Manajemen Komunikasi Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak Usia Dini (AUD)

Authors

  • Marisa Aulia Gea Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta
  • Difly Praise Malelak Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.666

Keywords:

Parent communication management, Early childhood, Achievement

Abstract

Early childhood achievement can be said to have declined, this is due to the lack of communication management of parents towards children. Achievement is something that needs to be developed, especially in the age range of 0-6 years (early childhood). Based on research conducted by the author, the main way that parents can develop or improve children's achievement is through parental communication management. The application of communication management can be done without cornering the interlocutor.

 

References

ALSI RIZKA VALEZA. (2017). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI ANAK DI PERUM TANJUNG RAYA PERMAI KELURAHAN PEMATANG WANGI KECAMATAN TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG.

Anggraini, M. P. (2022). Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini (M. P. Oktaviani, Ed.). CV Kreator Cerdas Indonesia. http://repository.iainmadura.ac.id/492/

Arianti, A. (2019). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), Article 2.

Ayu Amardika. (2020). View of KOMUNIKASI PERSUASIF BANK SAMPAH UNS DALAM MENARIK MINAT NASABAH TABUNGAN EMAS. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/7809/4837

Dewi, R. V. K., Mustaring, D. I., & Sunarsi, D. (2021). METODE STIMULASI MULTIPLE INTELLEGENCES BAGI ANAK USIA DINI. Cipta Media Nusantara.

Dr Herman Sjahruddin, S. E., D. H. S., S. E., M.I.Kom, D. I. S., M.Si, H. M. F., S. E., M.I.Kom, S. N., M.M, S. N., S. E., Psikolog, D. U. A., S. Psi ,. M. M., M.E, D. I. H. A., MP, M.I.Kom, S. M., S. I. Kom, M.M, N. S., S. I. Kom, & M.Sc, D. H. M. A., Lc ,. M. M. (2023). MANAJEMEN KOMUNIKASI. Cendikia Mulia Mandiri.

Fitroh, S. F. (2014). DAMPAK FATHERLESS TERHADAP PRESTASI BELAJAR.

Kia, A. D., & Murniarti, E. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL DINAMIKA PENDIDIKAN, 13(3), Article 3.

Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan. Prenada Media.

Ns Dwi Yogo Budi Prabowo, Maria Yoanita Bina, S. Kep , Ns, Awaliyah M. Suwetty, S. Kep , Ns, A. M. S., S. Kep ,. Ns, S.Kep.,Ners.,M.Kep, B. H. R., M.Kes, D. A. B., S. Pd, S. Kp, M.Kep, R. N. A., S. Kep ,. Ns, M.Kep, F. P., S. Kep ,. Ns, Hamu.S.Kep.,Ns.M.Kep, A. H., M.Kep, N. H., S. Kep ,Ns, Kep, I., S. Kep Ns M., Sp.Kep.MB, N. W., M. Kep, M.Kep, Y. D. W. W., S. Kep ,. Ns, B, N. A. H. K., M. Kep ,. Sp Kep ,. M., S.Kep.,Ns.M.Kep, P. N., S.Kep.,M.K.M, N. F. Y. D., S.Kep.Ns.M.Kep, K. L., M.Kep, N. W. F., S. Kep, Ns.,M.Kep, K. N., S. Kep, M.Kep, N. F. Y. F., … M.Kep, N. D. S., S. Kep. (2022). KOMUNIKASI KEPERAWATAN (TEORI DAN PENERAPANNYA). Pt Kimhsafi Alung Cipta.

Riinawati. (2019). Pengantar teori manajemen komunikasi dan organisasi. Pustaka Baru Press.

Rusmiati, R. (2017). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI SISWA MA AL FATTAH SUMBERMULYO. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 21–36. https://doi.org/10.30599/utility.v1i1.60

Samsudin, U. (2022). JALINAN KOMUNIKASI KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH. AL Fikrah : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(2), Article 2.

Septiani, R. D. (2021). Pentingnya Komunikasi Keluarga dalam Pencegahan Kasus Kekerasan Seks pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.40031

Syahrullah, M. G. I. (2023). Manajemen Kemitraan Berbasis Tripusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MAN 2 Ponorogo [Diploma, IAIN PONOROGO]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/24282/

Tommy Suprapto. (2009). Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Media Pressindo.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Valeza, A. R. (2017). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI ANAK DI PERUM TANJUNG RAYA PERMAI KELURAHAN PEMATANG WANGI KECAMATAN TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/2331/

Varagur, K. (2019, December 17). Prestasi Pelajar Indonesia Terendah di Asia Tenggara. VOA Indonesia. https://www.voaindonesia.com/a/prestasi-pelajar-indonesia-terendah-di-asia-tenggara/5208793.html

Widi Utami, E. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. © 2020 Dipublikasikan Oleh Universitas Negeri Semarang.

Wulandari, A. M., & Astrella, N. B. (2020). Persepsi Anak terhadap Kedekatan Orang Tua dengan Kecerdasan Emosi Remaja. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.35891/jip.v7i1.1952

Yuli, K. S. P. (2022). Dinamika Emosi Anak Usia Dini: Kajian Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19 (Jilid 1). Penerbit NEM.

Zamzami, W. S. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 25–35.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Marisa Aulia Gea, & Difly Praise Malelak. (2023). Manajemen Komunikasi Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak Usia Dini (AUD). Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 217–230. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.666

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.