Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Quizizz untuk Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi pada Mahasiswa Semester 1 UNIPMA
DOI:
https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v3i1.1485Keywords:
Quizizz App, Digital Platform, Web Tool, PTIAbstract
This socialization activity is packaged in the form of training and mentoring which aims to increase understanding in utilizing digital platforms and technology regarding the Quizzizz application as an alternative learning model for the Introduction to Information Technology (PTI) course for UNIPMA semester 1 students. Based on the results of observations, the author found problems faced by class 1E students who took PTI courses, namely the lack of enthusiasm and activeness of students in attending lectures in class. Therefore, the author is interested in carrying out learning outreach activities using the Quizizz application. Quizizz is a web tool for creating interactive quizzes that can be used in classroom learning and outside of class as homework, so that students can run them at any time. The method of implementing socialization is by means of presentations, lectures, discussions and training and mentoring. The objectives of this service include 1) Students will be more responsive, interesting and fun; 2) Providing innovation in learning evaluation models; 3) Students are able to understand PTI material more deeply; 4) Student learning outcomes increase. The final results showed that 90% of the 21 students stated that by using the Quizizz application as an interesting, fun and responsive digital platform because it is in the form of an interactive quiz game for online learning, it can provide deeper understanding and is easy to understand for students, especially those taking PTI courses.
References
Aditiyawarman, M. A., Sondang, M., Hanifah, L., & Kusumayati, L. D. (2022). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Untuk Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Penelitian, 7(1), 24–36. https://doi.org/10.46491/jp.v7i1.840
Bafadal, M. F., Rahmaniah, R., & Ilham, I. (2021). Pelatihan Pengajaran Menggunakan Quizizz Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Smp Pada Guru-Guru Smpn 2 Kediri, Lombok Barat Ntb. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 1030. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6768
Desi Nursyifa Ramdhani, Syifa Dilla Khansa, & Prihantini Prihantini. (2023). Penggunaan Media Quizizz Untuk Mengetahui Peningkatan Pemahaman Materi Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 17–22. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i1.548
Gresinta, E., & Risdiana, A. (2022). Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains Pelatihan Penggunaan Aplikasi Arloopa kepada Dewan Guru SMP Negeri 258 Jakarta. 1(2), 36–42.
Gumala, Y., Farhana, H., Yohamintin, Y., & Syaodih, E. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Untuk Mingkatkan Penguasaan Technological Pedagocical Content Knowledge (TPACK) Bagi Guru Sekolah Dasar. Journal of Dedicators Community, 7(3), 295–304. https://doi.org/10.34001/jdc.v7i3.4540
Hardiansyah, D. (2023). Penggunaan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Era Digital Guna Meningkatkan Nilai Kognitif pada Siswa MAN 3 Medan Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(2), 9–17. https://doi.org/10.59584/jundikma.v2i2.21
Imtihan, K., Taufan Asri Zaen, M., Fahmi, H., Ashari, M., & Fadli, S. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Untuk Penilaian Akhir Semester. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(4), 575–581. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i4.1136
Lestari, S. D., Aulia, A. Z., Sasmita, A. F. K., Septiani, D. I., Zaidah, N., Sopianti, S., & Ruswan, A. (2021). Sosialisasi Penggunaan Quizizz Sebagai Platform Alternatif Evaluasi Pembelajaran Daring Bagi Guru-guru SDN 1 Tegal Munjul Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(2), 118–125.
