penerapan Pendekatan Komunikatif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Pada Siswa Di SD Negeri 055983 Sei Mati Langkat

Authors

  • Siti Rahmawati STKIP Al Maksum Langkat
  • Dela Kurniati STKIP Al Maksum Langkat

DOI:

https://doi.org/10.47861/jdan.v2i1.824

Keywords:

communicative approach, Indonesian language, character education

Abstract

This research aims to improve student character education. This research is classroom action research (PTK) using a qualitative approach. The reason the researcher used the classroom action research method was to improve students' character through a communicative approach to language learning. This research was carried out at State Elementary School 055983 Sei Mati Langkat. The subjects in the research were 20 class IV students consisting of 13 female students and 7 male students. The research object is the communicative approach. Data collection techniques are observation and tests.

References

Ahmad D. Marimba, 2002, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif.

Anas Sugdijono, 2008, Statistik Pendidikan , Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daeng Nurjamal dan Warta Sumirat, 2010, penuntun Perkuliahan Bahasa Indonesia, Bandung : Alfabeta.

Dibia, dkk. 2005. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah Berorientasi Pada Kurikulum 2004, Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Negeri Singaraja.

E. Mulyasa, 2007, Standar Kompetensi Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

http:/ /jason walke rpanggabean .blogspot.com/ 2013 /09/makalah - pendekatankomunikatif.html, diakses tanggal 10 Maret 2015

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar, 2009, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta.

Nur Mustafa dkk, 2006, Berbicara, Pekan Baru: Cendikia Insani.

Riduwan, 2005, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Alpabeta.

Slameto, 2013, Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta.

Subana, Moersetyo dan Sudrajat, 2000, Statistik Pendidikan, Bandung: Pusta Setia.

Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Zakiah Daradjat, 2006, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Zuchdi, Darmayanti dan Budiasih. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah. Jakarta: Departement Pendidikan Dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Siti Rahmawati, & Dela Kurniati. (2024). Penerapan Pendekatan Komunikatif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Pada Siswa Di SD Negeri 055983 Sei Mati Langkat. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 279–288. https://doi.org/10.47861/jdan.v2i1.824

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.