Strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di UPT SDN 2 Majannang Kec. Balocci Kab. Pangkajene dan Kepulauan

Authors

  • Rahman Kambi STAI DDI Pangkep
  • Radiatan Mardiah STAI DDI Pangkep
  • Fitri Rezki Amaliah STAI DDI Pangkep
  • Putra Ananda Pratama Ali STAI DDI Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i1.117

Keywords:

Principal Strategy, Teacher Performance, Covid-19 Pandemic.

Abstract

This thesis aims to reveal how the principal's strategy is in an effort to improve teacher performance at UPT SDN 2 Majannang Kec. Balocci Kab. Pangkajene and Islands, which is broken down into the main sub-problems, namely What is the Strategy of the Head of UPT SDN 2 Majannang in an effort to improve teacher performance during the Covid-19 pandemic?

To answer the problem raised, a qualitative research was carried out using a phenomenological and sociological approach by taking data sources from the UPT SDN 2 Majannang Principal and several UPT SDN 2 Majannang teachers. Research data was taken through observations and interviews obtained during the research carried out, with the presence of researchers in the field and equipped with interview guideline text along with stationery and smartphones as research instruments, then the process of data reduction and verification was carried out using data triangulation techniques. Furthermore, the data is processed and analyzed and then draw conclusions based on the results of the research conducted.

References

D., Jamaluddin, dkk. “Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi.” digilib.uinsgd.ac.id, 21 April 2020. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/ (Diakses pada tanggal 03 Februari 2021, Pukul 19.05 WITA).

Djafri, Novianty. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah: Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian, Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi. Cet. II; Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Filtoya, Rezja. “Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Tarbiyatul islam Kertosari Babadan Ponorogo Tahun Pelajaran 2016/2017”, Skripsi. Ponorogo: Fakultass Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2017.

Husna. “Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Sekolah pada SMP Unggul Pidie Jaya”, Tesis tidak diterbitkan. Banda Aceh: Program Studi Magister Admistrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala, 2016.

Kristino, Indra D. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengambilan Keputusan.” Indsthink.Com, 22 Oktober 2018. https://www.indsthink.com/2018/10/kepemimpinan-kepala-sekolah-dalam.html (Diakses pada tanggal 09 Feberuari 2021, Pukul 20.14 WITA).

Kuncoro, Mudrajad. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga, 2006.

Lindayani, Yusroni. “Strategi Manajemen Kepala Sekolah dalam Program Peningkatan Mutu Lulusan Peserta didik si SMAN Purwodadi Kabupaten Musi Rawas”, Tesis tidak diterbitkan. Bengkulu: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 2019.

M., Pidarta. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Majid, Abdul. Pengembangan Kinerja Guru Melalui: Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudra Biru, 2016.

Moleong, lexy J. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010.

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Cet IX; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Mulyasa. Uji Kompetensi dan Kinerja Guru. Bandung: Rosda Karya, 2012.

Narbuko, Cholid. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Prihatin, Eka. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta, 2011.

R., David freed. Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

Republik Indonesia, Undang-undang Dasar 1945, No.14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen (Penghargaan, pasal 36).

S. Muhaimin. dan Prabowo S. L., Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

S., Danim dan Suparno, Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

S., Djamarah. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. CetIV; Surabaya: Usaha Nasional, 2004.

Sajarweni, V. Wiranta. Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2014.

Sarlito, Sarwono W. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Sondang, Siagian P. Manajemen Strategi. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Sudrajat, Jajat. “Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid.” Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, vol. 13 no. 2 (Agustus 2020). http://journals.usm.ac.id/index.php/jreb/article/view/2434 (Diakses pada tanggal 3 Februari 2021, Pukul 18.30 WITA).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta 2011.

Sulistyorini. Hubungan antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Madrasah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru. Jakarta: Media Ilmu, 2001.

Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Tahrus. “Dunia dalam Ancaman Pandemi: Kajian Transisi Kesehatan dan Moralitas Akibat Covid-19.” Researchgate.Net, Maret 2020. https://www.researchgate.net/publication/340224377 (Diakses pada tanggal 03 Februari 2021, Pukul 19.20 WITA).

Tanjong, Putri. “Strategi Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMA 1 Samalanga”, Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 2017.

Usman dan Nasir, Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Bandung: Citapustaka Media, 2012.

Usman, Husaini. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Usman, Moh.Uzer. Menjadi Guru Profesional. Cet. IX; Bandung: Remaja Rosda Karya, 1995.

Yamin, Martinis. Sertifikasi Keguruan di Indonesia. Jakarta, Gung Persada Press, 2006.

Yuliana, “Corona Virus Diases (Covid-19): Sebuah Tinjauan Literatur.” Wellness and Healty Magazine, vol. 2 no. 1 (Februari 2020). https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/21026 (Diakses pada tanggal 03 Fabruari 2021, Pukul 19.30.

Yulmawati. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SD Negeri 03 Sungayang.” Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Sepervisi Pendidikan, vol.1 no. 2 (Juli 2016). https://media.neliti.com/media/publications/230864-strategi-kepemimpinan-kepala-sekolah-dal-e19209bb.pdf (Diakses pada tanggal 07 Februari 2021, pukul 23.12 WITA).

Yunus, Andri dan Islam. “The Pronciple Cometences In Implementing Cultural and Enciromental Managemen Of The School In SDN 033 Tarakan.” Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 6, no. 2 (2017).

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Rahman Kambi, Radiatan Mardiah, Fitri Rezki Amaliah, & Putra Ananda Pratama Ali. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di UPT SDN 2 Majannang Kec. Balocci Kab. Pangkajene dan Kepulauan. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 39–56. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i1.117

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.