Menganalisis Kemampuan Menggenggam pada Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Tengah

Authors

  • Indawati Pakaya Universitas Negeri Gorontalo
  • Nia Abdullah Universitas Negeri Gorontalo
  • Al Melia Putri Kuku Universitas Negeri Gorontalo
  • Sulastri Libunelo Universitas Negeri Gorontalo
  • Anissa Fahmi Manassai Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Yulan Umar Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.47861/khirani.v3i1.1570

Keywords:

gripping ability, early childhood, fine motor skills, stimulation, TK Negeri Pembina

Abstract

This study aims to analyze the gripping ability of early childhood children at TK Negeri Pembina in Kota Tengah District. The research method used is descriptive with both quantitative and qualitative approaches. The subjects of the study were 10 children aged 4-6 years selected through purposive sampling. Data were collected through direct observation, gripping ability tests, and interviews with teachers. The results show that the gripping ability of children at TK Negeri Pembina varies, with some children able to grip writing tools and small objects well, while others struggle. Factors influencing this ability include stimulation from teachers, interaction with peers, and the activities conducted at school. This study provides insights into the importance of appropriate stimulation and activity variation to enhance children’s fine motor skills

References

Arie Paramitha, M. V., & Supiati, V. (2020). Efektifitas permainan sirkuit dalam menstimulus kemampuan motorik halus anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 443–450. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2615

Astuti, R. W., Rahmadani, N. Dela, & Lestari, S. R. (2024). Analisis permainan edukatif dalam mendukung perkembangan kognitif anak usia dini. 4(2), 78–86.

Chintya, R., & Sit, M. (2024). Analisis teori Daniel Goleman dalam perkembangan kecerdasan emosi anak usia dini. Journal of Psyehologi and Child Development, 4(1), 159–168. https://doi.org/10.37680/absorbent

Dewi, I. D. A. L., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Instrumen asesmen untuk mengukur perkembangan fisik motorik kasar pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 416. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39857

Dzariyah, A., & Rocmah, L. I. (2024). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan membatik jumputan pada anak usia 4-5 tahun di TK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 23. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.707

Fathia, R. Al, Nugraha, A., & Ratri, D. (2024). Analisis permainan sensory play DIY (Do It Yourself) di rumah yang mempengaruhi perkembangan motorik halus anak. 6.

Hasbin, H., Taib, B., & Arfa, U. (2021). Analisis kegiatan meronce menggunakan tutup botol bekas terhadap keterampilan motorik halus anak usia dini 5-6 tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 77–89. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2168

Indriani, D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Analisis penggunaan media loose parts untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1180–1187. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5414

Khoirunnisa, M. F., & Vinayastri, A. (2021). Pengembangan instrumen kemampuan motorik halus. Jurnal Golden Age, 5(02), 356–365. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3780

Landaburu, J. (2016). Pengaruh kegiatan banana froods stamping dengan bahan alam terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini di TK Sorowako Nurhaliza. 3(2), 1–23.

Lestari, S. A., Gery, M. I., & Lyesmaya, D. (2024). Meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan seni melipat origami pada anak kelompok A TK Aisyiyah 3 Cipetir. Publikasi Ilmiah FIP UMJ, 1605–1612.

Nurfahira, I., Paida, A., & Rahmat, M. Y. (2023). Pengaruh penggunaan media pasir kinetik terhadap perkembangan motorik halus anak di TK Bustanul Athfal Aisyiyah Al Badar Cabang Salaka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 781–788.

Nurhidayat, N., Afiif, A., & Patiung, D. (2020). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan menggunting. Nanaeke: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(2), 101. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i2.16130

Permatasari, I. P., Diana, D., & Kanaria, K. (2024). Perkembangan kemampuan motorik halus sebagai langkah awal dalam mempersiapkan anak untuk menulis melalui keahlian dalam kolase pada usia dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(6), 2036–2042.

Rezieka, D. G., Munastiwi, E., Na’imah, N., Munar, A., Aulia, A., & Bastian, A. B. F. M. (2022). Memfungsikan jari jemari melalui kegiatan mozaik sebagai upaya peningkatan motorik halus anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4321–4334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2501

Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis penggunaan media loose part untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(02), 105–118. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562

Sary, Y. N. E., Ambarsari, N., & Suhartin, S. (2023). Pengaruh permainan Lego terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia 3-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6273–6280. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5350

Syauki, A. Y., Fatmawati, & Ameliawan, S. (2024). Analisis perkembangan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan melipat kertas pada anak. Tulip (Tulisan Ilmiah Pendidikan), 13(1), 11.

Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi model ATIK dalam meningkatkan motorik halus pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384–5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Indawati Pakaya, Nia Abdullah, Al Melia Putri Kuku, Sulastri Libunelo, Anissa Fahmi Manassai, & Sri Yulan Umar. (2025). Menganalisis Kemampuan Menggenggam pada Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Tengah. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 162–171. https://doi.org/10.47861/khirani.v3i1.1570

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.