Pengaruh Pemilihan Nama Merek, Pengalaman Merek, dan Ekuitas Merek terhadap Loyalitas Merek di Caffeshop Teraskita
DOI:
https://doi.org/10.47861/sammajiva.v2i4.1483Keywords:
The Influence of Brand Name Selection, Brand Experience, Brand Equity on Brand LoyaltyAbstract
This research is entitled "The Influence of Brand Name Selection, Brand Experience, and Brand Equity on Brand Loyalty at Teraskita Caffeshop". The purpose of this research is to identify the extent to which brand name choice, brand experience, and brand equity influence brand loyalty among consumers. In the competitive culinary industry, brands have an important role in attracting customer attention, especially among the younger generation who pay more attention to aesthetics and brand identity. The research method used included collecting primary data through questionnaires distributed to Teraskita Caffeshop consumers. Data analysis was carried out using linear regression to determine the relationship between these variables. It is hoped that the research results will provide insight into the effectiveness of the marketing strategy implemented and recommend steps that can be taken to increase brand loyalty. It is also hoped that this research can become a reference for further research in the field of brand management.
References
Alfin, NF, Mufreni. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk, Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen. 2(2) 20-45. https://doi.org/10.37058/jem.v2i2.313
Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Ambarwati, M., Sunarti., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1): 1-7.
Anas, A. (2019). Pengaruh Kenikmatan Makanan Dan Kualitas Pelayanan
Aprileny, I., & Andriani, R. (2018). Pengaruh Harga, Diferensiasi Produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Giant Ekstra Ujung Menteng Bekasi. Jurnal STEI Ekonomi, 27(01), 38 - 56. https://doi.org/10.36406/jemi.v27i01.152
Bakri, A. N., & Saputra I. (2019). Apakah Citra Merek Dan Pelayanan Memiliki Pengaruh Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Kafe Rabbids Kota Palopo?. Dinamis-Journal of Islamic Management and Bussiness, 2(1): 23-29.
Basthan, I. Tarigan, & Joyce, S. L. H. V. Lapian, & Jeffry, L. A. Tampenawas. (2022). Pengaruh Diferensiasi Produk, Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe ‰ Saroha Di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Bisnis, Manajemen, 10(1) 2-30. https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38149
Deisy, M., Lapian, J., & Mandagie, Y. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai-Gerai Seluler di IT Center Manado. Jurnal Emba, 6(4): 2288-2297.
Dicky, Fahriansyah, Rasyid, & Idris, Yanto, Niode, & Ramlan, Amir, I. (2022). Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Usaha Kuliner Sore Drink di Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(1) 295-304. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
Disbudpar Kota Semarang. (2020). Semarang Fantastik Dengan Segala Keunikannya. Diakses Pada Tanggal 23 September 2020, dari https://infowisata.semarangkota.go.id/.
Dita, K. (2018). Pengaruh Cita Rasa, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Fauzi, R. (2018). Pengaruh Atmosphere Cafe, Kualitas Produk Dan Harga
Friani, Gloria, I. & Jhonny, RE. & Henny teroreh. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up (Studi pada PT. Astra Internasional TBK Daihatsu Cabang Malalayang). Jurnal Administrasi Bisnis, 6(002) 1-20. https://doi.org/10.35797/jab.v6.i002.%25p
Hendy, Tannady, & Jefriyanto, Jefriyanto, & Syafrida, Damanik, & Widyatmoko, & Choerul, Umam, & Rr. Iswahyuningsih, Dewi, Ratih K, & Rasmawati, AR. (2022). Peran Kemasan Produk dan Harga dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Produk Teh Dalam Kemasan di Provinsi Jakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3) 245-250. https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.3808
Imam, Ghozali, (2006). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, (2013). Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip Gary Armstrong. 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Maulidatun Hikmah (2022) Strategi diferensiasi ntuk Menciptakan Keunggulan Kompetitif pada UMKM Catering Pawon Gusti Desa Trenggalek Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Universitas Islam Negri Tulungagung. Retrieved from http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25847.
Muhammad, Anang, Firmansyah, & Budi, Wahyu, Mahardika, & Ani, Susanti. (2019). Pengaruh Strategi Diferensiasi dan Harga terhadap Keunggulan Bersaing Elzatta Royal Plaza Surabaya. Economic, Bussines, Management and Accounting Jurnal, 16(2), 30-45. http://dx.doi.org/10.30651/blc.v16i2.3138
Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Loodst Coffee Tulungagung. SimkiEconomic, 02(02): 1-12.
Terhadap Minat Beli Sate Padang Kupak. Jurnal Ilmiah Maksitek, 4(2): 1-13.
Usman, N. A. S., Mendo, A. Y., & Abdussamad, Z. (2018). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Demajor Cafe Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(1) 1–12. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB/article/view/7006
Veny, Puspita & Sintia, Safrianti. (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Diferensiasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Batik Besurek Bengkulu. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 3(3) 1-23. https://doi.org/10.21009/jbmk.0303.05
Wulandari, E., & Murniawaty, I. (2019). Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Diferensiasi Produk Dan Diferensiasi Citra Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran IKM Kopi Di Kabupaten Temanggung. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13 (2), 69-77. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.2.69-77