Pola Industri Sekarang Dan Pola Industri Lama

Authors

  • Anis Mahmudatul Janah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ryan Mustaqim Kusumah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muhammad Yasin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i3.236

Keywords:

Pola Industri saat ini, Pola Industri Lama, Pola Industri

Abstract

Pola era industri saat ini dan era industri lama mewakili fase-fase yang berbeda dalam evolusi lanskap bisnis. Pola industri lama, yang ditandai dengan stabilitas dan kemajuan bertahap, mengandalkan manufaktur skala besar, pengambilan keputusan terpusat, dan kemajuan teknologi yang terbatas. Namun, pola industri saat ini, yang didorong oleh kemajuan teknologi yang cepat dan dinamika pasar yang berubah, telah menyaksikan pergeseran yang signifikan. Abstrak ini mengeksplorasi pola yang kontras antara kedua era tersebut, dengan menekankan faktor-faktor transformatif yang telah membentuk kembali lanskap industri saat ini. Pola industri lama mengandalkan produksi massal, produk terstandardisasi, dan struktur organisasi yang hirarkis. Persaingan pasar didominasi oleh beberapa pemain yang sudah mapan, dan inovasi terjadi pada kecepatan yang lebih lambat. Stabilitas dan prediktabilitas merupakan ciri khas era ini, karena perubahan industri berlangsung dalam waktu yang lama.

Sebaliknya, pola industri saat ini didorong oleh kemajuan teknologi seperti otomatisasi, kecerdasan buatan, dan analisis data. Hal ini telah mengarah pada digitalisasi proses, pengalaman yang dipersonalisasi, dan pendekatan yang berpusat pada pelanggan. Industri saat ini menekankan ketangkasan, kemampuan beradaptasi, dan daya tanggap terhadap tren pasar yang berubah dengan cepat dan permintaan konsumen.

References

Erik Brynjolfsson, A. M. (2014). The Second Machine Age.

Paul Hirst, B. H. (1975). Pre-Capitalist Modes of Production.

Purwita, P. E. (2015). Industri Perdesaan Industri Tempe, 16.

Downloads

Published

2023-06-08

How to Cite

Anis Mahmudatul Janah, Ryan Mustaqim Kusumah, & Muhammad Yasin. (2023). Pola Industri Sekarang Dan Pola Industri Lama. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(3), 152–156. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i3.236