Mukharomah, N. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Penilaian Berbasis Daring Di Mi Al Muqorrobiyah. Waniambey: Journal of Islamic Education, 2(1), 12–22. https://doi.org/10.53837/waniambey.v2i1.52
Nizaruddin, N., Muhtarom, M., & Nugraha, A. E. P. (2021). Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 291–296. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.6417
Ramadhani, K. P., & Ardi, H. (2022). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran dan Asesmen Pada Materi Bahasa Inggris. Abdi Humaniora, 3(1), 2022. https://doi.org/10.24036/abdi-humaniora.v3i1.119559
Rofiq, A. A., Anjaina, A., Romdloni, R., & Ulwiyah, N. (2022). Media Quizizz Mampu Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 101. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.101-112.2022
Rusi Rusmiati Aliyyah, Siti Mulyanah, Torusma Sihombing, Rahma Kartika, S., Kurnia Syandi, Siti Jenab, Parda Silvia Pratama, Adinda Salma Aqilah, U. A., & Fahrudin, T. M. M. (2024). Assistance on the Use of Quizizz and Wordwall Based Learning Media Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis. 10, 172–176.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–172. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Saragi, C. A., Sianturi, J. F., Silalahi, A., & Br, N. (2024). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada SMA Swasta Santo Petrus Medan Assistance for Internship Students in Training on the Use of Quizizz Applications as Interactive Learning Media at SMA Santo Petrus Medan How to cite : Charmelita Aprilianti Saragi , dkk . , “ Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada SMA Swasta Santo Petrus Medan ”, Sinesia : Journal of Community Service , Vol . 1 No . 2 , November , 2024 , hlm . This work is licensed under CC BY-SA 4 . 0 Pendahuluan Kegiatan belajar mengajar di sekolah bertujuan mengubah cara berpikir , perasaan , dan sikap siswa . Proses ini membutuhkan keterlibatan aktif siswa dan komunikasi yang baik antara guru dan siswa . Guru harus merancang pembelajaran yang efektif dan memahami berbagai gaya belajar siswa . Kegiatan belajar mengajar yang efektif membutuhkan perpaduan antara metode pembelajaran yang tepat , media pembelajaran yang menarik , dan keterlibatan aktif siswa . Guru berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memotivasi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran . Media pembelajaran adalah alat bantu yang dirancang untuk membuat proses belajar lebih efektif . Media yang baik dapat menyajikan informasi dengan jelas , meningkatkan motivasi belajar siswa , dan pada akhirnya meningkatkan hasil belajar . Oleh karena itu perlu adanya kreatif guru agar pembelajaran dilakukan tidak membosankan . Dalam era digital yang semakin maju , tuntutan akan inovasi dalam dunia pendidikan semakin mendesak . Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah melahirkan berbagai platform pembelajaran digital yang menawarkan potensi besar untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas proses belajar-mengajar . Salah satu tantangan utama dalam pendidikan saat ini adalah bagaimana memanfaatkan teknologi secara optimal untuk merangsang minat belajar siswa dan mencapai hasil belajar yang maksimal . Penelitian yang dilakukan oleh Irvan dan kolega ( 2019 ) menyoroti pentingnya pemanfaatan platform pembelajaran digital yang kreatif , efektif , dan efisien . Mereka berpendapat bahwa dengan mengadopsi berbagai platform digital , kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan interaktif , sehingga mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa . Salah satu jenis media pembelajaran yang terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar adalah permainan . Menurut Irvan dan kolega ( 2019 ), permainan …. 1(2), 78–87.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). 534675-None-70Cd4978. 4(April), 195–199.
Sattar, M. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran di Tengah Pandemi pada Siswa Madrasah Aliyah As’adiyah Dapoko Kab Bantaeng Sulawesi Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(2), 6. http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/116
Studi, P., Pancasila, P., Pgri, U., & Buana, A. (2022). SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Irnawati *, I Wayan Arsana , A Qomaru Zaman , Melania Tesa Iana Maya Anugraheni , Jihan Aulia Salma. II(2), 404–411.
Supriadi, N.-, Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 42. https://doi.org/10.36279/apsmi.v5i1.101
Ulhusna, M., Dewimarni, S., Rismaini, L., & YPTK Padang, U. (2021). Sosialisasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital pada Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 2797–345. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Pekomas156http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Pekomas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sekreningsih Nita, Kelik Sussolaikah, Jonathan Alfa G.J, Firza Muhammad Ilham
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.