Upaya Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 7 Binjai
DOI:
https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.106Keywords:
konseling, Bimbingan Konseling, Mutu siswa, Motivasi BelajarAbstract
Proses aktivitas pendidikan di sekolah yang terdiri dari bermacam berbagai siswa, hendak timbul beberapa kepribadian siswa yang berbagai macam. Terdapat siswa yang kilat dalam menerima serta menguasai pelajaran sebab kecerdasan yang dia miliki sehingga ia bisa menuntaskan aktivitas belajar mengajar lebih kilat, terdapat pula siswa yang lelet dalam menerima serta menguasai pelajaran serta hadapi bermacam kesusahan belajar. Kesusahan belajar siswa ini ditunjukkan oleh terdapatnya hambatan- hambatan tertentu buat menggapai hasil belajar yang baik yang berdampak prestasi belajar menyusut. Permasalahan- permasalahan yang terjalin di lembaga pembelajaran terlepas dari civitas akademika semacam para guru yang ikut serta langsung dalam proses pembelajaran. Tutorial konseling bertugas mencermati pembulatan( pertumbuhan perilaku serta sikap) siswa dan mengenali perbandingan orang pada diri siswa. Dalam proses belajar itu sendiri kerap ditemukan permasalahan- permasalahan yang bisa membatasi seorang di dalam menggapai sesuatu tujuan ataupun cita- cita. Permasalahan yang dirasakan seorang itu dapat timbul dari diri sendiri( putus asa, konflik, frustasi, tidak mempunyai keyakinan diri, serta sebagainya), serta permasalahan yang timbul dari luar dirinya sendiri maupun dari lingkungannya. Sebaliknya yang menyangkut anak didik bisa berbentuk permasalahan perasaan, energi pikir, perilaku, tingkah laku, keahlian raga ataupun permasalahan pengembangan jiwa serta pribadinya. Oleh karena itu tutorial konseling berupaya buat tingkatkan atensi dan motivasi siswa yang terdapat pada sekolah SMA Negara 7 Binjai ini.
References
Amelia, L., & Sonya, E. R. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi dengan Bimbingan Belajar. Proceedings Uin Sunan …, 34(November). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/488
Bimbingan, J., Vol, K., & Tahun, B. D. (2018). (1) , (2). 3(1), 131–145.
Handoko, H. P. (2020). Layanan Bimbingan Konseling Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMA N 1 Kota Metro. Jurnal Dewantara, IX, 69–84. http://ejournal.iqrometro.co.id/index.php/pendidikan/article/view/128
Hartono dan Boy Soedarmadji.(2012). Psikologi Konseling, Edisi Revisi, Kencana : Prenada Media Group
Haryuni, S., & Tengah, J. (n.d.). A . Pendahuluan Pendidikan merupakan proses untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia , sekaligus mengangkat manusia manusia dari ketertinggalan . Melalui pendidikan , selain diperoleh kepandaian berolah pikir , juga akan diperoleh wawasan baru yang . 8(2), 389–416.
Idayanti, N. L., Nurlela, N., Ferdiansyah, M., & Arizona, A. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving dimasa Pandemi Covid-19. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 421–427. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.276
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku panduan implementasi pendidikan inklusif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Namora Lumongga Lubis. (2011). Memahami Dasar-Dasar Konseling dalam teori dan praktek, Jakarta : Kencana
Padil, & Nashruddin. (2021). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sekolah. Padil & Nashruddin |, 25, 25–36.
Pintrich, PR (2003). Perspektif ilmu motivasi tentang peran motivasi siswa dalam konteks belajar dan mengajar. Jurnal psikologi pendidikan, 95(4), 667.
Pratiwi, Noor Komari. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, danMinat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, Volume 1(2)
Putri, R. A., Hartini, S., Agungbudiprabowo, A., & Siswanti, R. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X KKO di SMA Negeri 1 Sewon. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 281–287. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.398
Smp, V. I. I. A., Balikpapan, N., Ajaran, T., Prastiyo, H., Handaka, I. B., Mahargianti, W., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Teknik Diskusi Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas. 1998, 966–973.
Suprapti, S. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Diskusi pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Jurnal Pendidikan, 30(3), 463. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1717
Widyasari, R. (2016). Kualitas siswa pada pendidikan inklusif. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 3(1), 25-34. https://doi.org/10.17977/jplb.v3i1.622
Wulan, V. A., Mayasari, S., & Oktariana, Y. (2020). Peningakatan Percaya Diri Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 8(1).