HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT (KECERDASAN MENGHADAPI RINTANGAN ATAU KESULITAN) DENGAN PENINGKATAN MOTIVASI INTRINSIK ORANG TUA DALAM PENDIRIAN PAUD YANG BERCIRIKAN BUDDHIS (STUDI KASUS DI DUKUH GUWO DESA BLINGOH, KEC. DONOROJO, KAB. JEPARA)

Authors

  • Jo Priastana Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda Jakarta
  • Jeny Harianto Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda Jakarta
  • Sutrisno Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47861/dv.v2i2.9

Keywords:

Adversity Quotient dan Motivasi Intrinsik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui hubungan antara adversity quotient  (kecerdasan menghadapi rintangan atau kesulitan) dengan peningkatan motivasi intrinsik orang tua dalam pendirian PAUD yang bercirikan Buddhis. Penelitian ini dilakukan di Vihara Giri Santi Loka, Dukuh Guwo, Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo, Jepara. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-random sampling yang disebut dengan convenience sampling. Dari populasi sebanyak 30 orang, diambil sampel sebanyak 28 orang. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sebelum disebarkan, angket sudah divalidasi dengan menggunakan uji reliabilitas Cronbach’S Alpa, dan content  validity meminta pendapat  ahli. Berdasarkan perhitungan  formula  Alpha Cronbach dan dengan menggunakan program SPSS 15.0 for windows reliabilitas variabel X dan Y di atas 0,7 yang berarti reliabel. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan SPSS 15.0 for windows diperoleh hasil nilai r sebsar 0,702 yang berarti terdapat hubungan yang kuat antara adversity quoteint dengan peningkatan motivasi orang tua dalam pendirian PAUD yang bercirikan Buddhis. Berdasarkan hasil tersebut, variabel X berkontrinusi terhadap Y sebesar 49,28%. Untuk t hitung sebesar  5,02 dan t tabel untuk 30 respoden dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,056, maka t hitung lebih besar dari t tabel, yang artinya ada hubungan yang significan antara adversity quotient dengan peningkatan motivasi intrinsik orang tua dalam pendirian PAUD yang bercirikan Buddhis. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan masukan para pihak berupa langkah konkrit untuk mendirikan PAUD di Dukuh Guwo, Desa Blingoh, dan Kabupaten Jepara.

References

Creswell, John W. 2012. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jugde, Timothy, Robbins, Stephen. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Kountur, Ronny. 2004. Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. Jakarta: PPM Ormrod, Ellis . 2004. Psikologi Pendidikan , Jakarta : Erlangga

Sinambela, Lijan Poltak. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Desertasi. Bandung: Alfabeta.

-----------. 2015. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: : Alfabeta. Stoltz, Paul. 2004. Adversity Quotient. Jakarta: Grasindo.

Sutrisno. 2014. Hubungan Spritualisme Jawa dengan Pola Interaksi Asosiatif Antarmazhab Umat Buddha di Jawa (Studi Kasus di Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara-Jawa Tengah). Jakarta: STAB Nalanda. Wiyan, Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar PAUD. Jogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Jo Priastana, Jeny Harianto, & Sutrisno. (2022). HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT (KECERDASAN MENGHADAPI RINTANGAN ATAU KESULITAN) DENGAN PENINGKATAN MOTIVASI INTRINSIK ORANG TUA DALAM PENDIRIAN PAUD YANG BERCIRIKAN BUDDHIS (STUDI KASUS DI DUKUH GUWO DESA BLINGOH, KEC. DONOROJO, KAB. JEPARA). Dhammavicaya : Jurnal Pengkajian Dhamma, 2(2), 17–23. https://doi.org/10.47861/dv.v2i2.9

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.