Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berprestasi terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali

Authors

  • Aji Nugroho Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Nalanda
  • Muljadi Muljadi Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Nalanda

DOI:

https://doi.org/10.47861/dv.v5i2.37

Keywords:

Kepemimpinan Visioner, Motivasi Berprestasi, Inovasi Guru

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menguji  pengaruh  Kepemimpinan Visioner  terhadap  Inovasi  Guru Pendidikan  Agama Buddha,   pengaruh   Motivasi   Berprestasi   terhadap   Inovasi   Guru   Pendidikan   Agama Buddha, serta   pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berprestasi secara bersama-sama terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif. Sample yang digunakan sebanyak 85  (delapan puluh lima)  responden  dengan  teknik  pengumpulan  data  melalui  kuesioner  (angket  tertutup) menggunakan  Skala  Likert, kemudian   dianalisis   melalui   serangkaian   perhitungan   statistik   sehingga menghasilkan simpulan dan pembuktian hipotesis secara kuantitatif. Melalui serangkaian perhitungan statistik, hasil   penelitian kuantitatif   pada variabel Kepemimpinan Visioner terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali menunjukkan nilai Koefisien Korelasi   (ry1)=0.8901, tHitung  17.7948 > tTabel     1.9890   pada   signifikansi   (α)   =   0.05;   artinya   bahwa   variabel Kepemimpinan Visioner berpengaruh secara signifikan terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha di Provinsi Bali.    Kemudian  pada  variabel  Motivasi  Berprestasi  terhadap  Inovasi  Guru Pendidikan  Agama  Buddha  se -Provinsi Bali  menunjukkan nilai  Koefisien Korelasi (ry2)  =  0.9005, tHitung 18.8691> tTabel  1.9890 pada  signifikansi (α)  =  0.05; hal ini berarti  Motivasi Berprestasi  berpengaruh signifikan terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali. Sedangkan hasil penelitian pada   variable  Kepemimpinan  Visioner  dan   Motivasi  Berprestasi  secara  simultan (bersama-sama) menunjukkan   nilai   Koefisien   Korelasi   (ry1.2)   =   0.9436,   tHitung25.9614>tTabel   1.9890   pada signifikansi (α)=0.05, artinya secara simultan variabel Kepemimpinan Visioner   dan Motivasi Berprestasi   berpengaruh signifikan terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali.

References

Abhayahema, K. (1995). Vijja-Dhamma Pelajaran untuk Sekolah Menengah. Jakarta Barat: Tri Satva Buddhist Centre. Almintisir, Baker A., dan Subramaniam I. D. (2013). The Role of Transformation Leadership Style in Motivating

Public Sector Employees in Libya. Australian Journal of Basic and Applied Sciences. Alvesson, M. (2002). Understanding Organizational Culture. London: SAGE Publications Ltd.

Arikunto, S. (1990). Organisasi Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: Rajawali Pers.

Armstrong, Michael. (1990). A Handbook of Human Resources Management (Alih bahasa oleh Sofyan Cikmat dan

Haryanto dengan judul Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: Elex Media Komputindo. Barber, David. (1982). Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga.

Chandrasayah, S. M. (2003). Produktifitas: Apa dan Bagaimana. Bandung: Mandar Maju.

Chodron, T. (2006). I Wonder Why. Singapore: Ad Graphic Pte Ltd. Colquitt, Jason A., Jeffery A. Lepine, dan Michael J.

W. (2009). Organizational Behavior: Improving, Performance and Commitment in the Workplace. New York: Hill/Irwin.

Daft, L. dan Richard. (1986). Organization Theory and Desaign. New York: West Publishing Company. Daft, R. L. (2010). New Era of Management (Ninth Edition). Canada: South-Western Cengage Learning). Daryanto. (2001). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Debra L. Nelson and James Campbell Quick (2006). Organizational Behavior, Foundations, Realities, & Challenges 5th edition. America: Thomson SouthWestern.

