PENGUASAAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN OLEH TENAGA PENDIDIK SEBAGAI METODE DALAM MERAIH PRESTASI BELAJAR DI KELAS
DOI:
https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.263Keywords:
Kompetensi Kepribadian, Prestasi Belajar, Metode PengajaranAbstract
Penelitian ini membahas mengenai metode dalam meraih prestasi belajar di kelas melalui penguasaan kompetensi kepribadian oleh tenaga pendidik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang di mana data diperoleh melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru sangat berpengaruh dalam tingkat prestasi peserta didiknya. Guru sebagai tenaga pendidik menjadi komponen penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Seorang guru yang memiliki kompetensi kepribadian terpuji akan memberikan dampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini karena kompetensi kepribadian seorang guru akan mempengaruhi cara pengajaran yang dilakukannya. Cara pengajaran yang baik akan berdampak baik pula terhadap hasil dari pengajaran yang dilakukan, prestasi belajar yang dihasilkan.
References
Arifin, Zainal. (2021). “Peran Guru di Sekolah dan Masyarakat”. Jurnal Pemikiran dan
Pendidikan Islam. Vol. 5. hlm. 43.
Darojah, Nur R. Hadijah, Hady S. (2016). "Analisis pengaruh kompetensi kepribadian guru
dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening terhadap prestasi belajar siswa
kelas x administrasi perkantoran". Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol.
Hlm. 109.
Hamalik, Oemar. 1992. “Psikologi Belajar Mengajar”. Bandung: Sinar Baru Alqeindo.
Lestari, S. P. (2012). “Faktor-Faktor Psikologis Siswa Program Akselerasi Dalam Mencapai
Prestasi Belajar Di SMP Negeri 5 Yogyakarta”. Skripsi
Susanna, Susanna. "Kepribadian Guru PAI dan Tantangan Globalisasi." Jurnal
MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 4.2 (2014): 376-396.
Suhartati, T., Riyana, C., Nurlatifah, N., Lering, S. T., Reni, F., Kriszal, A., ... & Rullail, F.
(2022). “Isu-Isu Manajemen Pendidikan Jilid 1.”
Sopian, A. (2016). TUGAS, PERAN, DAN FUNGSI GURU DALAM PENDIDIKAN.
Raudhah Proud to Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
Darojah, Nur R. Hadijah, Hady S. (2016). "Analisis pengaruh kompetensi kepribadian guru"
Usman, Moh. Uzer. “Menjadi Guru Profesional.” (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, Edisi
Kedua, 2005).
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). “Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah
Dasar.” Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515