Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berprestasi terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali
DOI:
https://doi.org/10.47861/dv.v5i2.37Keywords:
Kepemimpinan Visioner, Motivasi Berprestasi, Inovasi GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kepemimpinan Visioner terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha, pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha, serta pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berprestasi secara bersama-sama terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif. Sample yang digunakan sebanyak 85 (delapan puluh lima) responden dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket tertutup) menggunakan Skala Likert, kemudian dianalisis melalui serangkaian perhitungan statistik sehingga menghasilkan simpulan dan pembuktian hipotesis secara kuantitatif. Melalui serangkaian perhitungan statistik, hasil penelitian kuantitatif pada variabel Kepemimpinan Visioner terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali menunjukkan nilai Koefisien Korelasi (ry1)=0.8901, tHitung 17.7948 > tTabel 1.9890 pada signifikansi (α) = 0.05; artinya bahwa variabel Kepemimpinan Visioner berpengaruh secara signifikan terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha di Provinsi Bali. Kemudian pada variabel Motivasi Berprestasi terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se -Provinsi Bali menunjukkan nilai Koefisien Korelasi (ry2) = 0.9005, tHitung 18.8691> tTabel 1.9890 pada signifikansi (α) = 0.05; hal ini berarti Motivasi Berprestasi berpengaruh signifikan terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali. Sedangkan hasil penelitian pada variable Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berprestasi secara simultan (bersama-sama) menunjukkan nilai Koefisien Korelasi (ry1.2) = 0.9436, tHitung25.9614>tTabel 1.9890 pada signifikansi (α)=0.05, artinya secara simultan variabel Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berprestasi berpengaruh signifikan terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali.
References
Abhayahema, K. (1995). Vijja-Dhamma Pelajaran untuk Sekolah Menengah. Jakarta Barat: Tri Satva Buddhist Centre. Almintisir, Baker A., dan Subramaniam I. D. (2013). The Role of Transformation Leadership Style in Motivating
Public Sector Employees in Libya. Australian Journal of Basic and Applied Sciences. Alvesson, M. (2002). Understanding Organizational Culture. London: SAGE Publications Ltd.
Arikunto, S. (1990). Organisasi Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: Rajawali Pers.
Armstrong, Michael. (1990). A Handbook of Human Resources Management (Alih bahasa oleh Sofyan Cikmat dan
Haryanto dengan judul Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: Elex Media Komputindo. Barber, David. (1982). Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga.
Chandrasayah, S. M. (2003). Produktifitas: Apa dan Bagaimana. Bandung: Mandar Maju.
Chodron, T. (2006). I Wonder Why. Singapore: Ad Graphic Pte Ltd. Colquitt, Jason A., Jeffery A. Lepine, dan Michael J.
W. (2009). Organizational Behavior: Improving, Performance and Commitment in the Workplace. New York: Hill/Irwin.
Daft, L. dan Richard. (1986). Organization Theory and Desaign. New York: West Publishing Company. Daft, R. L. (2010). New Era of Management (Ninth Edition). Canada: South-Western Cengage Learning). Daryanto. (2001). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Debra L. Nelson and James Campbell Quick (2006). Organizational Behavior, Foundations, Realities, & Challenges 5th edition. America: Thomson SouthWestern.
Dessler, Gary (2008). Human Resource Management. Upper Saddle River. New Jersey: Prentice-Hall.
Devadass, R. (2011). Employees Motivation in Organizations: An integrative literature Review. International Conference on
Sociality and Economics Development IPEDR Vol. 10. Singapore: IACSIT Press. Dhammadiro (2005). Paritta Suci. Jakarta: Sangha Theravada Indonesia.
Dhammananda, K. S. dkk. (2005). How to Develop Happiness in Daily Living (Yayasan Avalokitesvara. Terjemahan). Jakarta
Utara: Yayasan Avalokitesvara.
Dhammananda, S. (2005). What Buddhists Believe (Kurniati, Ida dkk. Terjemahan). Jakarta: Yayasan Penerbit Karaniya. Dhammananda, S. dan Narada. (2003). Jakarta: Menjadi Umat Buddha & Kewajiban Seorang Umat Buddha. Jakarta:
Dian Dharma.
Dhammika, S. (1990). All About Buddhism (Arya, T. Terjemahan). Surabaya: Yayasan Dhammadipa Arama.
Dhammika, S. (1992). Buddha Vacana Daily Readings from the Sacred Literature of Buddhism (Tjendera, T. S., Arman, H., Lie, K. L. Terjemahan). Jakarta: Karaniya.
Diputhera, O. (2004). Meditasi II untuk Pendidikan Tinggi Agama Buddha. Jakarta: Vajra Dharma Nusantara.
Elqadri, Z. M., Wardoyo, D. T., dan Priyono (2015). The Influence of Motivation and Discipline Work against Employee
Work Prouctivity Tona‟an Markets. Review of European Studies.
