Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Ronatama

Authors

  • Mely Sulastri Simamora Institut Agama Kristen Negeri Tarutung
  • Hisardo Sitorus Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

DOI:

https://doi.org/10.47861/khirani.v2i2.959

Keywords:

Audio Visual Media, Children's Language Ability

Abstract

Simamora, Mely. 2023. "The Effect of Using Audio Visual Media on the Language Ability of Children Aged 5-6 Years in PAUD Ronatama." Thesis: Tarutung State Christian Institute PK-AUD Study Program. The aim of this research is to determine the effect of using audio-visual media on language skills in children aged 5-6 years in Ronatama Early Childhood Education, Doloksanggul District. The method used in this research is a quantitative research method with a pre-experimental design type of research in the form of "One Shot Case Study". The population is all children aged 5-6 years in PAUD Ronatama, Doloksanggul subdistrict, totaling 20 children. Data was collected using a positive closed questionnaire with 10 items for variable Lesson 2023/2024: 1) Test the analysis requirements: a) test a positive relationship, obtain a value of rxy = 0.668 > rtable= 0.444, so it is known that there is a positive relationship between variable X and variable Y. b) Test a significant relationship, obtain a value of tcount = 3.811 > ttable 2.101, thus there is a significant relationship between variable 9.89"+0.72X. Thus Ha is accepted and H0 is rejected.

 

References

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi perkembangan bahasa anak usia dini melalui lagu kreasi minangkabau pada anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73-84

Azhar Arsyad, M.A (2013) Media Pembelajaran, PT Raja Grafindo Persada.

Dhieni, N., Fridani, L., & Psych, S. P. M. (2017). Hakikat Perkembangan Bahasa

Anak. Modul Paud diakses pada tanggal, 26.

Faujia, D. A. (2016). Pengaruh Mediaflashcard Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 1-3 Tahun Di Paud Yaa Bunaya Desa Beru Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar (Doctoral dissertation, STIKes Patria Husada Blitar).

Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini

Gumai A,A,C (2022) Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Gambar Pada Anak Kelompok B Di Tk Al – Hidayah Annas Makassar

Hamid, A. (2020). Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 1-17.

Isdianto, E. (2014). Bahasa dan Teknologi. Jurnal Bahasa

Izzati, F. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Penggunaan Media Boneka Tangan (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Al-Ishlah) (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Jati, S. N. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi Menggunakan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menghapal Doa-Doa Pendek Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 13 Pontianak. Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini,

Khadijah, K., Arlina, A., & Rahmadani, R. A. (2021). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di RA Amanah Amaliyah. Jurnal Raudhah, 9(1).

Saribu, A., & Hidayah, A. N. (2019). Meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 2(1), 6-14.

Karmi, K., Sunaryo, I., & AUD, M. P. (2013). Pengembangan Kemampuan Bahasa Lisan melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Bero IV Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Kurniasih, E., Nurunnisa, E. C., & Husni, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Cerita Gambar (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok B Raudhatul Athfal Waladun Solihun Desa Imbanagara Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis). Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1

Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2015). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2).

Masruhim, M. A., & Palenewen, E. (2020). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Cendrawasih Samarinda. Early Childhood Journal, 1(1), 1-6.

Merliana, N. P. E. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Android Sebagai Media dalam Pembelajaran Hindu. Satya Widya: Jurnal Studi Agama, 1(1), 37-53.

Rachmayani, R. (2016). Penggunaan Media Cetak Koran Dalam Meningkatkan Keterampilan Memahami Bacaan Pada Siswa Tuna Rungu Kelas XI Di SMALB BCD YPKR CICALENGKA (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta; Bandung

Suharsimi Arikunto, (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT RINEKA CIPTA, Jakarta

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Sujiono, Dr Y.N .(2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini .PT INDEKS Jakarta

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.

Suyadi,M.Pd (2012) Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakaya Offse. Bandung

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2

Tarigan, H.G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa.

Yamin, M., & Sanan, J. S. (2013). Panduan PAUD pendidikan anak usia dini. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Yudhi Munadi, Media Pembelajaran (Jakarta Gaung Persada Press, 2008)

Published

2024-05-02

How to Cite

Mely Sulastri Simamora, & Hisardo Sitorus. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Ronatama. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 24–34. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i2.959

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 

You may also start an advanced similarity search for this article.