Hubungan Kecanduan Bermain Gadget Dan Perilaku Anti Sosial Dengan Motivasi Belajar (Studi Kasus di SMP Eka Wijaya, Ciriung, Cibinong, Kabupaten Bogor)

Authors

  • Susijati Susijati Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda
  • Sutrisno Sutrisno Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda
  • R Surya Widya Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda

DOI:

https://doi.org/10.47861/dv.v5i1.43

Keywords:

Kecanduan Gadget, Perilaku Antisosial, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan mengamati  motivasi belajar dan variabel lain: hubungan kecanduan bermain gadget dengan perilaku antisosial secara individu atau kolektif. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII - IX SMP Eka Wijaya sebanyak 122 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dan dianalisis dengan statistik regresi-korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara kecanduan gadget dengan motivasi belajar dengan koefisien ry1 = -0,179. Terdapat hubungan negatif antara perilaku antisosial dengan motivasi belajar dengan koefisien ry2

=- 0,427. Terdapat hubungan yang lemah antara kecanduan gadget dan perilaku antisosial secara bersama -sama terhadap motivasi belajar siswa dengan koefisien ry12 = 0,439 kemudian R Square 0,192 dengan nilai Adjusted R Square : 0,179 (17,9%) persamaan regresinya adalah = 62,898 – 0,179X1 – 0,427X2 + e.Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui kecanduan bermain gadget secara positif dan juga untuk mengurangi perilaku antisosial dengan bermain gadget bersama dengan orang lain.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Buku on line “ Pergaulan Buddhis” S.Tri Saputra Medhacitta.

Cholid Narbuko, Ahmadi. 2010. Metodologi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara.

Demetrovies.Z, Szeredi,B, & Razsa.S .2008 . The Three-factor model of internet addiction: The Development of the problematic internet use questionnaire. Behavior Research Methods.

Faisal, Sanapiah. 2007. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grafindo. https://id.wikipedia.org/wiki/variabel, Diakses Tanggal 5Agustus 2019

Iqbal,F .2003. Prosocial Behavior in Different Situations among men and women. Jurnal of Humanities and Social

Science.

Priastana,Jo. 2005. Komunikasi dan Dharmaduta, Yosodhara Puteri

Sadam S, Gadget mempengaruhi perilaku sosial,

Sangha Theravada Indonesia .2005.Paritta suci, Pancasila, edisi II, pembaruan

Sangha Theravada Indonesia. 2005. Pustaka Dhammapada Pali-Indonesia Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D

Sukmadinata, Nana. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sumiati,dkk .2009. Kesehatan jiwa remaja dan konseling.Jakarta: Trans Info Media

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian, Suryabrata , Sumadi. 2011. Metodologi Penelitian

Syafi’I, Asrof . 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: ELKAF.

Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras, 2009

Winarsunu, Tulus. 2008. Statistik Dalam Penelitian Psikologi Penelitian. Malang : UMM Press

Y.M. Bhikkhu Bodhi, 2015. Anguttara Nikaya, DhammaCitta Press, Jakarta

Y.M. Bhikkhu Aggabalo,2007. Dhammapada Atthakatha, Perpustakaan Narada

Downloads

Published

2021-07-22

How to Cite

Susijati Susijati, Sutrisno Sutrisno, & R Surya Widya. (2021). Hubungan Kecanduan Bermain Gadget Dan Perilaku Anti Sosial Dengan Motivasi Belajar (Studi Kasus di SMP Eka Wijaya, Ciriung, Cibinong, Kabupaten Bogor). Dhammavicaya : Jurnal Pengkajian Dhamma, 5(1), 46–51. https://doi.org/10.47861/dv.v5i1.43

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.