Pengaruh Kepemimpinan Situasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali
DOI:
https://doi.org/10.47861/dv.v5i2.38Keywords:
Kepemimpinan Situasional, Budaya Organisasi Dan Kinerja Guru.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kepemimpinan Situasional terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali, untuk menguji pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha Se- Provinsi Bali, dan untuk menguji pengaruh Kepemimpinan Situasional dan Budaya Organisasi secara bersama -sama terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 60 responden dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau angket tertutup. Hasil regresi linier berganda, menunjukkan variabel Kepemimpinan Situasional berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Guru dengan nilai koefisien korelasi (ry1) = 0.78, t hitung
9.59 > t tabel 1.67 signifikasi (α) 0.05. Variabel Budaya Organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Guru
dengan nilai koefisien (ry2) = 0.82, t hitung 11.10 > t tabel 1.67 signifikasi (α) 0.05. Variabel Kepemimpinan Situasional dan
Budaya Organisasi secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru dengan nilai koefisien korelasi (ry12) = 0.87, t hitung
13.65 > t table 1.67 signifikasi (α) = 0.05. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel
Kepemimpinan Situasional dan Budaya Oraganisasi secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja Guru Sekolah Minggu
Buddha Se-Provinsi Bali.
References
Ahmad. (2017). Konsep Penilaian Kinerja Guru dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Idaarah: Jurnal Manajemen
Pendidikan, 1 (1), 133–142.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Blanchard, Ken. (2008). “Situasional Leadership Adapt Your Style to Their Development Level”, Leadershi p Excellence.
Vol 25, no. 5. P.19.
Burhanudin. (2007). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara. hal. 1. 5, hal.
15.
Colquit et al. (2009). Organizationl Behavior, improving Performance and Commitment in theWorkplace. New York: Mc Grow_Hill Irwin. P. 38-42,52-57.
Daryanto. (2013). Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media. Hal. 198.16.
Edison, Emron, Yohny Anwar, Imas Komariyah. 2016. Manajemen Su mber Daya Manusia. Bandung: Anggota Ikatan
Penerbit Indonesia. hal. 120.
Fuad, Ihsan. (2010). Dasar-dasar Kependidikan; Komponen Mkdk. Jakarta: Rineka Cipta.
Hanim, Z., Masyni, M., Soe`Oed, R., & Asiah, S. N. (2019). Learning Innovation Ma nagement On Effective Classes
At Smpit Cordova. Samarinda: Dinamika Ilmu 19(2), 225–236.
Hasibuan. (2007). Manajeman Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hersey dan Blanchard dalam buku Miftah Thoha. (2013). Kepemimpinan Dalam Manajemen, Cetakan ke-1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Hal. 65. Https://Doi.Org/10.21093/Di.V19i2.1586.
Kaharuddin, Pandit Jinaratana. (2004). Kamus Umum Buddha Dhamma (Pāli – Sansekerta – Indonesia). Jakarta: Tri Sattva
Buddhist Center.
Kreitner and Kiniki. (2009). Perilaku Organisasi.Jakarta: Salemba Empat. P. 459.
Kusumawati, Ratna. (2010). Pengaruh Karakteristik Pimpinan Dan Inovasi Produk Baru Terhadap Kinerja Perusahaan
Untuk Mencapai Keunggulan
Bersaing Berkelanjutan. Akses Jurnal Ekonomi Dan Bisnis. Vol. 5 No. 9.
L. Daft, Richard. (2008). Leadership Experience. Mason, OH: Thompson Higher Education. pp. 71 -72.
Lubis, S.M., dan Huseini, Martani. (1987). Teori Organisasi: Suatu Pendekatan Makro. Jakarta: Pusat Antar Universitas Ilmu- Ilmu Sosial.
Luthans, Fred. (2011). Organizational Behavior: An Evidence-Based Approach. New York: McGraw-Hill. 2011. p. 72. Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Mangkunegara, Anwar Prabu. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. hal. 67.
