Penggunaan Permainan Bowling dalam Pengenalan Angka Terhadap Anak Usia Dini di RA Tadika Adnani
DOI:
https://doi.org/10.47861/khirani.v3i1.1579Keywords:
use, increase, recognition of numbers to early childhoodAbstract
Samhani Siregar. Nim (19030058). This thesis is about the Use of Bowling Game in the introduction of numbers to early childhood at RA Tadika Adnani with research objectives 1. How to use bowling games to improve number recognition for early childhood in RA Adnani Kindergarten research is included in qualitative descriptive research, data collection is carried out using observation methods, documentation. Data analysis is carried out after the data is collected using triagulation techniques (comparing, checking, checking the validity of the data) with the results of observation and documentation. The results of the analysis of the use of educational game tools using bowling games in the recognition of numbers for early childhood at RA Adnani Kindergarten have begun to develop as expected, the evaluation carried out by teachers provides reports on children's behavior and development to parents. This is very helpful for children in developing early childhood number bowling games that have been applied by teachers so that children are able to recognize numbers well and correctly. The indicators developed in the bowling game are that children are able to recognize numbers, children are able to pronounce numbers 0-9 clearly, children are able to match number symbols.
References
Akhmad Mukhlis dan Furkanawati Handani Mbelo, 2019. Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini. UIN Maulana Malik Ibarahim Malang. Vol. 1 No. 1
Anita Yus, 2013. Bermain Sebagai kebutuhan Dan strategi Pengembangan diri anak. Jurnal Ilmiah Universitas Negeri Medan. Vol 8 No 2
Hikmah 2019. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui permainan Bowling Aritmatika di Kelompok B TK Almuttaqin Palu. Jurnal Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Palu. Vol. 1, No 1
Aprinawati Iis, 2017 Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini, jurnal pendidikan anak usia dini. Vol, 1. No 1,
Junaid, Ilham, 2016 Analisis Data Kualitatif dalam Penelitian Pariwisata. Jurnal Kepariwisataan. Politeknik Paristiwa Makassar. Vol. 10, No. 01, Februari
Santrock John W, 2011 Masa Perkembangan Manusia (Jakarta: Salemba Humanika, Hlm 227
Moleong Lexy J, 2015 Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya). Hlm.4
Faziddin Mohammad,2018. “Pemamfaatan permainan tepuk dalam mengembangkan aspek fisik motorik pada anak usia dini,” Angewandtechemieinternationaledition, 6(11), 951-952, No, 5
Mudjia Raharjo (2010). https://www.uin-malang.ac.id/r/101001/triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html (diakses 28 juni 2021)
Mugirahayu (2018). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Bowling di Taman Kanak-kanak Geomerlan Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Skripsi: Universitas Sriwijaya, Hlm. 1-3
Musfiroh tadkirotun, pengembangan kecerdasan majemuk tangeran : universitas terbuka (2012), h. 45.
Peraturan mentri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia nomor 137 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini. H. 26.
Pupung puspa Ardini, Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini (nganjuk: Adjie Media Nusantara, 2018) h. 7-9.
Rahmawati. Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Palembang. Skripsi: UIN Raden Intan Lampung. 2018, Hlm. 6-8
Rista Dwi permata, implementasi kemampuan berfikir simbolik melalui penggunaan media flannel Board pada anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal pendidikan. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban VOl 1 NO1,2020.
Rosa Imani Khan. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Kaleng. Jurnal Universum. IAIN Kediri, Vol. 1. No. 1, Januari 2016
Slamet Suyanto, pembelajaran untuk anak taman kanak-kanak, Depdiknas, 2005, h. 158.
Sofiyan Siregar. Statistik parametric untuk penelitian Kuantitatif (Jakarta: Bumi Aksara, 2017). Hlm.37
Sri Wahyuningsi, Skripsi: “mengembangkankemampuanmengenalangka1-10melaluimediastikangkapadaanaktumpakkepuhkecamatanbakungkabupatenbiltara tahunajaran 2014/2015” ( Kediri : fakultas keguruan dan ilmu pemdidikan, universitas PGRI Kediri, 2015), h. 5.
Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2016). Hlm. 231
Sukayati, media pendidikan, pengertian pengembangan dan pemamfaatan, ( Jakarta: Rajawali press, 2004), h10-11
Unika Prihatsanti. Menggunakan studi kasus sebagai metode ilmiah dalam psikologi. Jurnal Psikologi. Universitas Negeri Gajah Mada. Vol.26, No.2. 2018
Yuliani Nuriani Sugiono. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini ( Jakarta Barat: PT. Indeks. 2013). Hlm. 6
Yuliarti, meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini melalui permainan aular tangga di taman kanak-kanak sadar bakti sungai aur pasaman barat. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, Vol 3 No. 2 ( 2018), h. 103.