Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Tanggung Jawab Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Korelasional pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha di SMA Dharmaputra Tangerang)
DOI:
https://doi.org/10.47861/dv.v5i1.44Keywords:
Otonomi, Tanggung jawab dalam belajar, hasil belajar, Pendidikan Agama BuddhaAbstract
Salah satu topik penting dalam proses pembelajaran adalah fakta yang berkaitan dengan hasil belajar. Dalam penelitian ini telah dilakukan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar khususnya pada mata pelajaran Agama Buddha di SMA Dharmaputra Tangerang (SMA Dharmaputra Tangerang). Penelitian ini pada awalnya dilatarbelakangi oleh fakta bahwa hasil belajar siswa Pendidikan Agama Buddha di SMA Dharmaputra bervariasi dan cenderung rendah. Berdasarkan analisis sebelumnya menunjukkan hasil belajar siswa sejalan dengan kebiasaan yang kurang menunjukkan kemandirian dan tanggung jawab dalam belajar. Hal tersebut ditunjukkan dengan kebiasaan beberapa siswa yang lebih suka bermain handphone di waktu senggang di sekolah, dan menjiplak tugas-jawaban siswa lain. Berdasarkan teori dan fakta, penelitian ini telah dilakukan dengan hipotesis ada hubungan antara otonomi, tanggung jawab dalam belajar dan hasil belajar aspek kognitif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis expost facto. Responden penelitian ini adalah siswa SMA Dharmaputra. Jumlah populasi adalah 332 siswa. Dari populasi tersebut sebanyak 183 sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan rumus Slovin. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Teknik Proportional Stratified Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert sebanyak 4 pilihan. Uji validitas dilakukan dengan Korelasi Product Moment dan reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha Cronbach sedangkan uji homogenitas dilakukan dengan uji Bartlet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis korelasional dari tiga variabel dikonfirmasi. Dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan positif antara kemandirian dengan hasil belajar Pendidikan Agama Buddha di SMA Dharma Putra dengan pengendalian tanggung jawab belajar, ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,431; (2) terdapat hubungan positif antara tanggung jawab belajar dengan hasil belajar Pendidikan Agama Buddha di SMA Dharma Putra dengan pengendalian otonomi, ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,310; (3) terdapat hubungan simultan antara otonomi dan tanggung jawab dalam pembelajaran dengan hasil belajar Pendidikan Agama Buddha di SMA Dharma Putra yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,767.
References
Pengelolaan referensi artikel menggunakan Mendeley, dengan Style APA 6th edition
Adam, S, 2004. Using Learning Outcomes. A Consideration Of The Nature, Role, Application And
Implications For European Education Of Employing „Learning Outcomes‟ At
The Local, National And International Levels. Scotland: United Kingdom Bologna Seminar, Edinburgh.
Ahmadzadeh, Robab and Zabardast, Shalaleh. 2014. Learner Autonomy In Practice. International Journal on New Trends in
Education and Their Implications . Vol. 5 Issue.4. Iran: Ijonte
Aziz, Azmahani A. et.al. 2012. Evaluation on the Effectiveness of Learning Outcomesfrom Students‟
Perspectives. Malaysia: Elsevier. Ltd.
Ali, Muhammad & Muhamad Asrori. 2009. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara. Adiwiyoto. 2001. Melatih Anak Bertanggungjawab: Jakarta: Mitra Utama Basri, Hasan. 2000. Remaja
Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desmita.2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya. Dimyati., Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta; Rineka Cipta.
Fitri, A.Z. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogjakarta : Ar-Ruzz Media.
Handayani, Novia., Hidayat, Fauziah. 2018. Hubungan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran
Matematika Di Kelas X SMK Kota Cimahi. Journal On Education Vol. 01 No. 2
Haris, Mudjiman. 2011. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
http://news.liputan6.com/read/389459/sejumlah -siswa-tertangkap-mencontek diakses pada 12 Januari 2019
Kheminda, Ashin. Kamma: Pusaran Kelahiran dan Kematian Tanpa Akhir. Jakarta: Dhammavihari Buddhist
Studies. 2018.
Marijan. 2012. Metode Pendidikan Anak. Yogyakarta: Sabda Media Maurice, Walshe.2009. Digha Nikaya
(Khotbah-khotbah PanjangSang Buddha). Jakarta: Dhamma Citta
Meigen. Yu. 2016. On the Cultivation of Non-English Majors‟ Learner Autonomy. International Journal of
Education and Research Vol. 4 No. 10. China: Ijern.
Muhammad Mustari. 2011. Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: LaksBang Pressindo
Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan karakter.Yogyakarta : Familia
Nasution. S. 2006. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta:Bumi Aksara
Nurla Isna Aunillah.2011. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Laksana.
Nor Aini, Prastistya., Taman, Abdullah. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar dan LingkunganBelajar
Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun
Ajaran 2010/2011”. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. Vol. X. No. 1
Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter
Rijal, Syamsu., Bachtiar, Suhaedir. 2015. Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika Vol. 3 No. 2
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran berbasis Computer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sangha Theravada Indonesia. 2005. Pustaka
Slameto. 2010. Hasil Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana, Nana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya
Sudjana, Nana., Ahmad Rivai, 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Sudani, dkk. 2013. Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik Teknik Pemodelan Untuk Meningkatkan
Perilaku Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada Diakses dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/765/638 pada 15 September 2020
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiat. (1993). Tanggung Jawab dan Pengukurannya: Penelitian Berbagai Dimensi
Tanggung Jawab dan Pengukurannya Pada Mahasiswa Universitas Indonesia. Disertasi. Universitas Indonesia
Susanti,dkk. 2014. Mencetak Anak Juara. Yogyakarta: Katahari.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Prenanamedia Grup
Suprijono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta,: Ar-Ruzz media
Tim Penyusun Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama
Walgito, Bimo. Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset
Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta : Pustaka pelajar (IKAPI)
Wicaksono, Andri. dkk. 2016. Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Garudhawaca
Wuryanano. 2007. The 21 Principles To Build and Develop Fighting Spirit. Jakarta: Elex