Mangkuprawira, Syafri dan Vitayala, Aida. (2008). Kinerja Guru professional. Bandung: PT. Rosdakarya. hal. 43. Martinus, Surawan. (2008). Kamus Kata Serapan. Jakarta: Gramedia.
Mathis, L. Robert and Jackson, John H. (2006). Human Resource Management. Tenth. Edition. South Western: By homson
Collection. hal. 378.
Mujiyanto, Dwi Yuwono Puji Sugiharto, Suwito Eko Pranomo, I Made Sudana. Sekolah Tinggi Negeri Raden W ijaya. (2020). Influence of reward,
Leadership, and organizational, Culture to lecture performance of Indonesia Buddhis Religious College.
Muljadi, Hadhienata S, Adhie E Yusuf, Universitas Pakuan Bogor Indonesia. (2019). Teacher Performace Improvment throught Development of Organizational Culture, Work-Disiplcine, And Job Statisfation.
Muljadi, Mettadewi, Jo Priastana, Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda. (2020). Peningkatan Kinerja Guru Agama
Buddha Melalui Pengembangan Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Kepuasan Kerja. Mulyasa, E. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru.....hlm. 91-9214.
Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya. hal. 227.17. Mulyasa. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Munandar, Ashar Sunyoto. (2008). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press). Hal 263. Nata, Abudin. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Olusola O. (2011). Hal:570-577
Penyusun, Tim. 2008. Majjhima Nikaya kitab Suci Agama Buddha. Klaten: Wisma Sambodhi.
Peraturan Menteri Agama Nomor 39 Tahun 2014. (2014). Pendidikan Keagamaan Buddha. Kementerian Agama RI.
Jakarta.
Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007. (2007). Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Presiden RI. Jakarta. Pfister, Jan A. (2008). Managing Organizational Culture for Effective Internal Control. Heidelberg: Springer: From Practice t o
Theory. P203.
R.L. Mathis & J.H. Jackson. (2006). Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan
Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat. hal. 68.16.
Robbins dalam Moh. Pabundu Tika H. (2006). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan, Cetakan
Pertama. Jakarta: PT. Bhumo Aksara.
Robbins, P. Stephen dan A. Judge, Timothy. (2013). Organizatinal Behavior, 15th ed. USA: Prentice Hall. p. 376.
Robbins, Stephen P. (2003). Organizational Behavior. 10th Edition New Jersey: Prentice Hall Pearson Education. P. 525. Robbins, S.P. (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta: Index.
S. Edy. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Saleh, A Muwafik. (2010). Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar. Sedarmayanti. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Admit.
Sekretariat Negara RI. (2007). Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan
Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. hal. 2.
Siagian, Sondang P. (1994). Organisasi, Kepemimpinan, Perilaku Administrasi. Jakarta: CV. Haji Mas Agung. (1994). hal.
Siswanto. (1989). Manajemen Tenaga Kerja Cetakan II. Bandung: Sinar Baru.
Sondang P Siagian. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Stiawan, I. (2008). Inovasi Kerja Guru Bersertifikat Pendidik Dalam Pembelajaran Di Sma. Inovasi Kinerja Guru
Bersertifikat Pendidik 481, 1.
Sudjana, Dr. Nana. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung Sinar.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Indonesia: Ikapi. Surya, Mohamad. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bany Quraisy. hal. 10.20. Suyatna, Agus. (2017). Uji Statistik Bebatuan Spss Untuk Penelitian Pendidikan. Media Akademi. Tannenbaum, R. dan Schmidt, W.H. (1973). How to choose leadership pattern. Harvard Business Review May.
Undang-Undang No. 18 Tahun 2002. (2002). Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Usman, M. U. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Vidhurdhammabhorn, Bhikkhu. (1997). Kitab Suci Dhammapada, Jakarta Pusat: Yayasan Dhammadipa Arama. Wahjosumidjo. (2003). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjuan Teoritik dan permasalahnnya. Jakarta: PT. Radja Grafindo
Persada. Hal 74.
Wirawan. (2007). Budaya dan Iklim Organisasi; Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba empat. hal. 129.