Meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian dan pembagian dengan menggunakan metode resitasi siswa kelas ll SDN tanjung Vl

Authors

  • ilmiyah ilmiyah Universitas Trunojoyo Madura
  • Agung Setyawan Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i3.248

Keywords:

Hasil belajar, metode resitasi, perkalian dan pembagian

Abstract

        Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang akan menjadi tujuan untuk mengetahui penerapan metode resitasi pada pembelajaran matematika siswa,dan peningkatan materi perkalian dan pembagian. Untuk melihat peningkatan nilai hasil belajar siswa di kelas II SDN tanjung VI dengan metode resitasi.Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa.penelitiannya yaitu siswa kelas II SDN tanjung VI yang berjumlah 15 orang siswa.

References

Ahmadong (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II Pada Materi Perkalian dan Pembagian dengan Menggunakan Metode Resitasi. SDN 59 Pengkasalu.

Azizah (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II Pada Materi Perkalian dan Pembagian dengan Menggunakan Metode Resitasi. SDN 353 Jembatan Karung.

Denna (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair and Share dalam Pembelajaran IPS. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Dimyati dan Mudjiono (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

E. Mulyasa (2005). Menjadi Guru Profesional, menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya).

Gangel (2008). Teaching Through Role Playing. Jakarta: E-Bina Anak. Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hamdani (2011). Srategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia

Hudoyo (1988). Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaanya di Depan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional

Ira (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II Pada Materi Perkalian dan Pembagian dengan Menggunakan Metode Resitasi. SDN 22 Belopa.

Izzaty, Rita Eka, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Jown W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga

Karo (1975). Suatu Pengantar ke Dalam Metodologi Pengajaran. Salatiga: CV. Saudara

Majid, A. (2010). Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya, cetakan pertama).

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Miftahul (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhammad Azhar (1993). Proses Belajar Mengajar Pola CBSA (Surabaya: Usaha Nasional.

Downloads

Published

2023-06-10

How to Cite

ilmiyah ilmiyah, & Agung Setyawan. (2023). Meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian dan pembagian dengan menggunakan metode resitasi siswa kelas ll SDN tanjung Vl. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(3), 213–227. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i3.248

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.