Metode Bercerita Bagi Perkembangan Berbicara Pada Anak Usia Dini Di TK Bina Putra Mandiri Cimahi

Authors

  • Aliya Dwi Rohali Fakultas Ekonomi Universitas Nasional Pasim
  • Sri Mulyeni Fakultas Ekonomi Universitas Nasional Pasim

DOI:

https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.535

Keywords:

Story telling, speaking ability, childhood

Abstract

Storie telling tell to children is an activity that is considered good for early childhood speech development. Speaking is a delivery of ideas through words to others. In addition, speaking can convey how the child feels. The purpose of this study was conducted to see the effect of the storytelling method for the development of speech in children at Bina Putra Mandiri Cimahi Kindergarten. The indicators used in this study are answering greetings, reciting prayers, naming animals, naming parents and telling simple things. This research was conducted in two cycles of meetings. The results showed that the storytelling method can improve children's speaking ability and can increase children's self-confidence.

References

Agisty Fitriani, Adjie, N., Dewi, F., & Risty Justicia, R. (2019). Studi Kasus Perkembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Bercerita. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 29–37. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.825

Agusta Ivanovich. (t.t.). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif.

Andi AK, & Dwi RP. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini 4-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini , 1(1), 1–10.

Atika AP. (2018). Studi Tentang Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Pertiwi Dwp Setda Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 1(2), 1–9.

Ayuningtyas Vera. (2013). METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM UPAYA MENUMBUHKEMBANGKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA DINI DI TK BHAYANGKARI 17 CIMAHI . Jurnal EMPOWERMENT, 2(2), 1–8.

Azizah Ulfatun. (2017). KETERLAMBATAN BICARA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI . Jurnal Pendidikan Islam , 6(2), 1–17.

Fadlan, A. (2019). EFEKTIVITAS METODE BERCERITA DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 28. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i1.47

Gebrina DR, & Ichsan. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak TK. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(2), 1–10.

Hadi, G. K. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 1 Banjarsari. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.5441

Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i1.4675

Kusjiwa, A. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini Di TK Babunnajah. Metakognisi : Jurnal Kajian Pendidikan, 3(2), 93–100. https://doi.org/10.57121/meta.v3i2.16

Muazzomi Nyimas. (2016). PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DI TK AL-FIQRI MUARO JAMBI. JURNAL PENDIDIKAN TEMATIK DIKDAS UNIVERSITAS JAMBI , 1, 1–5.

Mulyeni, S., Sutisna, J., Suminar, E., & Herlina, H. (2023). Pola Asuh Orang Tua Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus pada TK Tarbiyatul athfal Garut). Indonesian Journal of Social Science, 1(1), 49–63.

Priyanto Aris. (2014). PENGEMBANGAN KREATIVITAS PADA ANAK USIA DINI MELALUI AKTIVITAS BERMAIN. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 2(2), 1–77.

Putri AY, & Anggraini Gita. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7.

Rizki AE, Rachmawati Amalia, & Farida Salma. (2019). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERCERITA. 1(1), 1–14.

Sanjaya Arie. (2016). PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 1(1), 1–10.

Setiantono T. (2012). PENGGUNAAN METODE BERCERITA BAGI ANAK USIA DINI DI PAUD SMART LITTLE CILAME INDAHBANDUNG . Jurnal EMPOWERMENT, 1(2), 1–6.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). CV. Alfabeta.

Tambak, S. (1970). Metode Bercerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 1–26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614

Tesya Cahyani Kusuma, Riwayati Zein, & Nadila Sari. (2021). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Perkembangan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 110–117. https://doi.org/10.47766/seulanga.v2i2.158

Yulianda Asri. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN BERBICARA PADA ANAK BALITA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 1–8.

Downloads

Published

2023-10-21

How to Cite

Aliya Dwi Rohali, & Sri Mulyeni. (2023). Metode Bercerita Bagi Perkembangan Berbicara Pada Anak Usia Dini Di TK Bina Putra Mandiri Cimahi. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 24–33. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.535

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.