Dessler, Gary (2008). Human Resource Management. Upper Saddle River. New Jersey: Prentice-Hall.

Devadass, R. (2011). Employees Motivation in Organizations: An integrative literature Review. International Conference on

Sociality and Economics Development IPEDR Vol. 10. Singapore: IACSIT Press. Dhammadiro (2005). Paritta Suci. Jakarta: Sangha Theravada Indonesia.

Dhammananda, K. S. dkk. (2005). How to Develop Happiness in Daily Living (Yayasan Avalokitesvara. Terjemahan). Jakarta

Utara: Yayasan Avalokitesvara.

Dhammananda, S. (2005). What Buddhists Believe (Kurniati, Ida dkk. Terjemahan). Jakarta: Yayasan Penerbit Karaniya. Dhammananda, S. dan Narada. (2003). Jakarta: Menjadi Umat Buddha & Kewajiban Seorang Umat Buddha. Jakarta:

Dian Dharma.

Dhammika, S. (1990). All About Buddhism (Arya, T. Terjemahan). Surabaya: Yayasan Dhammadipa Arama.

Dhammika, S. (1992). Buddha Vacana Daily Readings from the Sacred Literature of Buddhism (Tjendera, T. S., Arman, H., Lie, K. L. Terjemahan). Jakarta: Karaniya.

Diputhera, O. (2004). Meditasi II untuk Pendidikan Tinggi Agama Buddha. Jakarta: Vajra Dharma Nusantara.

Elqadri, Z. M., Wardoyo, D. T., dan Priyono (2015). The Influence of Motivation and Discipline Work against Employee

Work Prouctivity Tona‟an Markets. Review of European Studies.

Fadillah, B., Handoyo D. W. dan Budiatmo A. (2013). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Karyawan Produksi Bagian Jamu Tradisional Unit Kaligawe PT. Njonja Meneer Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic.

Faustino, C. G. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset. Flippo, Edwin B. (1984). Manajemen Personalia. Jakarta: Erlangga.

Garner, E. (2012). Effective Discipline: How to manage discipline at work. Colorado: Ventus Publishing ApS.

Gaynor, A.K. (2006). Analyzing Problems in Schools and Schools Systems: A Theoretical Approach. 12 th Edition.

New Jersey: Hillsdale Lawrence Erlbaum Associates.

George, Jennifer M. and Jones, Gareth R. (2012). Understanding and Managing Organizational Behavior Upper Saddle

River. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Gibson, J. L., Ivancevich J. M., Donnelly J. H., Jr., dan Konopaske R. (2006). Organizations: Behavior Structure and

Processes. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Griffin, Ricky W. dan Moorhead G. (2007). Organizational Behavior. Boston: Houghton Miffin Company.

Hamali, Yusuf A. (2018). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan Ketiga). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Hanh, T. N. (2008). Living Together in Harmony (Kurniati. Terjemahan). Jakarta: Penerbit Dian Dharma.

Hasibuan dan Malayu, S. P (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara. Hasibuan, J. J. (2002). Proses Belajar Mengajar Keterampilan Dasar Mikro. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Horner, I. B. (2002). The Middle Fifty Discourses (Majjhimapannasa), The Pali Text Society (Vol. II). Cambridge: Oxfordassociate of Newham College.

Imron A. (1995). Pembinaan Guru di Indonesia (Edisi 10). Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya. Indrawijaya, Adam I. (1989). Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru.

Ivancevich, J. M. (2010). Human Resource Management. New York: McGraw- Hill.

Kadarisman (2012). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kaharuddin P. J. (2004). Kamus Umum Buddha Dharma (Pali-Sansekerta-Indonesia). Jakarta: Tri Sattva Buddhist Centre. Kaharuddin, P. J. (2004). Rampaian Dhamma. Vihara Buddha Metta. Jakarta Pusat.

Kasima, Dhesty, A. L. Rantetampan, Lumbantobing H. (2015). Relationships of Work Discipline, Leadership, Training, and Motivation to Performance of Employees Administration Abepura Hospital Papua. Universitas Cendrawasih Indonesia.

