Analisis Penanganan Pengaduan Konsumen Pada Situs Konsumen Indonesia Menggunakan Metode K-Means Cluster

Authors

  • Risma Petrus STMIK Kreatindo Manokwari-Papua Barat
  • Erma Suryani Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Makarius Bajari Universitas Papua-Papua Barat

DOI:

https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i1.99

Keywords:

Metode, K-Means, Penanganan pengaduan, Analisis Cluster

Abstract

Pengaduan konsumen merupakan hak konsumen untuk menyampaikan keluhan atas sebuah layanan atau produk yang diberikan, atau dengan kata lain pengaduan merupakan ungkapan ketidakpuasan konsumen baik lisan atau tertulis yang disebabkan oleh adanya kerugian yang di alami oleh konsumen dan tidak dipenuhinya perjanjian yang telah di sepakati. Pemerintah sangat menyadari akan berbagai hal yang di alami oleh konsumen sebagai pengguna barang dan jasa. Melalui peraturan presiden Republik Indonesia nomor 50 tahun 2017 tentang strategi perlindungan konsumen dan melalui peraturan tersebut sektor terkait melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kinerjanya terkait dengan menindaklanjuti setiap pengaduan. Pengelompokan non hirarki menggunakan metode k-means adalah penempatan objek berdasarkan means kelompok terdekat. Melalui hasil olah data yang dilakukan melalui penelitian pada data pengajuan konsumen berdasarkan jenis pengaduan menunjukkan bahwa terjadi signifikansi pada semua variabel pengaduan masuk, pengaduan selesai, pengaduan dalam proses dengan tingkat signifikansi (sig) lebih kecil dari 0,05. Oleh karena itu ada perbedaan yang berarti dari cluster yang terbentuk yang berhubungan dengan semua variabel tersebut. Dan pada tabel nilai F terbesar adalah 355,957 yang menunjukkan bahwa pengaduan masuk pada masing-masing cluster berbeda. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin besar nilai F, maka semakin besar perbedaan cluster 1, cluster 2, cluster 3 untuk variabel yang bersangkutan.

Downloads

Published

2023-03-17

How to Cite

Risma Petrus, Erma Suryani, & Makarius Bajari. (2023). Analisis Penanganan Pengaduan Konsumen Pada Situs Konsumen Indonesia Menggunakan Metode K-Means Cluster. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 71–80. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i1.99

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.