PENGUASAAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN OLEH TENAGA PENDIDIK SEBAGAI METODE DALAM MERAIH PRESTASI BELAJAR DI KELAS

Authors

  • Agnes Clara Nainggolan Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur
  • Dela Novi Ardani Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur
  • Faridah Faridah Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur

DOI:

https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.263

Keywords:

Kompetensi Kepribadian, Prestasi Belajar, Metode Pengajaran

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai metode dalam meraih prestasi belajar di kelas melalui penguasaan kompetensi kepribadian oleh tenaga pendidik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian  kualitatif, yang di mana data diperoleh melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru sangat berpengaruh dalam tingkat prestasi peserta didiknya. Guru sebagai tenaga pendidik menjadi komponen penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Seorang guru yang memiliki kompetensi kepribadian terpuji akan memberikan dampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini karena kompetensi kepribadian seorang guru akan mempengaruhi cara pengajaran yang dilakukannya. Cara pengajaran yang baik akan berdampak baik pula terhadap hasil dari pengajaran yang dilakukan, prestasi belajar yang dihasilkan. 

References

Arifin, Zainal. (2021). “Peran Guru di Sekolah dan Masyarakat”. Jurnal Pemikiran dan

Pendidikan Islam. Vol. 5. hlm. 43.

Darojah, Nur R. Hadijah, Hady S. (2016). "Analisis pengaruh kompetensi kepribadian guru

dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening terhadap prestasi belajar siswa

kelas x administrasi perkantoran". Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol.

Hlm. 109.

Hamalik, Oemar. 1992. “Psikologi Belajar Mengajar”. Bandung: Sinar Baru Alqeindo.

Lestari, S. P. (2012). “Faktor-Faktor Psikologis Siswa Program Akselerasi Dalam Mencapai

Prestasi Belajar Di SMP Negeri 5 Yogyakarta”. Skripsi

Susanna, Susanna. "Kepribadian Guru PAI dan Tantangan Globalisasi." Jurnal

MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 4.2 (2014): 376-396.

Suhartati, T., Riyana, C., Nurlatifah, N., Lering, S. T., Reni, F., Kriszal, A., ... & Rullail, F.

(2022). “Isu-Isu Manajemen Pendidikan Jilid 1.”

Sopian, A. (2016). TUGAS, PERAN, DAN FUNGSI GURU DALAM PENDIDIKAN.

Raudhah Proud to Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Darojah, Nur R. Hadijah, Hady S. (2016). "Analisis pengaruh kompetensi kepribadian guru"

Usman, Moh. Uzer. “Menjadi Guru Profesional.” (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, Edisi

Kedua, 2005).

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). “Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah

Dasar.” Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Downloads

Published

2023-06-17

How to Cite

Agnes Clara Nainggolan, Dela Novi Ardani, & Faridah Faridah. (2023). PENGUASAAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN OLEH TENAGA PENDIDIK SEBAGAI METODE DALAM MERAIH PRESTASI BELAJAR DI KELAS. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 114–124. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.263

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.