Komariah, A. dan Triatna C. (2010). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif (Cetakan Ke -4). Jakarta: Bumi

Aksara.

Kotter, John P. dan Heskett, James L. (2004). Corporate Culture and Performance (Terj: Benyamin Molan). Jakarta: PT.

Prehalindo.

Kreitner R., dan Kinicki A. (2007). Organizational Behavior. New York: McGraw-Hill Irwin. Luthans, F. (2002). Organizational Behaviour. New York: McGraw-Hill.

Malayu, S.P. dan Hasibuan (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Mangkunegara, A. A. A. P. (2005). Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: PT. Rafika Aditama.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Marihot, T. E. G. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grafindo.

Matt, A. (2002). Understanding Organizational Culture. London: SAGE Publications Ltd. McShane, Steven L., dan

Mary Ann, V. G. (2008). Organizational Behavior (4th Edition). New York: McGraw Hill Irwin. Michael, A. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Mitchell, T. R. (2008). People In Organization; Understanding Their Behaviors. New York: Mc Grow-Hill. Mukti, K. W. (2003). Wacana Buddha-Dharma. Jakarta: Ekayana Buddhist Centre.

Muljadi, Hadhienata S. dan Yusuf A. E. (2019. Teacher Performace Improvment throught Development of

Organizational Culture, Work-Disiplcine, And Job Statisfation. Universitas Pakuan Bogor Indonesia.

Muljadi, Mettadewi, Jo Priastana. (2020). Peningkatan Inovasi Guru Agama Buddha Melalui Pengembangan Budaya

Organisasi, Motivasi Kerja, dan Kepuasan Kerja. Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda Jakarta.

Ñanasampanno (2005). A Life of Inner Quality (Anggawati, Lanny dan Wena Cintiawati. Terjemahan). Klaten: Wisma

Sambodhi.

Narada (1994). Keterangan Singkat Agama Buddha. Jakarta: Yayasan Dhammadipa Arama.

Nawawi H. (2006). Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gajah Mada

University Pers.

Nawawi, H. (1984). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Nawawi, H. (2006). Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gajah Mada

University Pers.

Nitisnito, S. A. (2002). Manajemen Personalia (Edisi Revisi). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Notohadiprawiro, T. (2006). Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah. Yogyakarta: Ilmu Tanah Universitas Gajahmada.

Omollo, P. A. (2015). Effect of motivation on employee performance of commercial banks in Kenya: A case study of Kenya Commercial Bank in Migori Country. International Journal o f Human Resource Studies, Vol. 5, No.2. pp.87-103.

Patriarch, H. R. H. The Late dan Vajirananavarorasa, P. (2002). Dhamma Vibhāga (Penggolongan Dhamma), (Alih

Bahasa: Bhikkhu Jeto, Editor: Bhikkhu Abhipanno). Yogyakarta: Vidyasena Vihara Vidyaloka.

Paul E. S. (2008). Industrial and Organizational Psychology: Research and Practice. America: John Wiley & Sons, Inc. Pemuda Vihara Vimala Dharma dan Winoto, W. (2005). Jadilah Pelita Ajaran Universal Buddha. Jakarta: Karaniya dan

Ehipassiko.

Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan.

Pfister, J. A. (2009). Managing Organizational Culture for Effective Internal Control: From Practice to Theory. Heidelberg: Springer.

Pidarta, M. (2004). Manajemen Pendidikan Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Piyadassi (1991). Spektrum Ajaran Buddha (Rusli, Hetih dkk. Terjemahan). Jakarta: Yayasan Pendidikan Buddhis Tri

Ratna.

Piyadassi (2005). Meditasi Buddhis Jalan Menuju Ketenangan dan Kebersihan Batin. Paramita. Surabaya. Poerwadarminta, W. J. S. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Purwanto, N. (1991). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Rashid, T. S. M. (1997). Sila dan Vinaya. Jakarta: Penerbit Buddhis BODHI.

