Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Perpustakaan Di MIS Muhammadiyah Sibatua Kabupaten Pangkep

Authors

  • M. Aris Akin STAI DDI Pangkep
  • Nurkhadijah Nurkhadijah STAI DDI Pangkep
  • Ashabul Kahfi STAI DDI Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i1.113

Keywords:

Library Management, Library Services, Quality of Education.

Abstract

Management is a process of achieving planned, organized and oversight goals of all organizational activities to improve the quality of education that houses the school, the library as an institution that manages key sources of information in the educational process which helps improve the quality of education. Libraries as learning resources require good and professional management. The purpose of this research is to find out how library management improves education management at SMP Negeri 1 Delima, and to find out how to improve the quality of education through library management at MIS Muhammadiyah Sibatua, Pangkep Regency. This study used a qualitative method with a descriptive approach, while the subjects in this study were school principals, teachers and school librarians. Data collection techniques in this study used observation, interviews and documentation. The results showed that library management in improving the quality of school education. library work program, the third is making a library development program which consists of developing human resources, institutional development, and developing library infrastructure, then the fourth stage is planning library evaluation activities.

References

Ansawir dan Usman. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press, 2012.

Arifin, Barnawi dan M. Manajamen Sarana Dan Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2012.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1987.

Atmodiwirio, Soebagio. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Penerbit ardadizya Jaya, 2002

Bafadal, Ibrahim. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Basuki, Sulistiyo. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1991.

Daryanto dan Mohammad Farid. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2010.

Hadis, Abdul dan Nurhayati B. Manajemen Mutu Pendidikan. Cet. II; Bandung: Alfabeta, 2012.

Hadiyanto. Mencari sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2004.

Hadiyanto. Mencari sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2004.

Hamalik, Oemar. Evaluasi Kurikulum. Bandung: Penerbit Remaja Rosda karya, 1990.

Jerry H. Makawimbang. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

Lasa HS. Manejemen perpustakaan sekolah. Yogyakarta: Pinus, 2007.

Lexy J. Meleong. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.

M. Hariwijaya. Metodologi dan Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta: Parama Ilmu, 2007.

M.Manulang. Dasar-Dasar Manajemen . Medan: Monara, 1977.

Machali, Ara Hidayat dan Imam. Pengelolaan Pendidikan Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Bandung: Pustaka Educa, 2010.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Mustafa. Layanan Perpustakaan Dalam Mendukung Mutu Pembelajaran. Yogyakarta UGM, 2003.

Nana Syaodih Sukmadinata. Dkk., Pengendalian Mutu Pembelajaran Sekolah menengah: Konsep, Prinsip, dan Instrumen. Bandung: Refika Aditama, 2006.

Nasution. Metode Naturalisme Kualitatif . Bandung: Tarsito, 2002.

Noerharyati. Pengelolaan Perpustakaan. Bandung: Alumni, 1986.

Nurhasan. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, Kurikulum untuk Abad 21; Ibdikator Cara pengukuran dan Faktor Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pendidikan. Jakarta: Penerbit Sindo,1994.

Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Cet XVIII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Rahayuningsih. Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

Rubin. Teaching Elementary Language Arts. Boston: Allyn And Bacon, 1995.

Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pembelajaran dan Pengembangan. Jakarta: Kencana, 2010.

Suhendar,Yaya. Cara Mengelola Perpustakaan Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2005.

Supriatin. Pengatar Ilmu Perpustakaan Bahan Ajaran Diklat Teknik Pengolaan Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2004.

Sutarno NS. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Sagung Seto, 2006.

Tunggal, Amin widjaja. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1998.

Artikel Pembelajaran. Konsep Dasar MPMBS, http//: www.dikdasmen.depdiknas.go.id.

Aziz, Amrullah. Penongkatan Mutu Pendidikan, http://ejournal. kopertais4.or.id/ tapalkuda/ index.php/pwahana/article/view/2688 pada 10 Januari 2021.

http://aktual-asiddau.blogspot.com/2019/5/Pendekatan-penelitian.htm, diakses pada tanggal 10 Januari 2021.

Poerwanto. http://www.uin-malang.ac.id/r/1010001/Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. Html, diakses pada tanggal 10 Januari 2021.

Rahman, Syaful. Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar, dari dari http://mamusumberjati.blogspot.com/2019/08/perpustakaan-sebagai-sumber-belajar.html. Diakses pada tanggal 10 Januari 2021.

Megawati. “Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Peserta didik-Siswi SMP Negeri 2 Pallangg a Kabupaten Gowa”, skripsi. Makassa: UIN Alaudin Makassar, 2016.

M. Saad Ibrahim. Metodologi Penelitian Hukum Islam, Buku, Disajikan Pada Mata Kuliah Metpen Hukum. Malang: Universitas Islam Negeri Malang, 2006.

Wahyudi. “Peranan perpustakaan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Bulukumba”, Skripsi. Makassar: UIN Alaudin Makassar, 2014.

Wigati. “Peranan Perpustakaan SMP Negeri 3 Purworejo dalam Menunjang Kualitas Pendidikan”skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2015.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

M. Aris Akin, Nurkhadijah Nurkhadijah, & Ashabul Kahfi. (2023). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Perpustakaan Di MIS Muhammadiyah Sibatua Kabupaten Pangkep. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 01–12. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i1.113

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.