Fadillah, B., Handoyo D. W. dan Budiatmo A. (2013). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Karyawan Produksi Bagian Jamu Tradisional Unit Kaligawe PT. Njonja Meneer Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic.
Faustino, C. G. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset. Flippo, Edwin B. (1984). Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga.
Garner, E. (2012). Effective Discipline: How to manage discipline at work. Colorado: Ventus Publishing ApS.
Gaynor, A.K. (2006). Analyzing Problems in Schools and Schools Systems: A Theoretical Approach. 12 th Edition.
New Jersey: Hillsdale Lawrence Erlbaum Associates.
George, Jennifer M. and Jones, Gareth R. (2012). Understanding and Managing Organizational Behavior Upper Saddle
River. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Gibson, J. L., Ivancevich J. M., Donnelly J. H., Jr., dan Konopaske R. (2006). Organizations: Behavior Structure and
Processes. New York: McGraw-Hill/Irwin.
Griffin, Ricky W. dan Moorhead G. (2007). Organizational Behavior. Boston: Houghton Miffin Company.
Hamali, Yusuf A. (2018). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan Ketiga). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Hanh, T. N. (2008). Living Together in Harmony (Kurniati. Terjemahan). Jakarta: Penerbit Dian Dharma.
Hasibuan dan Malayu, S. P (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara. Hasibuan, J. J. (2002). Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Mikro. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Horner, I. B. (2002). The Middle Fifty Discourses (Majjhimapannasa), The Pali Text Society (Vol. II). Cambridge: Oxfordassociate of Newham College.
Imron A. (1995). Pembinaan Guru di Indonesia (Edisi 10). Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya. Indrawijaya, Adam I. (1989). Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru.
Ivancevich, J. M. (2010). Human Resource Management. New York: McGraw- Hill.
Kadarisman (2012). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kaharuddin P. J. (2004). Kamus Umum Buddha Dharma (Pali-Sansekerta-Indonesia). Jakarta: Tri Sattva Buddhist Centre. Kaharuddin, P. J. (2004). Rampaian Dhamma. Vihara Buddha Metta. Jakarta Pusat.
Kasima, Dhesty, A. L. Rantetampan, Lumbantobing H. (2015). Relationships of Work Discipline, Leadership, Training, and Motivation to Performance of Employees Administration Abepura Hospital Papua. Universitas Cendrawasih Indonesia.
Komariah, A. dan Triatna C. (2010). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif (Cetakan Ke -4). Jakarta: Bumi
Aksara.
Kotter, John P. dan Heskett, James L. (2004). Corporate Culture and Performance (Terj: Benyamin Molan). Jakarta: PT.
Prehalindo.
Kreitner R., dan Kinicki A. (2007). Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Irwin. Luthans, F. (2002). Organizational Behaviour. New York: McGraw-Hill.
Malayu, S.P. dan Hasibuan (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Mangkunegara, A. A. A. P. (2005). Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: PT. Rafika Aditama.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Marihot, T. E. G. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grafindo.
Matt, A. (2002). Understanding Organizational Culture. London: SAGE Publications Ltd. McShane, Steven L., dan
Mary Ann, V. G. (2008). Organizational Behavior (4th Edition). New York: McGraw Hill Irwin. Michael, A. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Mitchell, T. R. (2008). People In Organization; Understanding Their Behaviors. New York: Mc Grow-Hill. Mukti, K. W. (2003). Wacana Buddha-Dharma. Jakarta: Ekayana Buddhist Centre.
Muljadi, Hadhienata S. dan Yusuf A. E. (2019. Teacher Performace Improvment throught Development of
Organizational Culture, Work-Disiplcine, And Job Statisfation. Universitas Pakuan Bogor Indonesia.
Muljadi, Mettadewi, Jo Priastana. (2020). Peningkatan Inovasi Guru Agama Buddha Melalui Pengembangan Budaya
Organisasi, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja. Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda Jakarta.
Ñanasampanno (2005). A Life of Inner Quality (Anggawati, Lanny dan Wena Cintiawati. Terjemahan). Klaten: Wisma
Sambodhi.
Narada (1994). Keterangan Singkat Agama Buddha. Jakarta: Yayasan Dhammadipa Arama.
Nawawi H. (2006). Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gajah Mada
University Pers.
Nawawi, H. (1984). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
Nawawi, H. (2006). Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gajah Mada
University Pers.
Nitisnito, S. A. (2002). Manajemen Personalia (Edisi Revisi). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Notohadiprawiro, T. (2006). Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah. Yogyakarta: Ilmu Tanah Universitas Gajahmada.
Omollo, P. A. (2015). Effect of motivation on employee performance of commercial banks in Kenya: A case study of Kenya Commercial Bank in Migori Country. International Journal o f Human Resource Studies, Vol. 5, No.2. pp.87-103.