Rasyid, Pandita Dhammavisarada Drs. Teja S. M. (1997). Sila dan Vinaya. Jakarta: Buddhis BODHI. Ridwan (2012). Pengertian Penelitian Deskriptif. Jakarta: Aditama.

Rivai, V. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Robbins, S. P. dan Mary Coulter (2012). Management 11th Edition. New Jersey: Pearson. Robbins, S. P. dan

Timothy A. J. (2008). Perilaku Organisasi, Organizational Behaviour (Buku Terjemahan). Jakarta: Gramedia. Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. (2012). Organizational Behaviour (15th ed.). New York: Pearson Education,

Inc.

Robert Bacal (2002). Performance Management (Terj: Surya Dharma dan Yanuar Irawan). Jakarta: Gramedia. Robert K. dan Angelo K. (2008). Organizational Behavior. New York: The McGrawHll, Companies, Inc.

Rozaliam, Nur A., Hamida N. U. dan Ika R. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berpres tasi Terhadap

Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan PT. Pattindo Malang. Universitas Brawijaya Malang Indonesia. Rukhayati (2018). Pengaruh Motivasi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Karyawan di Puskesmas Talise.

Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu Indonesia.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta. Saksono, S. (1993). Administrasi Kepegawaian. Yogyakarta: Kanisius.

Sastrohadiwiryo, S. B. (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Edisi Kedua). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Schein Edgar, H. (2010). Organizational Culture and Leadership (4 th Edition). San Francisco: Jossey-Bass Publishers. Sedarmayanti (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditam.

Siagian, S. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan 15). Jakarta: Bumi Aksara. Siagian, S. P. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Siriratano dan Hasdi (2004). Bahagia Dalam Dhamma 2. Makassar: Keluarga Buddhis Brahmavihara. Soeratman. (1978). Permasalahan Tentang Kesejahteraan Pendidikan. Jakarta: FIP.

Soetopo, Hendayat dan Soemanto, W. (1982). Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha

Nasional.

Subalaratano dan Widya, D. K. (2003). Pengantar Vinaya. Jakarta: PP Magabudhi.

Subroto, S. (1988). Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Bina Aksara.

Sudirman. (1991). Ilmu Pendidikan: Kurikulum, Program pengajaran, Efek Intruksional dan pengiring, CB SA, Metode mengajar, Media pendidikan, Pengelolaan Kelas dan Evaluasi Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (1989). CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Sugiyono (2002). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Jakarta: Indonesia

(IKAPI).

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Supandi, C. J. (2001). Tata Bahasa Pali. Jakarta: Yayasan Penerbit Karaniya.

Sutisna, O. (1979). Supervisi dan Administrasi Pendidikan. Bandung: Jenmars.

Suyatna, A. (2017). Uji Statistik Bebatuan SPSS untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi. Syafaruddin (2002). Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan, Konsep Strategi dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo. Tim Dosen FIP-IKIP Malang (1980). Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Uhar, S. (2010). Administrasi Pendidikan. Refika Aditama. Bandung. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Usman, M. U. (1995). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. Widya, D. K. (2008). Karaniyametta Sutta (Sukhemo Mahathera. Terjemahan). Jakarta:PP Wandani. Widyadharma, S. (1996). Intisari Agama Buddha. Jakarta: Yayasan Dana Pendidikan Buddhis Nalanda. Wowor, C. (2005). Kompilasi Istilah Buddhis. Jakarta: Yayasan Dana Pendidikan Buddhis Nalanda. Young, J. L. (1990). Segenggam Daun Kebenaran. Jakarta: Karaniya.

Yuwono, I. (2005). Psikologi Industri & Organisasi. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Zainun, B. (2001). Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara.

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

Aji Nugroho, & Muljadi Muljadi. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Visioner dan Motivasi Berprestasi terhadap Inovasi Guru Pendidikan Agama Buddha se-Provinsi Bali. Dhammavicaya : Jurnal Pengkajian Dhamma, 5(2), 30–40. https://doi.org/10.47861/dv.v5i2.37

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.