Prokrastinasi Dalam Pembelajaran Dan Perkembangan Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i1.112Keywords:
peserta didik, prokrastinasi, self regulated learningAbstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tentang prokrastinasi dalam pembelajaran dan perkembangan peserta didik. Hal tersebut dikarenakan masih banyak bahwa siswa yang cenderung menunda waktu dan lebih mementingkan kegiatan yang tidak berkenaan dengan tugas sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yaitu penelitian kepustakaan) yakni melakukan telaah terhadap sumber-sumber kepustakaan berupa literatur, buku, jurnal catatan atau sejenisnya yang berhubungan dengan prokrastinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelesaian prokrastinasi dalam masalah pembelajaran dan perkembangan peserta didik dengan self regulated learning.
References
Hanifah, F., & Rusmawati, D. (2019). Pengaruh Pelatihan Self-Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP Negeri 33 Semarang. Jurnal Empati, 8(2), 124–130. https://doi.org/10.14710/empati.2019.24411
Kartikasari, W. A., Marjohan, M., & Hariko, R. (2022). Hubungan Self Regulated Learning dan Dukungan Orangtua terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). 7(3), 388–394.
htttps://doi.org/10.29210/30031579000
Laia, B., dkk. (2022). Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 162-168.
https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1654
M, Zed. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Permana, B. (2019). Gambaran Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Darul Falah Cililin. Fokus, 2(3), 87–94. http://dx.doi.org/10.22460/fokus.v2i3.4498
Pradana, T. A. (2021). Jenis-Jenis Penyebab Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Ma Minat Kelas XI IPS Kabupaten Cilacap. Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 2(2), 78–82. https://doi.org/10.52802/crm.v2i2.239
Pujiastuti, R., Sari, M. T., & Imawati, D. (1945). Pengaruh Regulasi Diri terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Xii di SMA Negeri 11 Samarinda. Jurnal Motivasi, 10(1), 1–10.
Ramadhani, E., Sadiyah, H., Putri, R. D., & Andana, R. (2020). Analisis Prokrastinasi Akademik Siswa di Sekolah. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 45–51.
Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikolog, 3(2), 153–170. https://doi.org/10.15575/psy.V3i2.1107