PERAN GURU DHAMMASEKHA DALAM MENUMBUHKAN RASA NASIONALISME MELALUI KETERAMPILAN BERCERITA BUDDHIS
DOI:
https://doi.org/10.47861/dv.v2i2.5Keywords:
Peran, guru Dhammasekha, Nasionalisme menanamkan, Abhiha JātakaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran guru Dhammasekha Surya Jaya di Temanggung dalam menanamkan rasa nasionalisme melalui keterampilan bercerita Buddhis. Penelitian ini adalah penelitian naturalistik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah: Peran guru Dhammasekha Surya Jaya di Temanggung dalam menanamkan nasionalisme dengan menggunakan Abhiha Jātaka. Selama pembelajaran, para guru menghubungkan isi Abhiha Jātaka untuk menanamkan rasa nasionalisme. Para guru memasukkan rasa nasionalisme kepada siswa. Para guru menggunakan gambar untuk menjelaskan Abhiha Jātaka. Penggunaan media mampu menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan, tidak membosankan dan menyemangati siswa. Para guru mendorong siswa untuk mempraktikkan sikap saling membantu, mencintai tanah air, perkembangan cinta, dan kesetiaan. Para guru mengatur siswa untuk menceritakan kembali kisah Jataka yang dipelajari dengan menggunakan bahasa dan interpretasi mereka sendiri. Para Siswa dipersiapkan untuk loyal kepada Negara Kesatuan Indonesia.
References
Pengelolaan referensi artikel menggunakan Mendeley, dengan Style APA 6th edition
Ali, Hasanuddin. (2017). Survei: 23,4 Persen Mahasiswa dan Pelajar Terjangkit Paham Radikal.online. tribunnews.com.
/10/2017. Diunduh 21 November 2017.
Denzin K. Norman dan Yvonna S. Lincoln, (2009). Handbook of Qualitative Research. Penerjemah Dariyatno, dkk.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutopo, H.B.. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi-2. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Ilalahi, Mohammad Takdir. (2012). Nasionalisme Dalam Bingkai Pluralitas Bangsa Paradikma Pembangunan dan
Kemandirian Bangsa. Jogyakarta: AR-Ruzz Media.
Miles, B. Matthew dan A. Michael Hubermen. (2014). Qualitative Data Analysis: Analisis Data Kualitatif. Penerjemah Tjetjep
Rohendi Ronidi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moesa, Ali Maschan. 2006. Agama dan Politik Studi Kontroksi Sosial Kiai tentang Nasionalisme Pasca Orde Baru. Desertasi.
Universitas Airlangga: Surabaya
Sujiono. (2015). “Metode Bercerita Berdasarkan Rangsangan Visual Dan Suara Untuk Mengembangkan Keterampilan
Bercerita Buddhis (Studi Kasus Di Smb Dharma Virya Desa Karangduwur, Kec. Ayah, Kab. Kebumen)”. Penelitian
Dosen. STABN RadenWijaya: Wonogiri.
Vijjānanda, Handaka. (2015). Jātaka Kisah Kelahiran Lampau Buddha. Jakarta:hipassiko Foundation.