Patriarch, H. R. H. The Late dan Vajirananavarorasa, P. (2002). Dhamma Vibhāga (Penggolongan Dhamma), (Alih
Bahasa: Bhikkhu Jeto, Editor: Bhikkhu Abhipanno). Yogyakarta: Vidyasena Vihara Vidyaloka.
Paul E. S. (2008). Industrial and Organizational Psychology: Research and Practice. America: John Wiley & Sons, Inc. Pemuda Vihara Vimala Dharma dan Winoto, W. (2005). Jadilah Pelita Ajaran Universal Buddha. Jakarta: Karaniya dan
Ehipassiko.
Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan.
Pfister, J. A. (2009). Managing Organizational Culture for Effective Internal Control: From Practice to Theory. Heidelberg: Springer.
Pidarta, M. (2004). Manajemen Pendidikan Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Piyadassi (1991). Spektrum Ajaran Buddha (Rusli, Hetih dkk. Terjemahan). Jakarta: Yayasan Pendidikan Buddhis Tri
Ratna.
Piyadassi (2005). Meditasi Buddhis Jalan Menuju Ketenangan dan Kebersihan Batin. Paramita. Surabaya. Poerwadarminta, W. J. S. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Purwanto, N. (1991). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Rashid, T. S. M. (1997). Sila dan Vinaya. Jakarta: Penerbit Buddhis BODHI.
Rasyid, Pandita Dhammavisarada Drs. Teja S. M. (1997). Sila dan Vinaya. Jakarta: Buddhis BODHI. Ridwan (2012). Pengertian Penelitian Deskriptif. Jakarta: Aditama.
Rivai, V. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Robbins, S. P. dan Mary Coulter (2012). Management 11th Edition. New Jersey: Pearson. Robbins, S. P. dan
Timothy A. J. (2008). Perilaku Organisasi, Organizational Behaviour (Buku Terjemahan). Jakarta: Gramedia. Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. (2012). Organizational Behaviour (15th ed.). New York: Pearson Education,
Inc.
Robert Bacal (2002). Performance Management (Terj: Surya Dharma dan Yanuar Irawan). Jakarta: Gramedia. Robert K. dan Angelo K. (2008). Organizational Behavior. New York: The McGrawHll, Companies, Inc.
Rozaliam, Nur A., Hamida N. U. dan Ika R. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berpres tasi Terhadap
Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Pattindo Malang. Universitas Brawijaya Malang Indonesia. Rukhayati (2018). Pengaruh Motivasi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Karyawan di Puskesmas Talise.
Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu Indonesia.
Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta. Saksono, S. (1993). Administrasi Kepegawaian. Yogyakarta: Kanisius.
Sastrohadiwiryo, S. B. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Edisi Kedua). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Schein Edgar, H. (2010). Organizational Culture and Leadership (4 th Edition). San Francisco: Jossey-Bass Publishers. Sedarmayanti (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditam.
Siagian, S. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan 15). Jakarta: Bumi Aksara. Siagian, S. P. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Siriratano dan Hasdi (2004). Bahagia Dalam Dhamma 2. Makassar: Keluarga Buddhis Brahmavihara. Soeratman. (1978). Permasalahan Tentang Kesejahteraan Pendidikan. Jakarta: FIP.
Soetopo, Hendayat dan Soemanto, W. (1982). Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha
Nasional.
Subalaratano dan Widya, D. K. (2003). Pengantar Vinaya. Jakarta: PP Magabudhi.
Subroto, S. (1988). Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Bina Aksara.
Sudirman. (1991). Ilmu Pendidikan: Kurikulum, Program pengajaran, Efek Intruksional dan pengiring, CB SA, Metode mengajar, Media pendidikan, Pengelolaan Kelas dan Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. (1989). CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Sugiyono (2002). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Jakarta: Indonesia
(IKAPI).
Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Supandi, C. J. (2001). Tata Bahasa Pali. Jakarta: Yayasan Penerbit Karaniya.
Sutisna, O. (1979). Supervisi dan Administrasi Pendidikan. Bandung: Jenmars.
Suyatna, A. (2017). Uji Statistik Bebatuan SPSS untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi. Syafaruddin (2002). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan, Konsep Strategi dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo. Tim Dosen FIP-IKIP Malang (1980). Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Uhar, S. (2010). Administrasi Pendidikan. Refika Aditama. Bandung. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Usman, M. U. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Widya, D. K. (2008). Karaniyametta Sutta (Sukhemo Mahathera. Terjemahan). Jakarta:PP Wandani. Widyadharma, S. (1996). Intisari Agama Buddha. Jakarta: Yayasan Dana Pendidikan Buddhis Nalanda. Wowor, C. (2005). Kompilasi Istilah Buddhis. Jakarta: Yayasan Dana Pendidikan Buddhis Nalanda. Young, J. L. (1990). Segenggam Daun Kebenaran. Jakarta: Karaniya.
Yuwono, I. (2005). Psikologi Industri & Organisasi. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Zainun, B. (2001). Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara.